Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Kecantikan dan Pengobatan Penyakit

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan penyakit. Khasiat pada minyak zaitun sudah sejak lama dikenal sebagai obat penyembuhan dan pengobatan terhadap penyakit-penyakit pada manusia. Minyak zaitun adalah minyak dari tanaman zaitun yang dapat dikonsumsi begitu saja, segar diperas dari buahnya. Manfaat minyak zaitun untuk penyakit karena tingginya kadar asam lemak tak jenuh tunggal dan kadar antioksidannya yang tinggi. Manfaat minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk pengobatan tradisional untuk penyakit. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan seperti rambut, wajah dan kulit.

Loading...

Buah zaitun adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Buah yang diberkahi ini banyak tumbuh di kawasan timur tengah sebagai bahan olahan masakan yang dicampurkan dalam berbagai macam makanan. Banyak penelitian mengungkapkan tentang kegunaan minyak zaitun dalam menjaga kesehatan, salah satunya adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian terbaru yang di lakukan oleh Paul Breslin dari Rutgers University di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pada minyak zaitun terdapat zat yang bernama oleocanthal. Zat ini berguna untuk memecah inti sel kanker yang disebut lisosom, lalu mengeluarkan sejenis protein yang bersifat mematikan sel kanker tersebut.

Ilmuwan meneliti hal tersebut dengan menyuntikkan minyak zaitun pada sel kanker, dan hasilnya dalam waktu setengah jam sel kanker terlihat mati. Zat oleocanthal tidak berbahaya bagi sel sehat, namun hanya mempengaruhi sel-sel kanker saja. Oleh karena itu, banyak para ahli medis menganjurkan penggunaan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng atau minyak sayur.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Penyakit

Ingin hidup sehat?, gunakanlah minyak zaitun untuk menggoreng menggantikan minyak goreng dan minyak sayur. menggoreng dengan minyak zaitun tentu Anda pernah mendengarnya bukan?. Selama ini minyak zaitun dikenal minyak tersehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, maka tak heran harganya pun berbeda, jauh lebih mahal dari minyak goreng biasa.

Dari segi medis mengatakan bahwa minyak zaitun bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Dibawah ini, ada beberapa penyakit yang mampu disembuhkan dengan menggunakan minyak zaitun, yaitu:

Loading...

Penyakit Jantung dan Kanker

Penelitian-penelitian tentang minyak zaitun menemukan manfaat minyak zaitun untuk penyakit bahwa khasiat minyak zaitun memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, dengan mengontrol kadar kolesterol jahat atau LDL, sementara itu ia juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Ketika Anda ingin membeli minyak zaitun, maka pilihlah yang extra virgin yaitu bentuk minyak zaitun yang paling murni. Minyak zaitun extra virgin hanyalah merupakan sari buah yang diekstraksi secara mekanis dari buah zaitun. Tidak ada panas atau bahan kimia yang digunakan selama ekstraksi.

manfaat minyak zaitun untuk penyakit
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Kecantikan dan Pengobatan Penyakit

Penelitian yang dilakukan di University of Oxford percaya bahwa manfaat minyak zaitun untuk penyakit kanker, minyak ini dapat jadi sama efektifnya dalam hal untuk menghindari kanker usus.

Penyakit Kulit Dan Masalah Saluran Pencernaan

Manfaat minyak zaitun untuk penyakit adalah untuk mengatasi masalah pada kulit, seperti Jerawat. Bagaimana cara mendapatkan resep manfaat minyak zaitun untuk jerawat berikut tips nya. Campur 70 persen minyak zaitun dengan 30 persen minyak jintan hitam (habbatussauda). Oleskan pada wajah. Setelah setengah jam, cuci wajah Anda dengan sabun wajah. Ingat jangan sampai minyak ini masuk ke mata. Dengan olesan minyak campuran zaitun dan minyak jintan hitam ini, akan membuat kulit wajah Anda bebas jerawat, menjadi segar dan nampak bersinar. Selain itu juga dapat mencegah kerutan-kerutan di kulit wajah Anda.

Selain manfaat minyak zaitun untuk penyakit kulit seperti jerawat, ia juga mempunyai manfaat untuk masalah saluran pencernaan, seperti sakit perut, maag, mual dan masalah asam lambung. Dengan mengoleskan minyak zaitun setiap hari pada daerah kulit yang kering atau karena adanya stretch mark maka akan melembabkan dan menghilangkan masalah stretch mark Anda.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Cara mengatasi masalah-masalah pada saluran pencernaan dengan menggunakan minyak zaitun, yaitu dengan Anda mengambil satu sendok makan minyak zaitun, lalu minum pada saat perut kosong. Hal ini berguna untuk membantu menstimulasi dan meringankan masalah perut dan saluran pencernaan lainnya.

Kolesterol Tinggi

manfaat minyak zaitun yang banyak diketahui oleh masyarakat adalah bisa  menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi minyak zaitun akan dimungkinkan kadar kolesterol akan menurun. Minyak zaitun ini mengandung campuran antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dengan tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, yaitu cukup dengan mengkonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan yang biasa Anda konsumsi setiap hari, seperti salad atau sup dan lainnya.

Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Minyak zaitun bersifat extra virgin yang bisa membantu menurunkan tekanan darah pada seseorang yang menderita hipertensi. Nah, jika Anda mempunyai masalah dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda mengkonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun setiap hari, dengan mencampurnya pada makanan Anda.

Kanker Payudara

Untuk para wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata manfaat minyak zaitun untuk penyakit kanker payudara. Hal ini bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu dengan mengkonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun rutin setiap hari bisa membantu mengatasi meredakan kontipasi.

Infeksi telinga

Manfaat minyak zaitun bisa mengatasi infeksi pada telinga. Dengan mengoleskan cotton bud dengan minyak ini dalam membersihkan telinga, maka akan mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi pada telinga Anda. Selain bermanfaat untuk penyakit tersebut di atas, ternyata masih banyak manfaat minyak ini untuk penyembuhan penyakit. Diantaranya, diabetes, migrain, kanker ovarium, infeksi jamur, eksim, osteoarthritis dan kurap. Namun perlu Anda perhatikan dalam pemakaian minyak zaitun ini. Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari konsumsi minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kulit

Selain berguna dalam kesehatan dan penyembuhan pada berbagai penyakit. Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan. Bahkan pada zaman romawi kuno minyak zaitun sudah digunakan untuk kecantikan. Hal ini tak mengherankan karena pada minyak zaitun mengandung banyak vitamin E, vitamin K dan zat besi. Minyak zaitun juga sering dimanfaatkan untuk bahan-bahan produk kecantikan seperti obat-obatan tradisional kecantikan dan sabun kulit.

Minyak zaitun jika dioleskan pada bibir bisa berfungsi seperti lip gloss yang mampu mengatasi bibir pecah-pecah dan melembutkan bibir. Selain itu, minyak ini juga bisa melembutkan kulit yang kering dan pecah-pecah yang terjadi pada siku dan tumit.

Untuk Wajah

Minyak zaitun bisa menggantikan pembersih wajah, yaitu pembersih makeup. Dengan minyak zaitun mampu membersihkan sisa pemakaian makeup pada wajah. Tidak mengherankan jika minyak zaitun sering digunakan pada bahan-bahan pembersih wajah atau cleansing oil. Menurut dokter membersihkan makeup dengan minyak zaitun bebas bahan kimia paraben yang berbahaya yang terdapat pada pembersih berbahan kimia. Minyak zaitun bebas kimia karena alami dan tidak akan menghilangkan minyak alami wajah yang berfungsi melembabkan kulit.

Minyak zaitun untuk wajah bisa digunakan sebagai masker atau facial. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun pada wajah atau bisa dengan menambahkan dua sendok teh cuka sari apel dengan satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk yang lembut dengan menepuk-nepuk. Manfaat mengoles minyak zaitun pada wajah antara lain membuat lembut kulit wajah, mengurangi peradangan dan mencegah kerutan kulit serta mengencangkannya.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh bisa digunakan untuk mengobati eksim kulit, infeksi jamur seperti panu, kadas dan kurap. Minyak zaitun memang sangat bermanfaat pada kulit. Namun,tidak semua kulit bisa menggunakannya. Ada jenis kulit yang malah mengakibatkan alergi, maka sebaiknya Anda coba dulu dengan tes sedikit dioles sedikit pada kulit, jika terjadi alergi maka hentikan untuk memakainya. Demikianlah ulasan lengkap saya tentang Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Kecantikan dan Pengobatan Penyakit. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Kulit Dan Wajah

 

Loading...

Leave a comment