8 Manfaat Jogging di Pagi, Siang dan Sore Hari Selama 30 Menit Setiap Hari

Manfaat jogging di pagi, siang dan sore hari selama 30 menit setiap hari. Jogging atau lari merupakan bentuk latihan yang sederhana dan mudah dilakukan oleh pria dan wanita. Bahkan jogging juga bisa dilakukan oleh semua kelompok usia dari anak-anak, dewasa hingga tua. Menjadikan jogging sebagai rutinitas setiap hari mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan jogging sebagai cara murah untuk menghilangkan stress. Tidak hanya itu saja masih banyak manfaat lain dari jogging yang dilakukan di pagi, siang dan sore hari.

Loading...

Jogging juga sebaiknya dilakukan untuk orang yang sedang program diet. Membiasakan jogging saat diet dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan kalori sehingga berat badan berkurang dan lemak di tubuh hilang. Dengan begitu, berat tubuh menjadi ideal dan langsing tanpa timbunan lemak di perut yang menjadikan perut buncit. Nah, untuk lebih komplitnya tentang manfaat jogging untuk kesehatan dan kecantikan maka simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Jogging Untuk Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Tak perlu berlama-lama dalam melakukan jogging Anda hanya butuh waktu 25 menit hingga 30 menit setiap harinya. Kemudian kapan sebaiknya waktu yang baik untuk jogging?. Semua waktu baik untuk jogging, Anda bisa melakukannya pada pagi, siang atau sore hari. Namun alangkah lebih baiknya jogging dilakukan pada pagi hari saat udara masih segar dan bersih. Perlu diketahui jogging yang dilakukan dengan keadaan udara yang kotor atau penuh polusi akan berdampak negatif juga pada kesehatan. Oleh karena itu pula sebaiknya Anda memilih tempat yang masih memiliki udara yang masih segar dan alami. Langsung saja, berikut ini ada beberapa manfaat jogging untuk kesehatan yang dilakukan secara rutin setiap hari, yaitu:

1. Menghilangkan Stress

Ternyata manfaat jogging yang dilakukan secara teratur setiap hari dapat membantu mengatasi stress. Hal ini dikarenakan saat Anda berjogging di waktu pagi hari akan berpengaruh pada otak yang kemudian melepaskan hormon endorfin yang membantu menenangkan pikiran.

Baca juga: 7 Cara Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

2. Menyehatkan Jantung

Jogging sering disebut juga dengan latihan kardio yang baik yang dapat memperkuat otot-otot jantung. Dengan demikian jantung akan lebih sehat dan maksimal dalam kinerjannya. Disamping itu, manfaat jogging untuk jantung dapat mengontrol tekanan darah dan kolesterol sehingga dapat mencegah terkena penyakit jantung. Dengan keadaan jantung yang kuat dan sehat tersebut maka suplai darah dan aliran darah dapat dilakukan secara sempurna oleh pompa jantung yang baik.

3. Membangun Otot Tubuh

Disamping memperkuat otot jantung, manfaat jogging yang dilakukan secara rutin selama 30 menit setiap hari dapat mengembangkan otot-otot tubuh. Gerakan jogging melibatkan hampir semua otot tubuh bergerak dan hasilnya otot tersebut akan berkembang bagus seperti otot betis, paha belakang, tumit dan lainnya. Dengan demikian jogging akan membantu pembentukan otot tubuh menjadi lebih baik sehingga tubuh terlihat ramping, kencang dan keras.

4. Menyehatkan Paru-Paru

Jogging setiap hari yang dilakukan selama 30 menit pada pagi hari berguna bagi kesehatan paru-paru. Manfaat jogging di pagi hari akan membuat sisitem pernafasan lebih baik dan meningkatkan kapasitas oksigen yang diserap paru-paru. Dengan kondisi demikian maka akan menambah daya kapasitas oksigen dan otot-otot pernafasan menjadi lebih kuat.

5. Menguatkan Tulang

Manfaat jogging tidak hanya menguatkan dan mengembangkan otot-otot tubuh namun juga dapat membantu menguatkan tulang. Dengan merutinkan jogging setiap hari di pagi, siang dan sore hari tulang menjadi lebih kuat dan mencegah tulang keropos (osteoporosis). Maka sangat baik jogging dilakukan oleh orang yang lanjut yang dapat membantu mereka menguatkan tulang dan sendi. Jogging juga bagus untuk menguatkan tulang bagian belakang dan tulang pinggul.

6. Mengurangi Berat Badan

Jogging yang dilakukan secara teratur setiap hari selama diet akan membantu mempercepat turun berat badan. Hal ini dikarenakan meningkatnya pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh sehingga berat badan menurun dan lebih langsing atau ramping. Selain itu, manfaat jogging untuk diet dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga akan memaksimalkan hasil diet Anda dalam menurunkan berat badan dan melangsingka tubuh.

7. Menambah Kekebalan Tubuh

Manfaat joging setiap hari juga bagus meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak gampang terserang sakit. Selain itu, jogging juga akan menambah daya tahan tubuh lebih baik dan kuat dalam melawan infeksi penyakit. Tidak hanya kebal, manfaat jogging untuk tubuh dapat membuat makin kuat dan lebih sehat.

8. Membuat Awet Muda

Tak hanya menyehatkan tubuh ternyata manfaat jogging bisa membuat seseorang lebih awet muda. Hal ini dikarenakan dengan membiasakan jogging setiap hari akan membantu melancarkan kadar oksigen dan darah pada pembuluh darah kulit sehingga kulit menjadi lebih segar dan sehat. Disamping itu, dengan kondisi tubuh, fikiran yang baik maka seseorang akan lebih dimungkinkan terlihat lebih muda dari umur yang sebenarnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi wanita yang ingin tampil cantik dan awet muda dengan melakukan jogging setiap hari disamping tetap melakukan perawatan.

Itulah tadi beberapa manfaat jogging di pagi, siang dan sore hari selama 3o menit untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Mengurangi Berat Badan dengan Jogging Tidak Berhasil? Ternyata Ini Penyebabnya

Loading...

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali