Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Kita dan Pengobatan Medis

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan pengobatan medis. Tomat bisa disebut sebagai jenis buah-buahan meskipun dalam penggunaannya paling sering dimanfaatkan untuk sayuran. selama ini banyak orang mengenal tomat dalam kegunaannya sebagai bahan masakan. Padahal banyak sekali kegunaannya seperti untuk perawatan kecantikan rambut, kulit, wajah dan masih banyak manfaat lain untuk kesehatan. Penelitian mengungkapkan bahwa tomat ini lebih berguna untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini waras sehat akan mengupas tuntas tentang tomat dilihat dari segi kesehatan dan kecantikan.

Loading...

Manfaat tomat sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para ibu rumahtangga dan para juru masak di dunia. Tomat memiliki rasa keasaman yang khas yang membuatnya menjadi bahan dan bumbu masak favorit pada sajian masakan. Pada kenyataannya hasil penelitian mengungkap rahasia tomat ini sebagai buah  yang memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa yang bermanfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat tomat untuk kesehatan?.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Dalam satu buah tomat yang berukuran sedang mempunyai kandungan nutrisi 22 kalori. 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat. Selain itu dalam satu buah tomat memiliki 1 gram serat, 3 gram gula dan 1 gram protein. Tomat merupakan sumber vitamin A dan vitamin C, vitamin B6  dan vitamin K,  asam folat dan kalium. Tomat juga mengandung sodium, lemak tak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Tomat merupakan sumber nutrisi yang baik seperti thiamin, niasin, fosfor, magnesium, dan tembaga.

manfaat tomat

Pada tomat mengandung empat jenis karotenoid utama seperti alpha, likopen, lutein dan betakaroten. Semua kandungan tersebut menjadikan tomat sebagai buah yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Secara khusus tomat mengandung jumlah yang banyak likopen yang bersifat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid. Menurut sebuah penelitian di Ohio University manfaat tomat jika dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti dalam manfaat buah alpukat atau pada manfaat minyak zaitun dapat membantu untuk penyerapan phytochemical karotenoid yang bisa membuat tubuh 10 sampai 15 kali lipat. Oleh karena itu, disini akan ditulis secara lengkap manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

Loading...

1. Mencegah Kegemukan (Obesitas)

Lemak merupakan pemicu darah tinggi dan dapat meningkatkan berat badan secara cepat yang nantinya dapat menyebabkan kegemukan. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk di dalam tubuh, dibutuhkan aktivitas yang aktif seperti berolahraga dan mengatur pola makan yang sehat. Jika sudah melakukan olahraga dan diet namun tidak membuahkan hasil menurunkan berat badan, maka Anda bisa menggunakan manfaat tomat. Cobalah mengkonsumsi tomat secara rutin sebelum berolahraga atau menjadikan buah ini menjadi menu diet. Tomat tidak memiliki kandungan lemak namun tinggi kandungan protein, karbohidrat dan kalori. Ketiga kandungan tersebut memiliki peran penting dalam menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda berencana menurunkan berat badan makan rutinkan mengkonsumsi tomat.

2. Membentuk Otot Badan

Pria atau wanita kurus akan susah mendapatkan perhatian dari lawan jenisnya. Maka tak heran banyak mereka yang memiliki tubuh yang kurus menghabiskan biaya dan pikiran supaya bisa membentuk tubuh ideal. Apakah Anda termasuk orang berbadan kurus?. Jika iya maka manfaat tomat akan membantu membuat tubuh Anda terlihat ideal. Tomat adalah makanan penunjang pembentukan otot karena pada buah ini mengandung banyak protein. Tentu saja Anda tidak mengandalkan manfaat tomat saja untuk memperbesar otot tubuh, tapi juga melakukan latihan seperti angkat beban, berlari dan lainnya. Cara untuk membentuk otot tubuh ini yaitu dengan mengkonsumsi tomat sebelum Anda melakukan latihan tersebut dan jangan lupa diperhatikan juga masalah istirahat yang cukup.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat tomat juga dapat membantu untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker. Hal ini dikarenakan pada buah tomat terkandung antioksidan yang tinggi. Penyakit kanker yang mampu dicegah dengan Anda mengkonsumsi tomat yaitu kanker payudara, kanker usus dan kanker paru-paru. Manfaat tomat untuk kanker ini diperkuat oleh hasil studi di Journal of The National Cancer Institute bahwasanya ada hubungannya mengkonsumsi tomat dengan penurunan risiko terserang penyakit kanker.

4. Menangkal Radikal Bebas

Para ahli medis dan spesialis kesehatan mengungkapkan dari hasil penelitiannya bahwa kandungan flavonoid dan zeaxanthin pada tomat mampu menangkal radikal bebas karena kedua kandungan ini merupakan antioksidan yang paling banyak pada buah tomat. Maka dengan Anda mengkonsumsi tomat secara rutin dalam ukuran yang tepat akan menjadikan tubuh tidak mudah sakit yang diakibatkan oleh radikal bebas. jadi, manfaat tomat sangat bagus meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat tomat bisa membantu memperkuat tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan pada buah tomat mengandung banyak kalsium dibandingkan dengan buah atau sayuran yang lainnya. Maka dengan teratur mengonsumsi tomat, Anda akan terhindar dari masalah pengeroposan tulang (osteoporosis) dan masalah gigi berlubang. Tomat  juga baik dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan karena membantu pembentukan tulang.

6. Mengontrol Kolesterol dan Tekanan Darah

Tubuh menyimpan dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik harus lebih banyak jumlahnya dari kolesterol jahat jika tidak maka seseorang akan berisiko terkena penyakit jantung, stroke dan darah tinggi (hipertensi). Cara mencegah penyakit-penyakit ganas dan mematikan tersebut Anda bisa menggunakan manfaat tomat. Anda cukup mengkonsumsinya dengan memakan mentah atau dengan membuatnya menjadi jus. Dengan itu, tomat akan mampu mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah.

7. Menyehatkan Mata

Manfaat tomat bagi penderita mata minus mampu mencegah minusnya bertambah. Hal ini karena pada buah tomat mengandung vitamin A yang tinggi, diperkuat lasi dengan kandungan nutrisi lain seperti niacin, thiamin, asam folat yang ampuh menyembuhkan gangguan mata minus dan meningkatkan kesehatan mata.

8. Mengontrol Gula Darah

Gula darah dalam tubuh tidak boleh melebihi batas normal. Jika sampai terjadi kadar yang diluar batas maka akan berisiko seseorang terkena penyakit diabetes. Anda bisa mengontrol gula darah dalam tubuh dengan manfaat tomat. Anda cukup mengkonsumsinya, jadikan tomat dalam menu makan setiap hari maka gula darah akan stabil.

9. Menyembuhkan Nyeri Sendi

Apakah Anda memiliki masalah nyeri sendi?. Ada cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi tomat. Manfaat tomat ini bisa meringankan masalah nyeri sendi. Hal ini tak terlepas adanya kandungan bioflavonoid dan karotenoid pada tomat yang bisa mengobati nyeri sendi dan meredakan rasa sakit yang tengah dialami karena nyeri sendi.

Baca juga: 12 Manfaat Seledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kulit dan Wajah

Buah tomat sangat baik untuk membantu dalam perawatan kulit dan wajah. Biasanya untuk merawat kulit ini, tomat dijadikan sebagai masker, jus ataupun krim. Dan berikut ini manfaat tomat untuk merawat kulit dan kecantikan wajah agar awet muda dan cantik.

1. Mengecilkan Pori-pori wajah

Dengan membuat tomat menjadi masker untuk wajah maka manfaat tomat ini bisa mengecilkan dan mengencangkan pori-pori kulit. Berikut ini cara membuat masker tomat untuk mengencangkan kulit dan pori-pori:

  • Blender  tomat segar
  • Campurkan dua sendok makan  jus tomat dengan satu sendok makan air
  • Oleskan masker tomat tersebut merata pada kulit wajah dengan kapas kemudian pijat berlahan
  • Diamkan beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

2. Merawat dan Mencerahkan Kulit

Manfaat tomat bisa membantu Anda yang memiliki kulit wajah yang kusam menjadi segar. Penggunaan tomat untuk wajah ini terbukti ampuh menyegarkan karena tomat memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah yang banyak. Cara mencerahkan kulit wajah dengan tomat cukup mudah. Caranya, ambil satu atau dua tomat lalu iris menjadi dua. Oleskan pada wajah dan tungggu beberapa menit hingga kering. Bilas menggunakan air bersih, maka kulit wajah yang kusam menjadi segar dan bersinar. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu dengan teratur dan rutin.

Selain mencerahkan manfaat tomat untuk kulit wajah juga seperti manfaat minyak zaitun yaitu mampu merawat kulit menjadi lebih sehat dan mencegah radikal bebas yang berdampak penuaan dini. Biji tomat memiliki khasiat untuk perawatan kulit agar awet muda, selain itu biji tomat juga membantu untuk menyembuhkan masalah kulit seperti kerusakan sel kulit, eksim, psoriasis, kusam, dan pecah pecah.

3. Mengobati Jerawat

Pada bahan obat modern menggunakan kandungan vitamin A dan vitamin C untuk menyembuhkan jerawat. Anda bisa menemukan kandungan tersebut pada tomat untuk mengobati jerawat Anda. Selain vitamin A dan vitamin C pada tomat juga memiliki kandungan asam yang akan sangat efektif hasilnya untuk menghilangkan jerawat. Bagaimana mengobati jerawat dengan buah tomat ini. Berikut adalah cara menggunakan manfaat tomat untuk obat jerawat alami. Ambil satu buah tomat lalu blender dan dinginkan beberapa menit. Kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat. Tunggu hingga mengering satu jam. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan menggunakan handuk halus dengan menepuk nepuk. Maka masalah jerawat Anda akan teratasi dengan manfaat tomat ini.

4. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Selain manfaat tomat untuk obat jerawat alami. Buah ini juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Produksi sebum yang berlebih membuat wajah menjadi berminyak, jika tidak segera Anda atasi maka akan menimbulkan jerawat, flek hitam dan komedo. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan buah tomat cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan buah tomat dengan mentimun untuk dibuat masker. Caranya, 2 buah tomat dicampur empat sendok timun jadikan pasta atau bubur. Oleskan merata pada wajah dengan menggunakan kapas, kemudian diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air. Dengan manfaat tomat dan mentimun ini akan mengatasi lemak berlebih pada kulit wajah dan mengecilkan pori-pori.

5. Membuat Awet Muda

Perawatan kulit wajah agar awet muda dan mencegah penuaan bisa Anda lakukan dengan mudah dengan buah tomat. Ternyata manfaat tomat untuk awet muda ini dilakukan para artis dalam perawatan kulitnya. Mereka menggunakan skin care dari bahan tomat yang diperoleh dari salon-salon kecantikan. Untuk membuat awet muda seperti mereka, Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Yaitu dengan Mencampurkan minyak zaitun satu sendok makan pada tomat yang sudah dihaluskan kemudian dibuat masker.

Manfaat tomat pada masker ini mampu memperlambat penuaan kulit seperti menghilangkan garis keriput dan menghilangkan kantung di bawah mata. Lakukan perawatan secara rutin dua kali seminggu pada pagi hari atau malam hari menjelang tidur. Dengan melakukannya teratur maka Anda menjadi awet muda dan terhindar dari masalah penuaan dini.

6. Memutihkan Kulit Tubuh

Manfaat tomat bisa membantu Anda memutihkan kulit tubuh secara alami. Tidak hanya itu, tomat mampu mengatasi kerusakan sel kulit yang menjadikan seseorang terlihat 10 tahun lebih tua dari umurnya. Untuk memutihkan kulit secara alami dengan tomat caranya cukup gampang, yaitu membuatnya menjadi krim, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bersihkan kulit dengan air bersih.
  • Campurkan 1 sendok teh oatmeal, 2 sendok yoghurt dan 2 sendok makan tomat
  • Oleskan campuran tersebut pada leher, tangan atau pada bagian lainnya
  • Diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air

Manfaat Tomat Untuk Rambut

Ternyata tidak hanya manfaat lidah buaya saja yang bisa untuk memelihara kesehatan dan mengatasi masalah rambut. Manfaat tomat juga bisa membantu menjaga dan mengatasi permasalahan pada rambut. Tomat kaya akan kandungan penting yang dibutuhkan oleh rambut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Cukup dengan Anda mengoleskan krim tomat pada rambut maka akan menjadikan rambut Anda lebih sehat. Apa saja manfaat tomat pada rambut, yaitu:

  • Mengatasi Kerontokan Rambut
  • Menjadi Kondisioner rambut
  • Menghilangkan bau rambut yang tak sedap
  • Menguatkan rambut
  • Menghilangkan ketombe
  • Menghitamkan rambut

Untuk menghilangkan ketombe, Anda hanya menambahkan 2 sendok makan perasan lemon pada 3 buah tomat segar yang dihaluskan. Kemudian oleskan pada rambut dan tunggu beberapa menit dan bilas dengan air. Demikianlah manfaat tomat untuk rambut Anda.

Manfaat Tomat Untuk Penyembuhan

Banyak sekali khasiat buah tomat ini dalam menyembuhkan gangguan kesehatan pada manusia. Diantaranya manfaat tomat dikaitkan dengan obat penyembuhan bagi para penderita penyakit Rematik, penyakit kencing batu, penyakit ginjal, peyakit pada kandung kemih, dan peradangan-peradangan pada sendi dan ruas-ruas tubuh.

Manfaat Tomat mampu membantu mengobati keracunan pada usus, pembusukan pada usus, membantu melancarkan BAB dan penyakit sembelit yang sudah lama dan parah. Air dari perasan buah tomat juga berkhasiat untuk memperkuat aliran darah  dalam tubuh. Tidak hanya itu, manfaat tomat juga bisa membantu proses pembentukan sel-sel tubuh, dan juga merupakan salah satu unsur dalam minyak halus yang manfaatnya pada perawatan wajah.

Buah tomat memiliki beberapa zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain kalsium, potasium, zat besi, fosfor. Dan kandungan buah tomat setiap 100 gram buah nya terdapat 1 gram protein, 0,3 terkandung garam dan lemak, 0,4 gram karbohidrat, vitamin A dan vitamin B. Dengan kandungannya tomat bisa dimanfaatkan untuk mengobati encok, pegel linu, rematik, dan peradangan-peradangan pada persendian dan gangguan dalam mencerna makanan.

Dengan Anda mengkonsumsinya secara teratur atau menjadikannya menu makanan sehat setiap hari, maka masalah kesehatan tersebut mampu disembuhkan. Manfaat tomat ini bisa Anda dapatkan tidak dengan dimakan saja, Namun juga bisa dibuat minuman yang menyegarkan. Anda bisa juga membuatnya menjadi jus dan Anda minum setiap hari. Demikianlah penjelasan singkat tentang khasiat dan manfaat medis buah tomat untuk Anda. Semoga menjadi bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Loading...

2 thoughts on “Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Kita dan Pengobatan Medis”

Leave a Comment