Manfaat Minyak Zaitun dan Cara Menggunakannya Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat minyak zaitun dan cara menggunakannya untuk kesehatan & kecantikan. Minyak zaitun memiliki keistimewaan atau khasiat untuk kecantikan wajah, rambut, kulit dan bahkan bibir. Selain itu berguna pula untuk kesehatan tubuh lainnya. Untuk wajah misalnya, minyak zaitun bisa untuk menghilangkan jerawat, mengatasi wajah kusam dan kering dan masih banyak lagi.

Loading...

Dalam islam pohon zaitun disebut sebagai pohon yang penuh barokah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat dalam pengobatan. Buah zaitun disebut juga dengan makanan para penghuni surga. Allah pun telah memuliakannya dengan menyebutnya dalam Alqur’an “Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, dan demi bukit sinai dan demi kota (Mekah) ini yang aman.”. Lantas, seperti apa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan?. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat minyak zaitun

Pohon zaitun merupakan merupakan tumbuhan yang tempatnya berasal dari kawasan asia barat. pohonnya berumur lama, mampu hidup selama seribu tahun. Selain itu pohonnya  sangat bermanfaat. Buahnya dapat dimakan, daunnya sebagai makanan ulat sutera, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan tertentu. Sementara itu minyak dari biji zaitun atau sering disebut minyak zaitun juga memiliki banyak khasiat dan manfaat. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain:

1. Membuat Awet Muda

Loading...

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yaitu bisa membuat kulit lebih sehat. Selain itu minyak zaitun berguna juga untuk kulit wajah seperti menghilangkan kerutan-kerutan dan keriput pada wajah. Oleh karena itu minyak zaitun sangat disarankan untuk  wanita dan pria yang ingin terlihat awet muda secara alami. Cara membuat kulit wajah awet muda dengan minyak zaitun sangat mudah. Caranya Oleskan minyak zaitun ke kulit wajah secara merata yang dilakukan pagi dan sore secara rutin dan teratur.

Baca juga: 4 Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun Serta Cara Membuatnya di Rumah

2. Memutihkan Wajah

khasiat minyak zaitun untuk kulit lainnya yaitu bisa digunakan sebagai pemutih alami. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk memutihkan wajah dan mengencangkannya yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat masker minyak zaitun ini dengan menambahkan bahan-bahan alami lainnya seperti telur dan lemon. Berikut ini cara memutihkan wajah dengan minyak zaitun, yaitu:

  • Siapkan 2 sendok minyak zaitun, kuning telur dan 3 tetes air lemon.
  • Campurkan semua bahan dan aduk sampai halus lalu oleskan pada wajah.
  • Selanjutnya diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan wajah dengan masker minyak zaitun ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu maka kulit wajah akan lebih putih dan segar.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Tidak hanya untuk kulit saja, manfaat minyak zaitun juga bisa untuk mengatasi kerontokan rambut. Manfaat minyak zaitun untuk rambut khususnya rambut rontok yaitu mampu menghentikan kerontokan yang terjadi dan memberi nutrisi agar rambut lebih kuat dan tidak rontok lagi. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun yaitu dengan  cara meminyaki rambut dan kepala dengan minyak zaitun secara merata. Pijat lembut kemudian rambut dibungkus dengan handuk. Lakukan perawatan ini pada malam hari dan dibuka pada pagi hari.

4. Mengobati Kaki Pecah-Pecah

Masalah kaki pecah-pecah khususnya pada area tumit bisa diatasi dengan memanfaatkan minyak zaitun. Ternyata manfaat minyak zaitun untuk kulit bisa mengobati kaki pecah-pecah dengan alami dan cepat. Cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan minyak zaitun sangat mudah dilakukan, yaitu cukup oleskan minyak zaitun pada bagian kaki yang pecah pecah. Diamkan selama 1 sampai 2 jam dan bilas dengan air. Lakukan secara rutin hingga teratasi masalah kaki pecah-pecah tersebut.

5. Mengobati Sariawan dan Gusi Bengkak

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu bisa digunakan sebagai obat sariawan dan gusi bengkak alami. Cara mengobati sariawan dan gusi bengkak dengan minyak zaitun caranya sama. Oleskan minyak zaitun ke bagian mulut yang mengalami sariawan dan gusi yang mengalami bengkak. Selain menggunakan minyaknya, Anda juga bisa mengunyah daun zaitun untuk mengatasinya.

6. Menyembuhkan Bisul dan Bengkak

Mengoles minyak zaitun pada bisul dan luka bengkak bisa menjadi obat penyembuh alami. Kenyataannya bahwa manfaat minyak zaitun bisa mengatasi bisul dan bengkak secara alami dan cepat. Disamping menggunakan minyaknya, untuk mengobati bisul dan bengkak bisa dengan menggunakan daun zaitun. Caranya, daun zaitun direndam, kemudian dibalut dengan perban.

Manfaat Minyak Zaitun Jika Diminum

Mendapatkan khasiat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan bisa dilakukan dengan dioles seperti diatas dan bisa pula dengan diminum. Dan berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun jika diminum, antara lain:

  • Minum minyak zaitun 1 sampai 2 sendok makan bisa membantu mengobati masalah kesehatan seperti meredakan nyeri, pembersih perut, meningkatkan produksi empedu, penghancur batu ginjal dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.
  • Minum minyak zaitun juga bagus untuk penderita Anemia, menyembuhkan penyakit rematik, peradangan pada sel-sel urat syaraf dan keseleo pada sendi.
  • Mengkonsumsi minyak zaitun berkhasiat membuka dan memperlancar penyumbatan-penyumbatan pada pembuluh darah agar terhindar penyakit stroke dan meremajakan kulit.

Demikian pembahasan tentang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh dan kecantikan serta cara menggunakannya. Semoga info tadi bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengurangi Minyak di Wajah Berlebihan Secara Alami

Loading...

Leave a Comment