Manfaat sayur kangkung

7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Diet

Manfaat kankung bagi kesehatan, kecantikan dan diet. Kangkung merupakan tanaman  dari india. Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan berbagai jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat sayur kangkung selain untuk menjaga kesehatan, juga berkhasiat mengobati penyakit dan mencegahnya. Diantara manfaat sayur kangkung adalah mengobati penyakit wasir dan masih banyak lagi.

Loading...

Khasiat kangkung untuk kesehatan dan kecantikan tersebut karena memiliki kandungan yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan kangkung adalah vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks, fosfor, kalsium, karoten, sitosterol dan zat besi. Hal tersebut bisa menyehatkan tubuh Anda. Dengan itu tidak ada salahnya untuk menjadikan kangkung menjadi salah satu menu sehat masakan Anda.

Manfaat kangkung

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Sayur kangkung mungkin tidak semenarik jenis sayuran yang lainnya namun demikian ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya. Nah, agar membuat Anda tertarik untuk makan olahan kangkung sebaiknya Anda baca beberapa manfaat kankung untuk kesehatan, kecantikan dan diet berikut ini:

1. Mengobati Wasir Dan Sembelit

Loading...

Pakar kesehatan pilipina, memasukkan kangkung ke dalam kelompok tanaman sayuran yang ajaib. Di negara itu, tanaman ini dipakai untuk menyembuhkan sembelit, dan obat bagi mereka yang sedang diet, akar kangkung juga bermanfaat untuk mengobati wasir

Baca juga: Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

2. Obat Insomnia Atau Susah Tidur

Kangkung yang disebut juga dengan water Spinach ternyata mempunyai khasiat sebagai obat alami pada penyakit sulit tidur atau insomnia. Hasilnya akan lebih efektif jika dikonsumsi dengan seledri dan pala. Faktanya adalah mengkonsumsi kangkung dengan mengkonsumsi kangkung menyebabkan seseorang mengantuk. Ini disebabkan pada sayur kangkung terdapat senyawa kimia Sedatif atau zat penenang.

Sedatif akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga membuat lebih mengantuk. Namun hal ini tidak berlaku pada semua orang, karena setiap orang membutuhkan kadar senyawa sedatif yang berbeda-beda untuk membuat menjadi mengantuk. Jadi ada kemungkinan seseorang masih tampak segar setelah memakan kangkung.

3. Mengobati Anemia

Manfaat sayur kangkung juga bisa mengobati anemia. kandungan zat besi pada kangkung bagus untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengalami kurang darah. Ini berlaku bagi anemia karena defisiensi atau kekurangan zat besi di dalam tubuh.

4. Menangkal Kanker dan Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin A pada kangkung sangatlah tinggi mencapai 6300 Iu. Bersifat Antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini serta menangkal penyebab kanker. Selain itu kangkung mempunyai sifat diuretik yang melancarkan buang air kecil sehingga baik bagi kesehatan ginjal

5. Kangkung Untuk Ibu hamil

Kangkung aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi kangkung wanita hamil akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Berikut pentingnya manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil:

  1. Membantu pembentukan tulang pada bagi janin
  2. Mencegah lemas dan pucat
  3. Melancarkan pencernaan ibu hamil
  4. Membantu penyerapan nutrisi

6. Kangkung Untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja. Kangkung juga memiliki manfaat untuk kecantikan Anda, dengan Anda mengkonsumsinya akan mendapatkan beberapa manfaat dan khasiat sebagai berikut:

  1. Membantu Mengurangi menstruasi atau haid yang berlebihan
  2. Mencegah penuaan dini
  3. Membantu menjaga kesehatan kulit
  4. Mencegah rambut berketombe dan gatal
  5. Menghilangkan bau badan.

7. Kangkung Untuk Diet

Nah, bagi Anda yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, kangkung bisa berkhasiat untuk diet. kangkung mempunyai peranan yang penting dalam diet. Kalori yang terkandung pada kangkung sangat rendah yang menjadikan sayuran ini menjadi pilihan tepat untuk di masukkan dalam menu diet Anda.

Kangkung selain memiliki kandungan rendah kalori, kangkung juga merupakan sumber pembakar lemak. Diet biasanya mempunyai tujuan untuk membakar lemak, selain untuk menurunkan berat badan. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda yang melakukan diet yang ingin mengurangi timbunan lemak pada tubuh untuk mengkonsumsi kangkung.

Penting dan perlu diperhatikan adalah karena kangkung sering ditanam ditepian sungai dan pada parit, hendaknya dicuci bersih sebelum menggunakannya. Bila tidak langsung dimasak, taruhlah kangkung dalam wadah yang tertutup, lalu simpan di lemari pendingin agar semua vitamin dan zat gizinya tetap terjadi dan dipertahankan.

Nah, Ternyata banyak juga manfaat sayur kangkung, bukan?, Anda berminat untuk mengkonsumsinya?. Demikianlah penjelasan tentang manfaat dan khasiat kangkung untuk kesehatan, kecantikan dan diet, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Penyakitnya

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *