Manfaat Jintan Hitam Atau Habbah Sauda Bagi Kesehatan Menurut Islam

Manfaat Jintan Hitam Atau Habbah Sauda (jinten hitam) Dalam Ilmu Pengobatan Islami. Jintan hitam Juga disebut dengan black seed, habbatussauda. Dan memiliki sebutan “Biji yang barakah” karena banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan. Kegunaan jinten hitam yang luar biasa pada pengobatan disebut dalam hadits Nabi Muhammad Saw, yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar Ra. Bahwasanya Rasulullah Saw. Bersabda,”Hendaklah kamu sekalian mengkonsumsi jintan hitam, karena sesungguhnya terkandung (obat) Penyembuh dari segala penyakit, kecuali kematian.” (HR. Ibnu Majah dan An-Nasa’i) .

Loading...

Manfaat jintan hitam sejak jaman dahulu dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita, bagi umat muslim penggunaan tanaman ini sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad Saw. dan lebih dari 2000 tahun negara timur tengah menggunakannya sebagai pengobatan segala penyakit. Para pakar medis modern meneliti tentang jintan hitam ini, dan membenarkan bahwa memang luar biasa manfaat jintan hitam tersebut.

Manfaat Jintan Hitam (Jinten Hitam) Menurut Islam

Habbah sauda ini disebut pula dengan syuniz di dalam beberapa hadits Rasulullah Saw. Adapun faedah jintan hitam ini, sudah banyak diketahui oleh masyarakat sejak dulu. Setiap wilayah beda penyebutan nama dari jintan hitam ini. Sebagai contoh di yaman habbah sauda atau jintan hitam ini, disebut dengan Al-Qahthah. Hadits yang pertama tentang manfaat jintan hitam, Dari riwayat Aisyah Ra. bahwasanya beliau telah mendengar Nabi bersabda,”Sesungguhnya jintan hitam ini adalah (obat) penyembuh dari segala penyakit, kecuali kematian.” (HR. Al-Bukhori)

manfaat jintan hitam
Manfaat Jintan Hitam Atau Habbah Sauda Bagi Kesehatan Menurut Islam

Dalam Hadits lain juga menyebutkan, yaitu hadits dari riwayat Abu Hurairah Ra., Bahwasanya beliau telah mendengar Rasulullah Saw. Bersabda,”Sesungguhnya di dalam jintan hitam itu terdapat (obat) penyembuh dari segala penyakit, kecuali kematian.” (HR. Muslim). Hadits selanjutnya yang diriwayatkan oleh Anas Ra, juga menyebutkan senada. Bahwasanya rasulullah Saw. apabila menderita suatu penyakit, Beliau meniupkan pada telapak tangan setangkup dari jintan hitam (syuniz), kemudian Beliau pun meminumnya bersama dengan air dan madu. (HR. At-Thabrani). Cukup banyak memang manfaat jintan hitam menurut islam.

Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah Pengarang kitab Ath-Thibun Nabawi , menuturkan bahwa, Ilmu kedokteran rasulullah Saw. tidaklah seperti ilmu kedokteran dokter dan ahli medis lainnya. karena Ilmu kedokteran beliau itu benar-benar yakin dan pasti, yang merupakan ilmu kedokteran Ilahi, yang berasal dari wahyu Allah Swt. dan cahaya kenabian serta kesempurnaan akal. Adapun ilmu kedokteran lainnya menganalisa manfaat jintan hitam, hanyalah sebatas praduga, prasangka, percobaan, dan penelitian atau eksperimen semata.

Loading...

Manfaat jintan hitam Menurut Dawud Al Anthaki berkata dalam kitabnya At-Tadzkirah, berkhasiat menghentikan lendir dan dahak yang parah, radang kolon yang menyebabkan susah dalam pembuangan kotoran, masuk angin, dan rasa sakit pada dada, serta batuk-batuk. Habbah Sauda juga berkhasiat dalam meningkatkan produksi airmani dan dapat menyebuhkan sesak napas, meningkatkan kejantanan, menghilangkan mual dan mulas, mencegah makanan rusak dan menyembuhkan busung air. Begitulah Manfaat jintan hitam menurut At-tadzkirah.

manfaat jintan hitam dengan mengkonsumsinya  setiap hari, dapat mencerahkan warna kulit dan meremajakannya. Dengan mengkonsumsi rutin setiap hari juga berguna untuk menghancurkan batu dalam kemih dan ginjal, serta membersihkan kantong empedu. Menurut Ibnu Baithar menjelaskan bahwasanya ciri dan sifat dari jintan hitam adalah panas dan kering, sehingga berkhasiat membuang gas dalam perut. jintan hitam juga untuk menyembuhkan panas dan demam, meghilangkan dahak dan lendir, membuka penyumbatan-penyumbatan pada pembuluh darah dan mencegah masuk angin, serta mengeringkan organ perut di malam hari.

Baca juga: Khasiat Minyak Jintan Hitam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah

Dengan menumbuk jintan hitam hingga halus dan diaduk rata dengan campuran madu, kemudian diminum dengan air panas, maka ia akan berfaedah atau berguna untuk melancarkan air seni, menghancurkan batu ginjal dan melancarkan haid. Manfaat  jintan hitam itu mampu menghentikan pendarahan karena padanya terdapat zat pembeku dan juga penghenti. Apabila tujuh butir jintan hitam hitam itu direndan dengan air susu ibu, kemudian diminum oleh anak yang menderita penyakit kuning, maka akan menyembuhkannya.

Manfaat jintan hitam diminum dengan air dalam kadar dan ukuran tertentu, maka manfaat jintan hitam dapat berguna untuk melegakan sesak napas. Kemudian jika membalut luka dengan menggunakan jintan hitam tersebut, maka ia akan berkhasiat untuk meringankan rasa pusing yang teramat sangat.

Manfaat Jintan Hitam Menurut Ilmu Kedokteran Ibnu Sina

Sang pemimpin para pakar pengobatan, Ibnu Sina telah menuturkan di dalam kitab karangannya, yaitu Al-qanun Fi Ath-Thibb, bahwasanya manfaat jintan hitam itu adalah sebagai berikut:

  • Menyembuhkan macam-macam tumor dan bisul-bisul.
  • Mengobati bekas luka dan borok-borok.
  • Menghilangkan pening dan sakit pada kepala.
  • Menyembuhkan gangguan-gangguan pada mata, termasuk yang disebabkan karena banyak menangis dan mempertajam penglihatan.
  • Berkhasiat pada organ-organ pernapasan yaitu melegakan sesak napas dan mengobati penyakit paru-paru.
  • Berkhasiat pada organ panca indra, seperti hidung, mulut dan telinga.
  • Berfungsi sebagai pembersih tubuh dari segala macam racun yang berbahaya.

Banyak diantara penyakit-penyakit utama  yang dapat diobati oleh jintan hitam ini, adalah sebagai berikut:

  1. Penyakit pada kaum wanita dan proses persalinan.
  2. Penyakit susah tidur atau insomnia.
  3. Demam.
  4. Rambut Rontok.
  5. Penyakit radang hati.
  6. Radang batu ginjal.
  7. Hipertensi.
  8. Melemahnya fungsi hati.
  9. Penyakit balak.
  10. Penyakit kusta atau lepra.
  11. Penyakit kolesterol tinggi.
  12. Stamina menurun.
  13. Cacingan.

Agar lebih lengkap tentang pembahasan jintan hitam, berikut ini hasil penelitian medis tentang tentang jintan hitam.

Manfaat Jintan Hitam dan Kandungannya

Beberapa penelitian dilakukan pada tanaman jintan hitam ini, beberapa fakta membenarkan adanya khasiat yang dikandungnya untuk pengobatan berbagai penyakit. berikut ini adalah pemanfaatan jintan hitam pada bidang farmasi atau pengobatan. Apa saja manfaat jintan hitam untuk pengobatan medis modern saat ini?, yakni:

  • Anti-bakteri
  • Anti-inflamasi (peradangan)
  • Analgenik (penghilang rasa sakit)
  • Anti-Maag
  • Anti-kolinergik (Mual, muntah dan diare)
  • Anti hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Anti jamur
  • Antioksidan
  • Antipasmodic (kejang saluran cerna)
  • Anti-virus
  • Bronkodilator (kesulitan bernapas)
  • Anti-diabetic
  • Melindungi Hati (hepatoprotektif)
  • Tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Pelindung Ginjal
  • Pencegah tumor.

Selain itu, manfaat jintan hitam ini lebih unggul dari obat-obatan medis, seperti pada obat asma fluticasone. Studi kasus membuktikan dalam penyembuhan asma, bahwa air jintan hitam yang direbus memiliki efek antiasthmatic yang kuat untuk menyembuhkan asma dengan membuka saluran asma itu sendiri.

Efek samping Jintan Hitam. Selain memiliki kegunaan yang luar biasa dalam penyembuhan, jintan hitam juga memiliki efek samping. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat jintan hitam harus menyesuaikan aturan. Mengkonsumsinya harus dalam batas kewajaran atau tidak berlebihan. Apa saja efek samping jintan hitam jika diminum dalam jumlah yang berlebihan, dan siapa saja yang sebaiknya menghindari minum jintan hitam ini. Berikut ini beberapa efek negatif yang ditimbulkan pada tubuh:

Ibu Hamil dan Menyusui

Jintan hitam ini akan aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, Meskipun demikian tidak berlaku bagi bagi ibu hamil. Pada ibu hamil efek sampingnya yaitu dapat memperlambat atau menghentikan kontraksi rahim. Selain untuk ibu hamil, ibu menyusui juga sebaiknya menghindari menggunakan biji jintan hitam ini, karena manfaat jintan hitam ini lebih banyak efek negatifnya bagi mereka yang hamil dan menyusui.

Untuk anak-anak mungkin masih bisa aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai aturannya. Namun akan berbeda, jika dikonsumsi terus menerus dalam jumlah yang tidak pas bagi anak-anak. Maka sebaiknya dihindari mengkonsumsikan jintan hitam ini untuk mereka. Demikianlah pembahasan tentang manfaat jintan hitam, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat (waras sehat) !!

 

Loading...

Leave a Comment