Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehaatan Menurut Dokter Ahli Gizi

WarasSehat.com – Kembang kol atau bunga kol memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan karena memang kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Manfaat kembang kol diantaranya sangat baik untuk ibu hamil, bayi dan diet.

Loading...

Kembang kol merupakan jenis sayuran yang melimpah keberadaannya, meski tergolong murah, tapi khasiat untuk pengobatan dan kesehatan, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kandungan kembang kol terkandung zat fosfor yang berkhasiat sebagai penguat organ tubuh dan tulang. Itulah sedikit manfaat kembang kol bagi kesehatan. Selain manfaatnya untuk memperkuat organ dan tulang, masih banyak lagi.

Masyarakat memanfaatkan bunga kol sebagai bahan olahan masakan. Banyak resep kembang kol dalam penyajiannya, baik dimasak atau direbus, atau digoreng dengan telur atau dimasak dengan sayuran lainnya.

Masakan sayur kembang kol selain rasanya yang enak dan segar. Sajian kembang kol tak hanya enak namun ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya.

Loading...

Baca juga: Manfaat Sayuran Kubis

Ragam Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan

Menurut penelitian mengungkapkan bahwa kembang kol memiliki manfaat untuk menguatkan organ-organ tubuh, membasmi cacing-cacing yang merugikan kesehatan.

Abu kembang kol bisa berkhasiat mengobati kerapuhan gigi, menutup luka-luka, membersihkan dan melancarkan penyumbatan-penyumbatan aliran darah, menyembuhkan rasa sakit pada hati dan limfa, membantu proses memecahkan batu ginjal atau kantong kemih dan menghancurkan sel tumor atau kanker.

manfaat kembang kol bagi kesehatan

Kembang kol yang diolah untuk sup dengan menambahkan madu asli dan mengkonsumsinya hangat-hangat diwaktu pagi berkhasiat menghilangkan suara parau dan serak, mencairkan kelengketan-kelengketan cairan di dalam tubuh. Irisan-irisan kembang kol yang di rebus lalu dimakan, berkhasiat untuk menangkal dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Baca juga: Cara Mengobati Maag Dengan Kunyit Dan Kol Secara Alami

Manfaat kembang kol bagi kesehatan dapat berkhasiat mengurai asam renik (berkenaan dengan air kencing). Hal ini telah teruji dan terbukti melalui riset-riset kesehatan. Namun bagi orang-orang yang mempunyai masalah dengan perut lemah atau masalah asam lambung, disarankan untuk tidak memakan sayur kembang kol, terutama yang digoreng dengan telur.

Kembaang kol bermanfaat untuk mengembalikan kebugaran tubuh, setelah mengalami keletihan, baik keletihan fisik dan otak. Jika Anda pulang kerja dan mengalami keletihan otak dan tenaga, solusi termudah untuk menjadi fit kembali, yaitu dengan mengkonsumsi sayur kembang kol ini.

Hal tersebut dikarenakan dalam kandungan kembang kol yang kaya zat fosfor yang sangat dibutuhkan oleh otak dalam menunjang kinerja sistem pencernaan di dalamnya. Bagi yang mengalami masalah penyakit encok dan pegal linu, makan sayuran kembang kol bisa mengobatinya.

Manfaat kembang kol untuk ginjal

Kembang kol juga bisa menghindarkan Anda dari penyakit batu ginjal. Dengan memakan kembang kol ternyata berkhasiat untuk mencegah pembentukan batu pada organ ginjal.

Jika Anda tengah mengalami penyakit batu ginjal, Anda bisa buat resep kembang kol dengan membuat  sup  lalu memakannya, maka akan bermanfaat untuk memecahkan batu pada organ ginjal Anda.

Ada beberapa saran untuk mengkonsumsi sayur kembang kol ini. Disarankan Anda untuk tidak memakannya dengan berlebihan, khususnya bagi yang memiliki lemah perut, seperti gampang masuk angin dan masalah dengan asam  lambung.

Mengkonsumsi kembang kol ini, sama seperti makan kubis yang akan menimbulkan gas dalam perut yang nantinya berakibat timbulnya perut kembung. Sedangkan mengkonsumsi kembang kol dengan campuran telur akan berakibat pada colon atau usus besar bergejolak.

Loading...

Leave a comment