Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat jahe untuk kesehatan. Jahe adalah tanaman herbal yang biasa digunakan untuk obat tradisional. Manfaat jahe dipercaya masyarakat bisa untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti nyeri otot, batuk, mual bahkan kanker dan masih banyak lagi. Menurut medis manfaat jahe untuk kesehatan, yaitu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Loading...

Manfaat jahe bisa untuk kesehatan lambung, hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki senyawa kimia yang bisa menimbulkan efek baik di lambung dan usus. Selain itu, Senyawa tersebut mampu meredam rasa mual dengan cara merangsang efek di otak dan sistem saraf.

Dalam pengobatan tradisional jahe sering digunakan dengan tambahan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, dan tanaman herbal lainnya. Dengan kombinasi bahan lain, jahe akan menghasilkan khasiat yang kuat untuk penyembuhannya. Misalnya, manfaat jahe dalam penyembuhan sakit pinggang. Kombinasi jahe yang dicampur dengan asem jawa akan mengatasi sakit pada pinggang

Manfaat Jahe Sebagai Obat

Manfaat jahe

Jahe merupakan bahan obat tradisional untuk mengatasi banyak penyakit, mulai dari penyakit danĀ  gangguan kesehatan ringan sampai penanganan kanker. Berikut ini, Manfaat jahe sebagai obat penyakit ringan dan gangguan kesehatan.

Loading...

1. Nyeri Haid

Nyeri saat menstruasi biasa dialami oleh wanita. Bagi Anda yang sering mengalami nyeri haid, bisa Anda gunakan jahe untuk mengatasinya. Untuk mengobati nyeri haid, yaitu dengan mengkonsumsi ekstrak jahe dengan meminumnya empat kali sehari, selama tiga hari di awal menstruasi. hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jahe bisa mengurangi nyeri menstruasi.

2. Pusing

jahe bisa mengatasi pusing. Rasa pusing yang berputar-putar (vertigo), kepala terasa ringan (Lightheadedness), terasa seperti hilang keseimbangan serasa melayang. Jahe diyakini mampu mengatasi pusing. Cara jahe meringankan pusing dengan merangsang sirkulasi darah ke otak.Hal ini juga bisa mengatasi rasa mual.

3. Mencegah Mual Dan Muntah

manfaat jahe bisa mencegah Morning sickness. Hal tersebut sering diawali oleh wanita pada awal kehamilannya. Mual dan muntah pada ibu hamil bisa diringankan dengan mengkonsumsi jahe. namun, ibu hamil disarankan tidak sembarangan mengkonsumsi asupan tertentu. Khusus untuk ramuan atau obat-obatan tradisional, sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan Anda.

Baca juga: Diet jahe Turun 1 kg Dalam Seminggu Seperti Apa Caranya?

Tidak hanya untuk mual dan muntah pada ibu hamil saja. Bahkan jahe berkhasiat untuk mengobati mual dan muntah setelah operasi. Mengkonsumsi jahe sebelum operasi diyakini mampu mengurangi mual dan muntah setelah operasi. Selain mengkonsumsi dengan mulut, mengoles minyak jahe pada pergelangan tangan bisa mencegah mual.

4. Radang Sendi

Jahe memiliki khasiat untuk mengatasi masalah radang sendi atau osteoarthritis. Kandungan senyawa kimia pada jahe dapat mengurangi zat kimia yang memicu peradangan (inflamasi) pada sendi. Selain itu, kandungan asam salisilat jahe mampu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan Radang sendi.

Manfaat Jahe Untuk Obat Tradisional

Khasiat pengobatan dengan menggunakan jahe bisa dengan membuatnya menjadi obat tradisional. Obat tradisional tersebut dengan membuatnya menjadi ramuan dengan campuran bahan lain. Obat tradisional jahe bisa menyembuhkan penyakit. Berikut ini adalah Cara membuat obat tradisional jahe dan manfaatnya.

1. Obat Tradisional Untuk Batuk

Untuk mengobati batuk, Anda bisa membuat ramuan sederhana dan mudah. Cuci bersih tiga jari atau rimpang jahe, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Dinginkan, Minum ramuan ini 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Obat Tradisional Untuk Masuk Angin

Manfaat jahe untuk masuk angin dengan menambahkan kombinasi gula aren. Cara membuatnya, Tumbuk 3 rimpang jahe. Setelah memar, masukkan jahe ke dalam 2 gelas air dan tambahkan gula aren. Rebus campuran tadi hingga tersisa menjadi 1 gelas. Saring dan minum selagi hangat.

3. Obat Tradisional Untuk Pusing

Untuk membuat obat pusing dengan menggunakan jahe sangat mudah caranya. Cuci bersih 3 rimpang jahe, lalu bakar dan tumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas dengan campuran madu dan gula aren. Minum sekaligus 1 gelas. Dosis minum sehari 2 kali, pagi dan malam.

Efek Samping Jahe

Ada efeksamping jahe saat mengkonsumsinya. Hanya efeksamping ringan seperti diare, membuat perut tidak nyaman, dan nyeri di ulu hati. Jika penggunaan minyak jahe, efeksampingnya bisa menimbulkan iritasi kulit setelah mengolesnya.

Ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari penggunaan jahe untuk pengobatan. Antara lain, ibu hamil dan menyusui, penderita diabetes atau kencing manis, memiliki riwayat pendarahan dan penderita hati.

Demikianlah manfaat jahe untuk kesehatan dan pengobatan. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dan Cara Minumnya

 

Loading...

Leave a Comment