6 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh dan efek sampingnya. Nama lobak memang kurang populer sebagai sayuran namun meskipun begitu ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya. Lobak warna putih atau sering disebut lobak putih memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan diantaranya lobak memiliki kandungan antibakteri dan antipirentik yang berguna menjaga daya tahan tubuh. Kandungan tersebut sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu menangkal beberapa penyakit seperti flu, demam dan radang tenggorokan.

Loading...

Ternyata tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan saja, lobak putih juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Diantara manfaat lobak untuk kecantikan yaitu untuk mengatasi rambut rontok dan membuat kulit lebih segar. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat lobak putih untuk kesehatan maka silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Beberapa Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

Terlepas dari harganya yang murah lobak putih bisa menjadi pilihan menu masakan yang bisa menyehatkan. Dengan mengkonsumsi olahan lobak putih tersebut, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi obat tradisional yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini manfaat lobak putih untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu:

1. Mengobati Kulit Terkelupas

Mengalami kulit terkelupas memang perih dan menyakitkan namun jika Anda mengalami luka kulit akibat tergores hingga terkelupas maka bisa disembuhkan dengan lobak putih. Cara mengobati luka pada kulit terkelupas dengan lobak putih bisa dilakukan dengan mudah. Caranya, lembutkan lobak putih dengan ditumbuk atau di blender kemudian campur dengan sedikit air cuka kemudian tempelkan. Tunggu hingga kering dan Anda bisa memakaikannya lagi dengan yang baru hingga sembuh.

Loading...

Baca juga: Daftar Sayuran yang Mengandung vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

2. Menyembuhkan Bisul

Manfaat buah lobak selanjutnya yaitu bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional bisul (bisulan). Penggunaan lobak putih pada bisul dapat mencabut mata bisul dan menyembuhkan lukanya. Cara mengobati bisul dengan buah lobak yaitu dengan menghaluskannya kemudian campurkan dengan madu kemudian aduk. Tempelkan pada bisul dan biarkan hingga kering, lakukan secara rutin hingga sembuh.

3. Mengobati Rambut Rontok

Lobak putih ternyata bisa dibuat menjadi obat rambut rontok alami. Dengan meramunya sendiri dirumah kemudian dioleskan pada rambut maka akan menghentikan masalah kerontokan rambut. Manfaat lobak putih untuk rambut rontok telah banyak yang membuktikannya. Caranya, buat lobak putih menjadi ramuan obat rambut yaitu, lembutkan lobak putih kemudian campurkan cuka dan oleskan pada rambut yang rontok. Pijat perlahan dan biarkan beberapa menit kemudian bilas.

4. Mengobati Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal bisa dilakukan dengan menggunakan lobak putih. Ternyata manfaat lobak putih bisa membantu menghancurkan batu ginjal dengan cara yang mudah. Untuk menghancurkan batu ginjal maka Anda siapkan dahan lobak putih kemudian parut dan ambil airnya dengan diperas. Minum air perasan tersebut secara rutin dua kali sehari.

5. Menyembuhkan Maag

Manfaat lobak putih berikutnya yaitu bisa dijadikan obat maag alami. Cara menyembuhkan maag dengan lobak putih cukup mudah. Caranya cukup dengan membuat sup dari lobak tersebut kemudian mengkonsumsinya selama maag terjadi. Dengan teratur memakannya maka maag akan hilang dengan cepat.

6. Mengobati Anemia

Anemia atau kurang darah bisa disembuhkan dengan cara alami dan mudah. Salah satu pengobatan kurang darah secara alami yaitu dengan memanfaatkan lobak putih. Caranya seperti penyembuhan maag. Cukup dengan membuat lobak putih menjadi sup kemudian konsumsi rutin selama anemia terjadi. dengan 3 kali mengkonsumsinya maka anemia akan teratasi.

Efek Samping Lobak Putih

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, lobak putih juga bisa menimbulkan efek samping. Diantara efek samping lobak putih yang harus Anda waspadai. Pertama lobak memiliki minyak yang mudah menguap yang bersifat panas. Bagi Anda yang memiliki perut lemah atau pencernaan yang lemah sebaiknya jangan terlalu sering dan banyak mengkonsumsinya. Selain itu, sebaiknya hindari juga makan lobak untuk penderita liver.

Demikianlah beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan dan efek sampingnya. Semoga info tadi bermanfaat dan berguna bagi Anda semua, salam sehat!!

Baca juga: 9 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment