Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, Mental dan Rohani Manusia

Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh, mental dan rohani manusia. Olahraga merupakan aktivitas yang penting dan sangat dianjurkan dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, Manfaat olahraga berperan vital dalam mencegah, mengobati penyakit. Bahkan tidak hanya untuk kesehatan dan pencegahan penyakit saja, olahraga juga berguna menyehatkan jiwa kita.

Loading...

Bicara manfaat olahraga ternyata ada keuntungan bagi wanita. Hal tersebut berhubungan dengan kecantikan mereka. Olahraga yang dilakukan wanita dipercaya mampu membuat wajah awet muda, mencegah keriput pada kulit dan terhindar dari masalah penuaan dini. Oleh karena itu penting untuk melakukan olahraga secara teratur dan rutin minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Nah, biar Anda lebih semangat untuk melakukan olahraga maka pada kesempatan ini akan membahas manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh, mental dan rohani selengkapnya.

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh dan Jiwa Manusia

manfaat olahraga

Banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih, dari mulai olahraga yang bersifat permainan seperti sepak bola, tenis, bola volly, badminton dan lainnya. Ada pula jenis olahraga untuk kebugaran dan kesehatan seperti jogging, senam, aerobik, yoga, taichi dan sejenisnya. Dari sekian banyak jenis olahraga tersebut hampir memiliki manfaat yang sama. Namun disini Anda lebih dianjurkan untuk memilih olahraga  jenis kebugaran karena manfaatnya lebih utama untuk kesehatan jasmani dan rahani Anda. Biar lebih jelasnya tentang apa manfaat olahraga bagi tubuh, simak berikut ini:

1. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Loading...

Manfaat olahraga bagi tubuh mampu meningkatkan kapasitas paru-paru. Seperti diketahui bahwa volume paru-paru pada manusia maksimal adalah 5 liter, sedangkan udara yang bisa keluar masuk hanya sekitar setengah sampai 1 liter. Dengan berolahraga maka dapat mengisi oksigen penuh pada paru-parunya. Hal itu beda dengan orang tidak pernah melakukan olahraga. Orang malas olahraga tersebut tidak pernah mengisi rongga paru-parunya hingga penuh, sehingga ada rongga yang tak pernah tersentuh oksigen dan akibatnya kurang kuat nafasnya dan paru-paru menjadi kurang sehat.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Paling Ampuh

2. Mengefektifkan Kerja Jantung

Manfaaat olahraga bagi tubuh selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik. Jantung adalah denyut jantung normal yaitu berkisar dari 60 sampai 90 kali permenit, pada orang yang jarang atau tak pernah melakukan olahraga denyut jantung antara 80 sampai 90 kali permenit. Orang yang rutin olahraga maka denyut jantungnya  pada kisaran 50 sampai 70 kali permenit. Hal itu sangat baik untuk mencukupi kebutuhan darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi yang menyehatkan jantung.

3. Olahraga memicu produksi endorphin.

Manfaat olahraga bagi jiwa atau rohani adalah dapat memicu produksi endorphin. Endorphin merupakan singkatan dari endogen morphin yaitu zat sejenis morfin yang diproduksi oleh tubuh. Disebut morfin karena memiliki efek yang sama seperti pada jenis obat morfin yakni memberi efek segar, tenang, serta mood yang tinggi, bedanya endorphin memproduksi morfin didalam tubuh dan tidak merusak tubuh. Makanya, orang yang suka berolahraga akan cenderung lebih bahagia, tenang dan nyaman dalam kesehariannya.

Baca juga: Bahayanya Berolahraga pada Daerah dengan Polusi Udara Tinggi

4. Menyembuhkan Penyakit

Manfaat olahraga untuk tubuh tidak hanya menjaga kesehatan saja, namun lebih dari itu bahwa olahraga mampu membantu pencegahan penyakit atau mengatasinya, diantaranya,  mencegah penyakit diabetes mellitus, menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan kinerja liver dan ginjal dalam membuang racun-racun dalam tubuh.

5. Meremajakan Kulit

Manfaat olahraga bagi wanita yaitu  bisa membantu menjaga kecantikan kulit. Wanita yang sering dan teratur berolahraga maka akan terlihat awet muda dibandingkan orang yang tak pernah berolahraga. Selain itu manfaat olahraga untuk kecantikan bisa bermanfaat  mencegah kerontokan rambut. Makanya sangat jarang ditemukan orang yang merutinkan olahraga memiliki kondisi rambut atau botak.

6. Menyehatkan Otak dan Rohani

Ternyata orang yang rutin melakukan olahraga akan menjadi lebih fokus dalam melakukan pekerjaan. Dengan lebih fokus maka otak menjadi lebih pintar dan cerdas. Tidak hanya itu, olahraga dapat menenangkan jiwa atau rohani. Pembuktian manfaat olahraga bagi otak dan rohani telah diyakini banyak orang karena banyak olahraga dapat mampu menurunkan emosi, gula darah tinggi  dan lainnya.

Itulah tadi penjelasan tentang manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh mental dan rohani. Semoga info tadi bisa bermanfaat, selamat berolahraga dan salam sehat!!

Baca juga: Penting!! 6 Aturan Makan Sehat Sebelum Olahraga yang Baik Pada Kesehatan

Loading...

2 thoughts on “Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, Mental dan Rohani Manusia”

  1. Kalau buat mengurangi nikotin pada tubuh dengan olahraga, bener ga sih mas?

    • Semua olahraga bisa menurunkan kadar nikotin di paru namun yang lebih baik yaitu dengan melakukan olahraga paru-paru yang simpel dan mudah untuk dilakukan seperti meniup peluit, saxofon, seruling, atau bisa pula dengan bermain terompet. kegiatan olahraga tersebut mampu menyehatkan paru-paru dan sangat baik untuk meningkatkan suplai oksigen ke jaringan tubuh dan mengisi penuh rongga paru-paru.

Leave a Comment