5 Manfaat Minum Air Jahe Setiap Hari Sebelum Tidur dan Efek Sampingnya

Manfaat minum air jahe setiap hari sebelum tidur dan efek sampingnya. Air jahe atau sering disebut dengan wedang jahe memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pria dan wanita. Dengan minum 1 cangkir jahe setiap hari maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Diantara manfaat yang langsung terasa yaitu dapat meningkatkan suhu badan naik sehingga cocok diminum untuk mengusir dingin atau menghangatkan badan khususnya saat musim penghujan.

Loading...

Ternyata manfaat minum air jahe tidak hanya membantu menghangatkan badan saja. Dengan meminumnya setiap hari sebelum tidur maka akan dapat bermanfaat yang luar biasa untuk tubuh. Namun sebelum Anda membiasakan diri meminum air jahe setiap hari, ada baiknya juga untuk Anda tahu bagaimana cara membuatnya yang benar dan efek samping dari minum air jahe tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini pembahasan detail tentang manfaat minum air jahe sebelum tidur dan efek sampingnya.

Manfaat Minum Air Jahe Setiap Hari dan Efek Sampingnya

manfaat minum air jahe

Minum air jahe setiap hari sebelum tidur diyakini mendatangkan banyak keuntungan bagi tubuh. Namun demikian, Anda harus mengetahui cara terbaik merebus dan membuat ramuan air jahe dan cara minumnya yang benar. Berikut ini beberapa manfaat minum air jahe setiap hari, yaitu:

1. Membakar Lemak

Loading...

Manfaat minum air jahe setiap malam sebelum tidur bisa membantu melangsingkan tubuh. Cukup dengan 1 cangkir air rebusan jahe dengan campuran lemon dan mentimun bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan menghilangkan timbunan lemak. Berikut ini cara membuat ramuan tradisional jahe untuk melangsingkan tubuh, yaitu:

  • Pertama siapkan bahan-bahan ramuannya yaitu 1 buah mentimun, 1 buah lemon, 1 sendok makanĀ  jus lidah buaya, 1 sendok makan jahe parut, Setengah gelas air dan peterseli cincang.
  • Parut mentimun hingga halus, kemudian peras 1 buah lemon dan campurkan.
  • Tambahkan juga jahe parut, peterseli cincang dan lidah buaya.
  • Aduk semua bahan agar tercampur rata.
  • Masukkan air dan jika perlu tambahkan es batu, dan minum dalam keadaan dingin.
  • Rutinkan minum ramuan jahe tersebut setiap hari sebelum tidur dalam seminggu berturut-turut, maka lemak di tubuh akan berkurang.

Baca juga: 2 Cara Membuat Air Jahe Untuk Diet Menurunkan Berat Badan dan Langsing

2. Menghilangkan Bau Badan

Masalah bau badan yang menyengat dan beraroma kurang sedap merupakan masalah bagi beberapa orang. Dengan memiliki bau badan tak sedap bisa mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu orang di sekitarnya. Nah, jika Anda mempunyai masalah dengan bau badan, manfaat minum air jahe setiap hari sebelum tidur bisa jadi solusi yang ampuh. Cara menghilangkan bau badan dengan jahe sangat mudah, yaitu Anda cukup membuat air jahe yang direbus dengan tambahan gula. Minum rebusan air jahe (wedang jahe) dan gula tersebut setiap hari sebelum tidur.

3. Mengecilkan Perut Buncit

Manfaat minum air jahe selanjutnya yaitu dapat membantu mengecilkan perut yang buncit. Cara mengecilkan perut buncit dengan jahe tidaklah sulit, Anda hanya perlu membuat ramuan tradisional jahe dan meminumnya setiap hari. Untuk jelasnya berikut ini cara membuat air jahe untuk mengecilkan perut buncit:

  • Siapkan setengah buah lemon atau bisa menggunakan jeruk nipis kemudian peras airnya.
  • Parut 1 rimpang jahe hingga lembut.
  • Masukkan air lemon tersebut ke dalam gelas lalu tambahkan air 150 mili (1 gelas kurang).
  • Tambahkan jahe yang sudah diparut ke dalam air lemon lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Minum ramuan jahe tersebut setiap hari sebelum tidur atau setelah bangun tidur secara rutin.

Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

4. Menyembuhkan Nyeri Haid

Manfaat minum air jahe setiap hari bisa berguna untuk wanita, khususnya yang sedang haid dan mengalami nyeri haid. Pada umumnya nyeri haid ditandai dengan sakit pada perut, punggung sakit, kembung dan rasa tidak nyaman pada organ kewanitaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan jahe dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional untuk nyeri haid dan meminumnya. Berikut cara membuat ramuan tradisional untuk menghilangkan nyeri haid dengan jahe, yaitu:

  • Sediakan 1 rimpang jahe, cuci hingga bersih lalu parut.
  • Siapkan 3 gelas air dan didihkan.
  • Masukkan parutan jahe ke dalam air yang mendidih selama 10 menit.
  • Angkat lalu biarkan agar menjadi hangat lalu minum.
  • Bagi Anda yang suka minum air jahe tawar bisa menambahkan madu ke dalamnya.
  • Minum air jahe tersebut setiap hari sebelum tidur selama mengalami nyeri haid.

5. Menurunkan Berat Badan

Minum air jahe setiap hari sebelum tidur bisa bermanfaat untuk diet, yaitu menurunkan berat badan berlebih. jahe memiliki khasiat yang baik untuk sistem pencernaan dan menekan nafsu makan berlebih. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan memiliki berat tubuh ideal tidak ada salahnya meminum air jahe setiap hari. Air jahe atau wedang jahe tersebut dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan alami. Untuk membuat air jahe untuk menurunkan berat badan sangat mudah. Caranya,

  • Tumbuk kasar 1 ruas jahe dan masukkan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit di atas api sedang.
  • Angkat dan diamkan agar menjadi hangat dan kemudian minum.
  • Minum secara teratur air jahe setiap hari sebelum tidur dan agar lebih maksimal hasilnya bisa juga diminum pada pagi hari setelah bangun tidur.

Sebagai tambahan info tentang manfaat minum air jahe setiap hari, Penting Anda memperhatikan cara minum air jahe yang benar yaitu sebaiknya diminum dua cangkir setiap hari. Namun, jika terlalu banyak bisa memberi efek samping. Berikut beberapa efek samping minum air jahe berlebihan setiap hari antara lain, gangguan asam lambung, gangguan tidur, mulas dan masalah pencernaan lainnya.

Demikianlah ulasan tentang manfaat minum air jahe setiap hari sebelum tidur. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Jahe Merah Untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Loading...

Leave a Comment