8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani, Rohani & Spiritual

Manfaat puasa bagi kesehatan jasmani, rohani & spriritual menurut islam. Berpuasa tidak hanya semata akan mendapatkan pahala dari Allah semata namun dengan puasa ada manfaat untuk kesehatan. Mungkin dengan orang berpuasa akan membuat menjadi lemas, lapar dan haus selama seharian. Namun dengan kondisi tersebut ternyata puasa itu menyehatkan. Selanjutnya manfaat kesehatan apa saja yang akan diperoleh jika kita berpuasa entah itu puasa dibulan ramadhan atau merutinkan puasa senin kamis.

Tidak hanya sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa puasa itu sehat namun para pakar kesehatan sepakat dengan hal tersebut. Bahkan tidak hanya kesehatan tubuh saja yang didapatkan dengan berpuasa tapi puasa juga menyehatkan jiwa atau rohani yang melakukannya. Nah, agar lebih jelasnya tentang apa saja manfaat puasa bagi kesehatan, yuk simak lengkapnya dibawah ini.

Beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani (Organ Tubuh) dan Rohani

Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan baik untuk tubuh dan mental kita. Biar Anda lebih tertarik dengan menjalankan puasa berikut ini beberapa manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani, yaitu:

1. Meningkatkan Kerja Otak

Diantara manfaat puasa bagi kesehatan yang luar biasa yaitu dapat meningkatkan kinerja otak lebih optimal. Sebuah penelitian menyebutkan dengan menahan haus dan lapar akan membuat orang menjadi kuat memori atau daya ingatnya. Disamping itu, dengan menjalankan puasa selama 30 hari selama bulan ramadhan akan menjadikan otak lebih konsentrasi dan lebih fokus. Jika Ada ungkapan bahwa dengan berpuasa maka daya pikir seseorang menjadi turun maka itu tidak benar. Justru malah sebaliknya dengan kondisi dan lapar akan menjadikan orang lebih konsentrasi 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Paling Jitu dan Mudah

2. Membuat Pancaran cahaya Hati

Jika tadi diatas tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh maka berikut ini manfaat puasa untuk kesehatan rohani. Dalam islam percaya bahwa ada manfaat yang luar biasa dengan orang menjalankan puasa yaitu akan senantiasa diberi cahaya hati yang selalu terpancar. Dengan demikian orang yang berpuasa akan dijaga dari mempunyai hati yang mati.

3. Mencegah Bebal/Bodoh

Ternyata dengan berpuasa akan membuat kita lebih pintar. Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yaitu dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan mencegah otak menjadi bebal atau kurang cerdas, dan bodoh. Hal ini disebabkan dengan puasa membuat otak menjadi lebih sehat. Tidak hanya cerdas dan anti bebal, Orang berpuasa di bulan ramadhan atau senin kamis dan puasa lainnya bisa menghindarkan diri mereka dari otak bebal, kurang cerdas atau bodoh. Manfaat puasa untuk kesehatan yaitu menjadikan otak lebih sehat. Selain manfaat mencerdaskan, puasa juga berpengaruh pada meningkatnya konsentrasi dan kemampuan kognitif.

4. Memberi Ketenangan Hati dan Nyaman

Berpuasa memiliki dampak langsung pada suasana hati. Orang berpuasa akan merasakan ketenangan dan kenyamanan hati. Apalagi saat beribadah hati mampu merasakan manis dan keladzatan iman. Orang yang tidak peranh puasa, yang sepanjang tahun perut selalu kenyang akan akan merusak konsentrasi. Manfaat puasa bagi kesehatan membuat tubuh lebih sehat dengan hati yang tenang dan nyaman. Jika hati nyaman maka kesehatan hati pun akan terjaga dan menjauhkan diri dari penyakit hati.

5. Menambah Daya Ingat

Keadaan perut kosong membuat seseorang mengurangi kandungan glukosa. Glukosa adalah zat penting yang berguna dalam daya ingat. Nah, pada keadaan tersebut apakah daya ingat orang berpuasa menjadi menurun?. Justru dengan berpuasa malah sebaliknya, yaitu mampu meningkatkan daya ingat. Penelitian menyebutkan bahwa manfaat puasa untuk kesehatan mampu menambah daya ingat. Hal itu disebabkan puasa membuat lambat otak, dengan keadaan tersebut malah justru membuat seseorang menjadi berpikir secara jernih.  Dengan jernih berpikir, orang akan cenderung berhati-hati dan mempertajam daya ingat.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat puasa bagi kesehatan yang penting adalah meningkatkan fokus dan produktivitas. maka tak benar dengan berpuasa orang menjadi menurun produktivitas kerja. Mungkin urusan tenaga memang menurun tapi kinerja otak makin tajam. Saat orang puasa maka perut dalam keadaan kosong, hal itu menjadikan hormon opioids lebih efektif, yang membuat seseorang lebih fokus dan produktivitas meningkat.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Memang luar biasa manfaat puasa bagi kesehatan, dengan mengatur selang makan atau waktu konsumsi mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak. Penyakit yang mampu dicegah dari berpuasa yaitu penyakit alzheimer dan parkinson. Nah, dengan berpuasa maka Anda akan terhindar dari risiko menderita penyakit yang termasuk gawat itu.

8. Menambah Kemampuan Mengontrol Emosi

Manfaat puasa bagi kesehatan tidak hanya untuk tubuh atau dzahir saja, namun lebih dari itu. Berpuasa membuat mental spiritual menjadi sehat dan bertambah makin baik. Perut kosong menjadikan seseorang lebih mudah mengendalikan emosi. Bahkan membuat orang semakin lebih pintar dalam bertindak dan keilmuwannya. Hal itu dibuktikan karena puasa menjadi kebiasaan para ulama-ulama besar yang memiliki kecerdasan dan kejernihan berpikir serta kebijaksanaan.

Demikianlah ulasan tentang beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh dan mental menurut islam. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan kita dan makin semangat melakukan puasa. selamat menjalankan ibadah puasa dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bibir Pecah Pecah Saat Puasa dengan Mudah

Loading...

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali