Manfaat rebung-min

12+ Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan

Manfaat rebung bagi kesehatan dan pengobatan. Rebung mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Rebung merupakan salah satu bahan makanan yang cukup dikenal di masyarakat. Pemanfaatan rebung pada masakan dilakukan dengan membuang kelopaknya, diiris-iris, kemudian diolah dengan dikukus atau direbus.

Loading...

Rebung yang sering disebut dengan nama bung (bahasa jawa). oleh masyarakat pedesaan sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan  sebagai bahan masakan. Selain rebung sebagai bahan makanan ternyata menyimpan khasiat luar biasa untuk penyembuhan, diantaranya adalah mengurangi resiko stroke. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja khasiat rebung bagi kesehatan, akan kami bahas dibawah ini.

Manfaat Rebung Dan Cara Pengolahannya

Rebung adalah tunas muda tanaman bambu yang muncul dipermukaan dasar rumpun. Tunas bambu tersebut enak untuk dimakan, sehingga termasuk dalam jenis sayuran. Dalam istilah inggris rebung disebut dengan Bamboo Shoot. Tidak semua rebung enak untuk dimakan.

Beberapa jenis bambu yang memiliki rebung yang rasanya pahit. Rebung yang dibuat masakan merupakan jenis rebung yang pilihan. Tidak semua rebung bisa diolah menjadi masakan. Rebung dari bambu apus misalnya, merupakan salah satu jenis bambu yang rebungnya tidak dapat diolah menjadi sayuran untuk bahan masakan, karena rasanya pahit.

Manfaat rebung-min

Loading...

Jenis rebung yang memiliki rasa yang enak untuk dimakan adalah rebung Bambu kuning, rampal/suling, ori dan ater. Rebung dari bambu petung memiliki citarasa yang paling enak. Rebung petung berwarna coklat kemerahan dan ujung rebung berwarna ungu. Rebung dilindungi oleh kelopak-kelopak kuat yang berbulu halus dan gatal bila terkena kulit.

Meskipun rebung diidentikkan dengan masakan kampungan, Jika tahu cara pengolahan dengan benar, hasil makanan rebung akan enak rasanya. Berikut ini beberapa tips cara mengolah rebung. Sebelum memasak rebung kupas dan rebus selama 20 menit. Tambahkan sedikit garam dan air kelapa dalam rebusan, hal ini berguna untuk menghilangkan rasa pahit dan memudahkan usus untuk mencernannya.

Rebung memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Cara memasak yang benar akan menjaga kandungan antioksidannya. Menurut hasil penelitian di cina, cara terbaik memasak rebung yaitu dengan menumis. Cara ini akan menjaga kandungan antioksidan rebung secara maksimal.

Rebung memiliki banyak manfaat pada kesehatan dan pengobatan.Ada beberapa khasiat rebung dan cara pengolahannya yang bisa didapat setelah kita mengkonsumsinya.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Walaupun terkesan dengan penampilannya yang sederhana dan selera kampung, namun rebung menyimpan banyak khasiat, yaitu:

Baca juga: Ragam Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

1. Mencegah Stroke

Rebung memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kadar kaliumnya per 100 gram rebung adalah 553 mg. makanan yang sarat kalium, yaitu 400mg. Senyawa kalium pada rebung dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini menjadikan rebung sebagai sayuran yang baik dan bermanfaat untuk mengurangi terkena resiko stroke.

Peran kalium mirip dengan natrium, yaitu bersama-sama dengan klorida, membantu menjaga tekanan osmotik dan keseimbangan asam basa. Kalium menjaga tekanan osmotik dalam cairan intraseluler, dan sebagian terikat dengan protein. kalium juga membantu mengaktifkan reaksi enzim, seperti piruvat kinase yang bisa menghasilkan asam piruvat dalam proses metabolisme karbohidrat. Gejala kekurangan kalium menyebabkan pelunakan otot.

2. Memenuhi Kebutuhan Serat

Rebung memiliki kandungan serat yang cukup baik. Rebung juga kaya serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram. Kandungan serat pada rebung adalah 2,56 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran tropis lainnya. akhir-akhir ini, melalui penelitian epidermiologi telah membuktikan peran serat terhadap usus.

Kurangnya asupan serat dapat mengakibatkan timbulnya penyakit-penyakit modern ala barat, seperti penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus (kencing manis), hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol), darah tinggi (hipertensi), Hiperlipidemia (kelebihan lemak), dan kanker usus.

Rata-rata konsumsi serat pada masyarakat indonesia adalah 10,5 gram perhari. Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat indonesia baru memenuhi kebutuhan serat sekitar sepertiga dari kebutuhan ideal yang disarankan oleh kesehatan, yaitu 30 gram setiap harinya.

3. Menurunkan kolesterol

Jumlah total kandungan gula dalam rebung adalah 2,5 gram setiap 100 gram porsinya. Sementara kandungan lemak jenuh dan tak jenuhnya adalah 0,49 gram. Kedua hal ini menjadikan rebung sebagai makanan yang mampu mengurangi kadar kolesterol darah, lipid, dan menyehatkan jantung. Mengontrol kolesterol,
Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Rebung mengandung serat tinggi yang berperan penting dalam mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan teratur dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
Mencegah penyakit jantung. Rebung memiliki kandungan fitosterol dan fitonutrien, dimana kedua zat tersebut dapat menjaga fungsi jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Melawan Kanker

Adanya kandungan fitosterol di dalam rebung seperti klorofil, amilase, dan flavone membuat rebung menjadi makanan yang sempurna untuk melawan kanker. Fitonutrien pada rebung bisa menjadi antioksidan kuat, sehingga mampu mencegah dampak buruk radikal bebas pada tubuh. Hal ini dapat menurunkan risiko stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Rebung bambu juga mengandung sejumlah klorofil yang dituding dapat mencegah mutasi sel.

6. Menyehatkan Pencernaan

Makan rebung mampu menyembuhkan beberapa masalah pencernaan seperti gastroenteritis dan diare. Selain itu, rebung juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati cacin Menurunkan tekanan darah
Karena rebung tinggi akan kandungan kalium di dalamnya maka mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal. Makan rebung juga dikenal dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan penyakit mental.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rebung kaya akan vitamin seperti vitamin B6, vitamin E, vitamin A, niasin, riboflavin, thiamine, dan asam folat. Rebung juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, seng, natrium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi. Semua nutrisi ini tentunya penting untuk peningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan Berat Badan dan Tekanan Darah

Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah. Rebung memiliki kandungan kalori yang rendah namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Selain itu rebung juga kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda cepat kenyang ketika mengonsumsinya.

9. Mengobati Masalah Pernapasan

Rebung mengandung sumber protein yang baik dan asam amino. Sehingga rebung bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pernapasan seperti hidung tersumbat, batuk, dan pilek.

10. Menyembuhkan Bisul dan Luka

Menurut penelitian kesehatan terbaru, rebung memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik di dalamnya yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan bisu.

11. Melancarkan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi Anda sering tidak lancar? Cobalah untuk akan rebung. Sebab rebung memiliki bahan alami yang mampu memperlancar siklus menstruasi dan mengurangi nyeri.

12. Menginduksi Persalinan

Rebung termasuk dalam tanaman uterotonika yang dapat meningkatkan kontrasi rahim untuk memperlancar proses kelahiran.

Manfaat Rebung Untuk Ibu Hamil

Ada mitos yang tersebar dalam masyarakat bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi rebung, akan melahirkan bayi yang banyak bulu di seluruh tubuhnya. Bagi Anda yang suka rebung tentu akan berpikir dua kali untuk mengkonsumsinya saat hamil. Benarkah mitos ini, dan bolehkan orang hamil mengkonsumsi rebung?, yuk simak.

Mitos tersebut tidak benar. Pada umumnya khasiat rebung sangat baik untuk kesehatan, Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein dan banyak jenis asam amino yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh. Nah, jadi ibu hamil boleh untuk mengkonsumsinya.

Inilah manfaat rebung jika dikonsumsi ibu hamil, antara lain:

  1. Melancarkan kinerja pencernaan. Dengan mengkonsumsi rebung akan membuat kinerja pencernaan menjadi lebih baik dan sehat. Hal ini karena pada rebung terdapat serat yang tinggi.
  2. Mencegah kanker. Rebung memiliki antioksidan yang tinggi, dengan makan rebung akan menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel yang rusak dan lumpuh akibat radikal bebas di dalam tubuh. Maka dengan mengkonsumsi rebung mampu mencegah ibu hamil terkena penyakit kanker.
  3. Mencegah Serangan Jantung. Jangan sepelekan rebung, kandungan asam phenolic mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Pada pengobatan tradisional Khasiat rebung  diyakini dapat dipergunakan untuk mengobati penyakit sirosis hati. Demikianlah manfaat rebung bagi kesehatan tubuh, Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Ragam Khasiat Dan Manfaat Sawi Hijau Bagi Kesehatan

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *