Manfaat Labu Untuk Kesehatan Menurut Ilmu Medis dan Islam

Manfaat Labu Untuk Kesehatan. Labu adalah sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Labu juga mengandung rendah kalori dengan vitamin A, flavonoid polifenolik antioksidan seperti karoten, xanthin dan leutin. Dari sekian banyak kandungannya ini, maka tak heran labu sangat berpengaruh baik bagi yang mengkonsumsinya. Tanaman ini memiliki banyak jenisnya antara lain labu putih, kuning, siam dan labu air. Dari semua jenis labu tersebut memiliki keistimewaan tersendiri terhadap kesehatan.

Loading...

Manfaat labu tidak terlepas dari kandungan di dalamnya. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa vitamin A pada tanaman ini bisa membantu melindungi paru-paru dan mencegah risiko terkena penyakit kanker serta baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu saja, masih banyak khasiat labu tersebut. Untuk lebih lengkapnya apa saja kandungan dan manfaat labu, simak lebih lanjut di bawah ini.

Kandungan dan Manfaat Labu Menurut Jenisnya

Buah labu kaya akan kandungan vitamin A, B, dan asam-asam lousin. kandungan-kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk mengobati peradangan-peradangan pada saluran kencing, mengobati penyakit wasir, menyembuhkan masalah sembelit atau susah BAB, dan menyembuhkan penyakit susah tidur atau insomnia. Berikut ini manfaat labu yang lain, yaitu:

1. Untuk Mengobati Sembelit

Manfaat labu Untuk pengobatan masalah sembelit yang parah,  Anda bisa menggunakan buah labu untuk menyembuhkannya, yaitu dengan cara air rendaman atau perasan labu, lalu diminum sebelum sarapan pagi. Dalam waktu tiga hari insya Allah akan sembuh.

Loading...

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat labu selanjutnya yaitu bisa membantu untuk meningkatkan kinerja serta menguatkan jantung. Dengan mencampur buah labu dengan madu yang dibuat selai. Membuatnya cukup mudah, campuran dari buah labu yang dibuat pasta dan dicampurkan madu di dalamnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan Anda mengkonsumsi buah labu yang direbus, maka hal ini akan berkhasiat mengobati rabun jauh, karena buah labu yang direbus, kaya akan kandungan vitamin A dan B. Sedang pada daun-daunnya buah labu dapat dibuat ramuan obat oles yang berguna untuk luka bekas gigitan anjing, yaitu dengan cara dibalutkan pada luka, maka manfaat labu akan menjauhkan dari penyakit rabies.

Labu punya banyak kandungannya baik dari vitamin, mineral dan zat penting untuk tubuh. Labu yang memiliki banyak jenis tersebut tentu punya kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Untuk itu, berikut ini adalah manfaat labu dilihat dari kandungan dan jenisnya.

1. Kandungan dan Manfaat Labu Siam atau Labu Air

Labu siam atau sering juga disebut dengan labu air ini memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Kandungan labu siam ini antara lain Kalori, sodium, lemak, potassium, karbohidrat, gula, protein, serat, kalsium, magnesium, zat besi dan vitamin A, E dan B6. Dengan kandungan labu siam tersebut maka tak heran jika manfaat labu siam (manisa) bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya labu jenis ini, yaitu:

  • Menjaga kolesterol
  • Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Menjaga kecantikan kulit
  • Menstabilkan asam urat
  • Mencegah Penuaan dini
  • Menyembuhkan panas dalam
  • Menyembuhkan sariawan
  • Memperkuat tulang
  • Meningkatkan stamina
  • Menurunkan panas anak
  • Mengobati batu ginjal
  • Mencegah sembelit
  • Menurunkan berat badan

2. Kandungan dan Manfaat Labu Putih

Kandungan yang terdapat pada jenis labu putih ini antara lain seng, zat besi, vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari-hari untuk mendukung aktivitasnya. Apa saja sebenarnya manfaat labu putih ini, berikut manfaatnya, yaitu:

  • Mengobati tipus
  • Membantu diet menurunkan berat badan
  • Mengatasi sembelit
  • Sebagai antiseptik
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengatasi tekanan darah tinggi
  • Mengobati diabetes
  • Menyembuhkan demam
  • Mengontrol kolesterol

3. Kandungan dan Manfaat Labu Kuning

Kandungan pada labu kuning tidak berbeda yang terdapat pada labu siam dan labu putuh di atas. Namun kandungan serat dan antioksidannya cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Seperti yang di lansir oleh dailymail.co.uk, berikut ini manfaat labu kuning untuk kesehatan, yaitu:

  • Membantu Menurunkan berat badan
  • Menyehatkan kulit
  • Tinggi Antioksidan
  • Memperbaiki kondisi hati
  • Menyehatkan mata
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Nah demikianlah beberapa manfaat labu berdasarkan jenis dan kandungan labu menurut ilmu medis. Agar lebih lengkap, berikut ini akan dibahas juga tentang manfaatnya tanaman ini di lihat dari ilmu kedokteran islam Ala nabi muhammad Saw.

Jenis dan Manfaat Labu Menurut Islam

Rasulullah Saw. menyebut sayur labu dengan yaqtin, Al-qar’u dan Ad-Duba’u. Ada beberapa jenis labu, antara lain labu siam dan lainnya. Labu merupakan sayuran yang mudah untuk memasaknya dan mudah untuk dicerna. Oleh karena itu manfaat labu cocok untuk Anda yang mempunyai masalah organ perut yang lemah. Selain itu manfaat labu baik untuk anak-anak.

Selain labu siam, ada juga jenis labu lainnya yaitu labu manis (labu madu) atau juga disebut Al-Qor’u dan Labu islambuly. Jenis dan manfaat labu ini berbeda dan memiliki kandungan yang kaya nutrisi dan gizinya dibandingkan dengan labu siam. Ada lagi jenis lain yaitu Al-Qar’u Baladi atau labu lokal jenis labu ini mempunyai kandungan nutrisi dan nilai gizi yang lebih sedikit bila dibandingkan dua jenis labu di atas.

Baca juga: Kemuliaan Khasiat Buah Tin Dan Daunnya Menurut Islam

manfaat labu

Allah Swt. berfirman,“Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu” (Ash-Shaffat[37]:146). Ia merupakan jenis labu yang dalam sejarah telah menyelamatkan nabi Yunus As. ketika beliau keluar dari perut ikan paus di pantai, sedang beliau saat itu dalam keadaan tanpa busana, di sebuah tempat yang sepi sunyi, di tengah padang pasir. Maka Allah Swt. berkehendak untuk menutupi aurat nabi Yunus As. dan menjadikan manfaat labu untuk melindunginya dari panas sinar matahari. Kemudian Allah Swt. menumbuhkan di atas tanah tersebut pohon yang penuh barakah ini, yaitu pohon jenis labu. Rasulullah Saw. bersabda,“Hendaklah kamu sekalian mengkonsumsi buah labu, karena sesungguhnya buah labu itu (manfaat) menambah (kecemerlangan) otak dan akal pikiran.” (HR. Ath-Tabrani)

Manfaat Labu Menurut  Pakar dan Hadits

Pemuka pakar medis islam, Ibnu Sina menuturkan bahwa air perasan buah labu berkhasiat meredakan penyakit telinga yang sudah parah, terutama apabila penggunaannya dengan dicampur minyak mawar. Manfaat labu  berguna  juga dalam menyembuhkan tumor pada otak dan penyakit pada tenggorokan. Adonan buah labu bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk dan penyakit pada organ dada.

Dengan meneteskan beberapa tetes air jus labu, sangat bermanfaat untuk meredakan sakit gigi. Ia pun dapat berguna untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga, serta manfaat labu untuk mengobati demam. Ini dikutip dari kitab karya Ibnu Sina, Al-qanun Fith- Thibby. Hadist yang diriwayatkan oleh Anas Ra. ada seorang penjahit yang mengundang Rasulullah Saw. untuk menyantap hidangan yang dimasaknya, Anas berkata, lalu aku pergi dengan Rasulullah Saw. Sang penjamu menyuguhkan roti gandum dan kuah yang berisi labu dan dendeng ke dekat Rasulullah Saw. Anas berkata,“Aku lihat rasulullah Saw. terus mengambil labu dari sekitar pinggan, maka semenjak itu aku  menjadi suka dengan buah labu.”

Abu Thalut berkata,“Aku datang menemui Anas bin Malik Ra. yang sedang mengkonsumsi buah labu.” Kemudian dia berkata,”Engkau wahai (buah labu) kiranya adalah tanaman yang aku cintai, karena kecintaan Rasulullah Saw. kepadamu.”

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Hisyam bin Urwah dari ayahnya, dari Aisyah Ra. bahwsanya beliau berkata,“Rasulullah bersabda kepadaku,”Wahai Aisyah! Apabila engkau hendak memasak di dalam tungku ( sebuah masakan), maka perbanyaklah buah labu di dalamnya, karena sesungguhnya ia dapat (berkhasiat) menguatkan hati yang sedih.”

Baca juga: 12 Manfaat Seledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

Demikianlah bahasan tentang luar biasanya manfaat labu untuk kesehatan Anda, Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan khasiat-khasiatnya?, maka tidak ada salahnya untuk mulai menyukai buah labu ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Comment