10 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Jambu biji memiliki warna buah putih dan merah serta memiliki rasa yang segar enak. Tidak hanya enak, jambu biji tersebut memiliki banyak khasiat untuk tubuh, diantaranya menjaga kesehatan ibu hamil dan jambu merah bagus untuk diet. Disamping itu, Khasiat jambu biji sangat membantu meningkatkan  kesehatan tubuh dan kecantikan pada wanita.

Loading...

Manfaat jambu biji merah dan putih memiliki kandungan vitamin C jambu biji  tinggi, yakni 6 kali lebih banyak dari jeruk dan 30 kali lebih banyak dibandingkan pisang yang bisa membantu mengobati penyakit dan mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Untuk lebih detailnya tentang apa saja manfaat jambu biji tersebut, simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh dan Kandungannya

manfaat jambu biji

Jambu biji lokal memiliki dua varian, yakni jambu biji berdaging putih dan merah, yang berdaging putih, dikenal sebagai jambu biji susu putih. Jenis ini banyak digemari karena rasanya yang manis, daging buahnya agak tebal dan teksturnya lembut. Jambu biji berdaging buah merah, lebih laku dipasaran karena selain rasanya yang manis asam memiliki gizi dan manfaat obat-obatan yang tinggi. Masyarakat mengenal jambu biji untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Namun masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari jambu biji merah dan putih. Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji dan kandungannya, yaitu:

1. Melindungi Tubuh Dari Serangan Kanker

Loading...

Jambu biji tidak hanya baik dalam membantu diet saja, bahkan manfaat jambu biji mampu melindungi tubuh dari risiko kanker. Jambu biji memiliki kandungan likopen yaitu zat karotenoid yang berkhasiat untuk antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis kanker. Dan kandungan likopen banyak ditemukan pada jambu biji merah dibandingkan dengan jambu biji putih.

Baca juga: Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit Alami

2. Menyehatkan Jantung

Jambu biji juga mempunyai kandungan kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman gizi ke sel tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Menurut penelitian manfaat jambu biji dengan memakan dua sampai tiga buah jambu biji perhari selama empat minggu dapat mencegah terkena sakit jantung hingga 16 persen.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat jambu biji untuk tubuh selanjutnya yaitu membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan pada jambu biji merah dan putih mempunyai kandungan tanin yang menimbulkan rasa sepat pada jambu biji yang ternyata berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang virus.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Jambu biji dengan ukuran segar mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian menyebutkan bahwa manfaat jambu biji jika dijonsumsi secara  rutin dapat berguna menurunkan tekanan darah. Hal ini tidak terlepas dari kandungan potassiumnya yang tinggi. Oleh karena itu jambu biji termasuk jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

5. Menurunkan Kolesterol

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, manfaat jambu biji juga ampuh menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan pada jambu biji memiliki serat yang tinggi khususnya pektin yang larut dalam air. Pektin inilah yang berkhasiat  menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh dan membantu mengeluarkannya.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jus jambu biji merah untuk diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pada jambu biji merah memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan antara lain seperti serat, protein dan vitamin. Buah ini juga menyebabkan perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa dibuktikan dengan makan jambu biji merah dengan ukuran sedang pada siang hari maka cukup mengganjal perut menjadi kenyang hingga makan malam.

7. Mengatasi Gusi Bengkak Dan Berdarah

Masalah yang pernah dialami semua orang yaitu gusi bengkak dan berdarah. Biasanya gusi bengkak bisa dikarenakan karena gigi sakit yang diakibatkan kuman dan bakteri atau karena menggosok gigi terlalu keras. Nah ternyata manfaat jambu biji bisa mengatasi masalah gusi bengkak dan berdarah.

8. Mencegah Sembelit

Manfaat jambu biji terkenal sebagai pencegah sembelit. Hal ini dikarenakan pada jambu biji terkandung banyak serat yang efektif untuk mencegah sembelit. Jambu biji dengan ukuran sedang mengandung 36% kebutuhan serat yang direkomendasikan. Selain itu, biji buah ini juga bisa menjadi laksatif ampuh yang bermanfaat untuk membersihkan sistem pembuangan usus. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut jambu biji juga membantu ibu hamil mengalami sembelit. Sering pada masa kehamilan dimana seorang ibu mengalami sembelit. Jadi manfaat jambu biji untuk ibu hamil yaitu membantu mencegah mengalami sembelit pada masa kehamilan.

9. Mengencangkan Kulit.

Jambu biji memiliki kegunaan bagi wanita dan pria khususnya dalam perawatan kulit agar sehat. Manfaat jambu biji untuk kulit yaitu dapat membantu mengencangkan kulit. hal ini karena jambu biji mempunyai kandungan Astringennya akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu, Jambu biji mengandung vitamin A dan C dan potasium yang memiliki khasiat untuk antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

10. Mengobati Flu dan Batuk

Manfaat jambu biji yang lain yaitu bisa dimanfaatkan sebagai obat flu dan batuk alami. Untuk menyembuhkan batuk dan flu tersebut kita memanfaatkan daun dan buahnya. Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buahnya yang masih mentah untuk dibuat jus. Dengan meminum  atau makan jambu biji dengan daunnya akan menjadikan ramuan untuk mengatasi pembentukan lendir dan membuat saluran pernafasan menjadi bebas infeksi. Jambu biji juga kaya vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

Demikian penjelasan tentang manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh dan kecantikan serta kandungannya. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Ragam Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Anda

 

Loading...

2 thoughts on “10 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan”

Leave a Comment