Inilah 6 Manfaat Sakit Bagi Seorang Muslim Dalam Pandangan Islam

Ketahuilah wahai kaum muslimin bahwa sakit merupakan musibah yang diberikan pada kita sebagai ujian. Ujian sakit menurut islam yaitu, apakah kita akan sadar atau malah sebaliknya. Kita bisa mengatakan bahwa sakit adalah ujian sebagai penguji iman kita.

Loading...

Menyikapi sakit dalam islam, Bisakah kita menerimannya dengan ikhlas dan rela untuk mengharap ridha Allah Swt semata, dan mengharapkan imbalan pahala yang besar. Atau sebaliknya dengan tidak rela dengan tidak ikhlas menerimanya dengan akibat tidak mendapat pahala, kesembuhan dan ridha dari Allah Swt.

Allah yang memberimu kesembuhan, dan bahwa keyakinan seorang muslim terhadap penyakit itu berbeda dengan keyakinan orang-orang barat, yang kadang meyakini bahwa suatu penyakit itu, tidak ada obatnya. Ini adalah aqidah yang bertentangan dengan kita umat muslim.

Rasulullah Saw. bersabda:“Sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan penyakit, melainkan Allah juga menurunkan obatnya. Dalam hadits lain Rasul bersabda:“Sesungguhnya Dzat yang menurunkan penyakit pasti menurunkan obatnya.”

Dalam hadits tentang sakit lainnya, Dia Bersabda:“Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk sesuatu penyakit, maka akan sembuhlah penyakit itu, dengan izin Allah (HR Muslim).

Loading...

Manfaat sakit bagi seorang muslim

Nabi juga dalam sabdanya:” Tidak Allah Swt. menurunkan penyakit, melainkan Allah pasti juga menurunkan obatnya. Hal itu diketahui oleh orang yang mengetahui dan tidak diketahui oleh orang yang tidak mengetahui.”

Hikmah Sakit Bagi Muslim

Hikmah dibalik sakit dalam hadits-hadits, mengandung makna kabar yang menggembirakan dari rasulullah Saw. Bahwa sesungguhnya Allahlah yang menurunkan penyakit, siapakah Allah Swt? Allah adalah Ar-Rahman yang berarti yang maha penyayang bagi umat-Nya dan Ar-Rahim yang maha pengasih bagi orang-orang yang lemah.

Hikmah sakit bagi penderita, Allah tidak ingin mengazab hamba-Nya. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang sakit, Bahwa Anda yang sedang sakit akan mendapat rahmat dan keadilannya. Sesungguhnya Allah Swt. menurunkan penyakit kepadamu, supaya kamu lebih dekat pada-Nya. itulah manfaat sakit bagi seorang muslim.

Dia menurunkan penyakit kepadamu, bukan untuk menyiksamu. Dia menimpakan penyakit karena untuk mensucikanmu dan memilihmu, bukan untuk mengusirmu. Kamu telah menjadi teladan yang baik dari para nabi dan pengikutnya dalam hal itu.

Setiap penyakit itu ada obatnya, ada penyembuhnya. tidak ada penyakit di muka bumi ini, sejak dulu maupun sekarang, yang tampak atau pun tidak tampak, kecuali ada penyembuhnya dan obatnya.

Hal tersebut menurut wahyu bukan dari hawa nafsu. Dan rasulullah Saw telah mewariskan beberapa metode pengobatan untuk penyembuhan suatu penyakit, sebagai obat yang manjur. Hanya kitanya mau untuk mencari tahu, menemukan, mencari dan mengetahui hadits-hadits tentang pengobatan Rasulullah. Dengan hal tersebut, jelaslah hikmah sakit menurut islam adalah supaya kita menelaah, mencari dan mengetahui ajaran pengobatan yang telah rasulullah ajarkan dan wariskan.

6 Manfaat Sakit Bagi Seorang Muslim

Berikut adalah beberapa manfaat dan hikmah sakit dalam al quran bagi seorang muslim yang sedang mengalami suatu penyakit antara lain:

1. untuk mensucikan diri dari berbagai dosa

Dari Umamah ra, dari rasulullah Saw, beliau bersabda:” Tidak ada seorang hamba pun yang ditimpa ujian suatu penyakit, kecuali Allah akan menyembuhkannya dalam keadaan bersih dari dosa.”

Nabi juga bersabda: Tidak ada seorang muslim pun yang ditimpa penyakit, melainkan Allah Swt akan menghapusnya keburukan-keburukan pada dirinya, sebagaimana pohon yang melepaskan daun-daunnya.”

Baca juga: Pengertian Ruqyah Dan Tata Cara Ruqyah Yang Benar

Dalam penyakit Abu bakar ra.  pernah bertanya kepada Rasulullah, dan Beliau menjelaskan keutamaan sakit dan manfaatnya. Beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah mengapuni dosa-dosamu wahai abu bakr, bukankah kamu pernah sakit? bukankah kamu pernah merasa payah?, bukankah kamu pernah merasa sedih?, bukankah kamu pernah tertimpa musibah?”Abu bakr menjawab” benar wahai Rasulullah.” kemudian Beliau bersabda,”Engkau diberi pahala karenanya.” jelaslah dengan hadits diatas selain mensucikan diri dari dosa, manfaat sakit bagi seorang muslim adalah akan mendapat pahala.

Nabi juga Bersabda:

” Apa saja yang menimpa orang muslim berupa, kelelahan, penyakit yang terus menerus, rasa gundah, sedih, sakit, murung, sampai duri yang mengenainya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosanya karena itu.”

Jika karena terkena duri yang merupakan sakit ringan, bisa menyebabkan kita mendapat menghapuskan dosa kita, maka untuk penyakit-penyakit yang parah dari itu, maka tentu akan lebih bisa menghapus berbagai dosa. Ini adalah petunjuk agama yang lurus. Jika agama memperhatikan hal hal yang sekecil itu, maka tentunya juga akan memperhatikan hal-hal yang berada di atasnya.

2. Pahala Ibadah Orang Yang Sakit Sama Pahala Ibadahnya Dengan Orang Yang Sehat

Dalam islam mengajarkan ibadah yang dilakukan oleh orang yang sedang sakit. Dalam sholat jika karena sakit ia tak mampu berdiri maka boleh dengan duduk, Jika ia tak mampu dengan duduk maka dengan tidur terbaring.

Seandainya dengan terbaring ia tak mampu, maka bisa dengan mengedipkan mata. Hal tersebut tidak mengurangi nilai pahalanya. Dengan melakukan ibadah cara tersebut tidak membedakan pahala antara melakukan sholat dengan pada umumnya dengan cara pada orang sakit.

3. Mengigatkan Seseorang Dari Kelalaian

Saat Kita sakit maka akan selalu ingat pada Allah, menyebutnya, memohon dan meminta kesembuhan. Dengan hal tersebut kita akan lebih mengingat Allah. Mungkin saat sehat kita sedikit Melupakannya, dengan jalan sakit Allah mengingatkan kita untuk mengingat-Nya kembali.

Selain itu saat kita mengalami sakit, kita tentu akan mengingat kematian. Hal yang paling susah untuk kita mengingat kematian, saat kita sehat, serba kecukupan dan lain sebagainya, Maka dengan sakit Allah mengingatkan kita untuk tidak melalaikan kematian.

Manfaat selanjutnya adalah menambah rasa syukur,kita sering melalaikan bersyukur atas kesehatan yang Allah Swt. Berikan kepada kita. Dengan sakit maka akan memetik hikmahnya yaitu, harus selalu mensyukuri nikmat sehat.

Baca juga: Berobat Dengan Doa Untuk Kesembuhan Dan Kesehatan

4. Menandakan Allah Sayang Kepada Kita

Berapa banyak orang yang lalai saat mereka sehat, berapa orang yang bersyukur atas nikmat sehat. Sehat kadang melalaikan kita akan arti bersyukur pada kesehatan. Sehat juga biasa melupakan kita untuk selalu tunduk, berdoa dan mengharap senantiasa diberi kesehatan.

Betapa sering saat sehat, kesibukan menjadikan kita melalaikan sholat yang khusyuk. Betapa sering sikap kita menumpuk harta, melalaikan kewajiban terhadap sesama, tidak pernah merasakan keadaan orang miskin yang kelaparan, yang menunggu zakat dan sedekah kita untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Demi Allah, sakit itu adalah tanda sayang Allah Swt kepada kita, hadits Nabi, Bahwa Rasulullah bersabda: “Siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah Swt. akan mengujinya dengan sakit.” 

Dalam Hadits lain, Nabi bersabda:“Sesungguhnya jika Allah Swt, mencintai suatu kaum, maka Alla akan mengujinya.”

5. Mengingatkan Nikmat Sehat

Saat kita sehat sering kita tidak menggunakan waktu berharga kita untuk ketaatan kepada Allah Swt. Namun, apabila sakit datang, sehingga menyulitkan kita untuk melakukan amal shalih dan ketaatan. Kita baru merasa menyesal, kita berazam akan  melakukan amal shalih dan ketaatan ketika sehat. Dan hal ini menjadikan kita sadar akan nikmat sehat.

6. Menguatkan Persaudaraan

hikmah dan manfaat sakit bagi seorang muslim sangat banyak. Namun hanya sebagian kecil saja yang mampu kita ketahui, sedang yang lain kita tak bisa menyadarinya. Diantara manfaat sakit adalah menguatkan tali persaudaraan sesama muslim. Karena Allah mewajibkan umat muslim untuk saling menjenguk jika ada orang muslim yang lain sakit.

Sesungguhnya hak atas saudara kita yang muslim adalah menjenguknya. Sehingga mengunjungi orang sakit adalah wajib bagi kita. Seperti Hadits Rasulullah Saw: ” Hak muslim atas muslim yang lainnya ada lima: menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan yang bersin.”

Selain hikmah memperkuat persaudaraan, bahwa doa yang mengunjungi orang yang sedang sakit adalah sebagai obat peyembuh. Demikianlah pembahasan tentang keistimewaan dan manfaat sakit bagi seorang muslim. Semoga bermanfaat dan salam sehat, Wassalamu’alaikum warromatullah.

Loading...

2 thoughts on “Inilah 6 Manfaat Sakit Bagi Seorang Muslim Dalam Pandangan Islam”

  1. Ketika sakit pun kita harus tetap bersyukur, itulah kenapa kita sebagai muslim yang taat perlu mengetahui manfaat sakit.

    Jazakallah khair

    Reply
    • iya bener banget mas Ahmad Fahruroji, bersyukur tidak hanya ketika kita mendapat nikmat sehat saja. Namun saat kita sakit pun harus tetap bersyukur karena ada hikmah yang luar biasa dengan sakit yang kita alami. Tentu dengan penuh Keihlasan dan kerelaan maka Ridha Allah Swt. akan kita raih, Amin

      Reply

Leave a Comment