7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Anak yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat minum air putih untuk kesehatan anak yang perlu Anda ketahui. Mencukupi kebutuhan air begitu sangat penting untuk tubuh. Diantara fungsi air yang tersebar dalam tubuh ini yaitu membantu menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, oksigen dan karbohidrat ke seluruh bagian tubuh. Selain itu manfaat air putih bagi tubuh adalah sebagai media untuk mengeluarkan zat sisa, pengatur suhu, sebagai pelumas, bantalan pada tulang, dan membantu dalam pembentukan sel serta banyak lagi lainnya.

Loading...

Manfaat minum air putih untuk kesehatan anak berkaitan dengan otak. Pemenuhan air minum sangat dibutuhkan dalam peredaran darah ke otak sehingga konsentrasi anak lebih baik. Sering kita alami gagal fokus, hal tersebut merupakan salah satu akibat kurang minum air putih. Jika asupan air berkurang maka akan mengganggu sirkulasi zat-zat penting tersebut. Kebutuhan minum air putih berbeda-beda antara tergantung dari ukuran tubuh, umur dan aktivitas kesehariannya. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak sangat lebih membutuhkan air agar tumbuh kembangnya baik.

Untuk mendapatkan manfaat minum air putih untuk kesehatan anak harus memperhatikan ukuran kecukupan cairan pada anak Anda. Untuk bayi, kebutuhan cairan bisa didapatkan dari ASI, setelah si kecil mengkonsumsi MPASI, kebutuhan cairannya bertambah tidak hanya dari ASI saja. Namun harus diiringi dengan minum air putih yaitu 3 gelas per hari setelah makan. Selain itu perlu ditambah dengan mengkonsumsi jus maksimal 2 gelas per hari. Kebutuhan air putih untuk anak 1 tahun sampai 3 tahun, kebutuhan asupan airnya sekitar 1.600 ml atau 7 gelas per hari. Saat usianya 4 sampai 8 tahun maka bertambah menjadi 8 gelas per hari.

Aneka Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Anak

manfaat minum air putih untuk kesehatan anak

Jumlah kebutuhan di atas diukur menurut aktivitas normalnya. Hal ini berbeda dengan anak yang sedang berlebih seperti banyak gerak, berlari maka kebutuhan air putihnya pun lebih banyak karena untuk mengganti cairan yang hilang atau keringat. Selain itu kebutuhan air putih pada anak akan meningkat saat cuaca panas, karena tubuh akan lebih membutuhkan cairan. Demikian juga saat anak sedang demam, bermain atau pun sedang berolahraga. Ada pertanyaan yang sering terlontar, Apakah pemenuhan air atau cairan bisa dipenuhi oleh air susu, jus atau dengan minum teh? Maka sebaiknya air putih tetap diutamakan dalam memenuhinya setiap hari. Nah berikut ini adalah manfaat minum air putih untuk kesehatan anak, yaitu:

Loading...

1. Merelaksasi Otot

Manfaat minum air putih untuk kesehatan anak adalah dapat membantu merelaksasi otot sehingga mampu berkontraksi dengan baik. Hal ini dikarenakan pada air putih mengandung magnesium. Dengan begitu otot anak lebih kuat dan fleksibel.

Baca juga: Anak Susah Makan, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Lebih Bugar dan Sehat

Dengan banyak minum air putih menurut kebutuhan yang benar maka manfaat minum air putih untuk kesehatan anak secara fisik terlihat lebih bugar, energik, tidak mudah lelah ataupun lesu. Karena air putih bisa membantu anak lebih bersemangat dan tenaganya pun akan menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa manfaat minum air putih untuk kesehatan anak ialah dapat meningkatkan daya konsentrasinya. Air putih akan menjaga sirkulasi darah ke otak menjadi baik yang berdampak pada fungsi kognitif  dan daya konsentrasi anak menjadi lebih baik.

4. Menyehatkan Gigi dan Mulut Anak

Ternyata manfaat minum air putih untuk kesehatan anak dapat menyehatkan mulut dan giginya karena pada air putih tersebut bebas dari gula, pemanis dan zat perasa lainnya yang menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Selain menyehatkan gigi, air putih juga bisa membantu membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan atau minuman yang terendap.

5. Melunakkan Feses

Susah buang air besar pada anak bisa disebabkan oleh kurangnya asupan air. Salah satu manfaat minum air putih untuk kesehatan anak bisa mengatasi sembelit tersebut. Pemenuhan air putih akan membantu melancarkan buang air besar pada anak dan melunakkan feses sehingga dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar anak.

6. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat minum air putih untuk kesehatan anak selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan berguna membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini dikarenakan pada air putih mengandung cukup magnesium yang terbukti mampu menjaga tekanan darah tubuh tetap dalam keadaan yang normal.

7. Menyehatkan Kulit

Tidak hanya menyehatkan jantung karena berguna menjaga tekanan darah, Manfaat minum air putih untuk kesehatan anak lainnya juga mampu menyehatkan kulit. Minum air putih yang cukup oleh anak akan membantu kulitnya menjadi lebih sehat, karena membantu melembabkan dan kelenturan kulit anak Anda.

Tentu semua tentang manfaat minum air putih untuk kesehatan anak akan didapatkan dengan memperhatikan kualitas air putih yang kita berikan. Jika Anda memberikan air putih dalam bentuk kemasan, maka sebaiknya Anda perhatikan telah lolos standarisasi BPOM. Dan jika memberinya air putih dari air tanah seperti sumur atau air pompa, maka pastikan cara memasak airnya yang benar dan baik yaitu dengan memasak air sampai mendidih. Jika air dari tanah atau sumur keruh dan ada endapannya maka sangat penting bagi Anda menyaringnya atau menggunakan filter sebelum di masak.

Selain itu hal yang sangat penting untuk Anda pahami yaitu istilah cukup asupan ini adalah cukup dengan minum air putih saja. Bukan pemenuhan dalam bentuk air lainnya seperti soda atau minuman anak yang memiliki rasa atau ber zat perasa. Maka cukup air putih makan saja sebagai pedoman pemenuhan asupan air atau cairan anak. Itulah cara mendapatkan manfaat minum air putih untuk kesehatan anak. Sebagai tambahan berikut ini akan waras sehat bagikan tips cara mengajarkan anak melakukan kebiasaan minum air putih.

Tips Mengajarkan Kebiasaan Minum Air Putih Pada Anak

Setelah mengetahui tentang manfaat minum air putih untuk kesehatan anak, maka ajarkan kepada mereka kebiasaan untuk mereka menyukai minum air putih agar mencukupi kebutuhan air dalam tubuhnya. Berikut langkah mudah mengajarkan kebiasaan minum air putih pada anak, yaitu:

  • Pada Usia 6 bulan hingga satu tahun maka bayi sudah dikenalkan dengan air putih sebagai MPASI. Dengan cara setelah makan maka gunakanlah cangkir (bukan dot) untuk air putih untuk diminum. Hal ini bertujuan untuk bisa mengetahui takaran air putih yang diminum dan menghindari anak dari bingung puting.
  • kebutuhan air putih untuk anak 1 tahun atau batita mulai bertambah volumenya. Pada usia tersebut anak sudah bisa memegang gelas. Sediakan gelas yang berbentuk lucu dengan gambar yang menarik. Hal ini bertujuan agar anak Anda terdorong minum air putih dengan menggunakan gelas tersebut secara rutin tanpa menunggu dirinya merasa haus.
  • Tanamkan pada anak tentang pentingnya minum dan manfaat minum air putih untuk kesehatan anak maupun untuk kelancaran aktivitasnya. Pada usia 1 tahun hingga 4 tahun maka sangat disarankan untuk Anda menyodorkan air putih untuk minum ketika anak merasa haus.
  • Jika Anak sudah mulai sekolah maka bekali dia air putih dalam kemasan botol bukan diisi dengan selainnya seperti teh susu atau sirup dan lain sebagainya, cukup isi air putih saja.
  • Biasakan anak mengambil minumannya sendiri. Awalnya ajari anak untuk mengambil air putih yang mau diminum seperti cara mengambil air minum dalam despenser.¬† Selanjutnya biarkan mereka mengambilnya sendiri. Perlu Anda ingat dan perhatikan jika memakai despenser maka pilihlah yang memiliki tombol tersendiri, jangan sampai si anak memencet tombol air panas.
  • Ajarkan jumlah asupan air putih yang harus dia minum. Seperti berapa kali ia harus minum sehari dan tiap berapa jam dia harus minum air putih tersebut. Misalnya setiap 2 jam sekali minum, dengan begitu ia akan membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan air putih untuk dirinya sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang pentingnya seorang anak minum air putih dan manfaat minum air putih untuk kesehatan anak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya para bunda dan salam sehat!!

Baca juga: Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Untuk Anak Selama di Sekolah

Loading...

Leave a Comment