Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh dan Bahaya Memakannya

Manfaat kubis untuk kesehatan tubuh dan bahayanya. Sayur kubis atau kol merupakan jenis sayuran yang banyak ditemukan seluruh wilayah indonesia. Ada banyak warna kubis antara lain kubis hijau, ungu dan merah. Ternyata kubis memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena kandungan yang kaya akan vitamin dan gizinya. Kandungan kubis. Kandungan yang terdapat pada kubis atau kol antara lain, vitamin B komplek, vitamin A, zat besi, asam folat, ripoflavin, dan kalium.

Loading...

Banyak penelitian mengungkapkan tentang manfaat kubis bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi sayuran nabati ini bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes dan membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, masih banyak khasiat dan manfaat kubis bagi kesehatan. Nah, apa saja khasiatnya?. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

manfaat kubis untuk kesehatan

Mengkonsumsi masakan sayur kubis dan menjadikannya sebagai menu makanan favorit bisa membantu menjaga kesehatan Anda. Berikut ini adalah manfaat kubis untuk kesehatan yang bisa didapatkan cukup dengan memakannya, yaitu:

1. Mencegah Sariawan

Loading...

Sariawan dan panas dalam merupakan masalah kesehatan yang semua orang pernah mengalaminya. Ternyata manfaat kubis bisa membantu mencegah sariawan. Nah, bagi Anda yang langganan terkena sariawan dan panas dalam agar tidak mengalaminya lagi maka kosumsilah kubis. Hal ini dikarenakan kubis termasuk salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin C  sehingga dapat mencegah timbulnya sariawan.

Baca juga: 10 Daftar Makanan Sehat Untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

2. Mencegah Kanker

Manfaat kubis untuk kesehatan yang lain dan yang luar biasa yaitu mampu sebagai pencegah kanker alami. Hal ini karena pada kandungan kubis terdapat kandungan senyawa sulforaphane dan Histidine kedua zat aktif tersebut mampu menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektum. yang dipercaya ampuh melawan kanker.

Kubis bisa dikatakan sebagai musuh utamanya penyakit kanker, baik itu kubis hijau, putih, brokoli, bunga kol, selada air maupun kol ungu, Hal sudah terkenal sejak zaman Hipocrates, sekitar tahun 460-377 sebelum masehi. Kandungan anti kanker lainnya adalah Glukosinolat yang mampu mengurangi resiko terserang kanker, serta menjinakkan sel-sel kanker yang abnormal.

3. Menghilangkan Racun

Mengkonsumsi kubis tidak hanya mampu melawan kanker saja. Selain itu manfaat kubis berguna juga sebagai pembuang racun dan senyawa kimia berbahaya yang ada didalam tubuh. Manfaat detok kubis ini mampu membantu membuang zat kimia jenis Kobalt, nikel dan tembaga yang berlebih didalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kubis bisa menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan pada kubis terdapat kandungan asam amino dan sulfur. Asam amino dan sulfur memiliki peranan yang baik untuk tubuh salah satunya menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Cara menurunkan kolesterol dengan tubuh bisa dilakukan dengan mudah. yaitu:

  • Pilihlah ukuran  yang sedang kemudian cuci bersih seperempat bagiannya.
  • Bilas dengan air matang danpotong-potong seperlunya.
  • Blender untuk dibuat jus dengan  ambil airnya saja.
  • Minum secara teratur setiap hari maka kolesterol tinggi akan normal kembali.

5. Perlindungan dari Terapi Radiasi

Kubis memang kaya senyawa penting yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dibuktikan dengan manfaat kubis yang dapat melindungi dari efek berbahaya dari terapi radiasi. Karena ternyata kubis memiliki diindolylmethane (DIM) yang mampu mencegah dan menangkal efek samping dan bahaya terapi radiasi tersebut.

6. Menyehatkan Jantung

Manfaat kubis berikutnya yaitu berguna untuk menunjang kesehatan jantung Anda. Kandungan Antosianin pada sayur kubis khususnya pada kubis merah memiliki khasiat dapat melindungi tubuh dari risiko kanker, juga dapat menekan peradangan yang merupakan salah satu penyebab penyakit kardiovaskular. Disamping itu, kubis memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah penumpukan platelet dan mengurangi tekanan darah.

Sebagai tambahan informasi mengenai manfaat kubis maka penting juga Anda perhatikan cara mengolah kubis dengan benar. Hal itu untuk menghindari kandungan vitamin dan senyawa penting dalam kubis tidak hilang. Berikut cara mengolah atau memasak kubis yang baik dan benar, antara lain:

  • Proses pengelolaan yang benar dari mulai mencuci, memotong serta merebusnya.
  • Memasak tidak terlalu lama.
  • mengunyah cermat atau mengunyah dengan  halus hasilnya.

Kubis memang memiliki manfaat untuk tubuh namun demikian sayur kubis ini memiliki efek samping atau bahaya. Nah, apa saja bahaya kubis pada tubuh berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dengan memakan kubis, yaitu:

  • Mengandung senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung sehingga menimbulkan rasa kembung.
  • Daunnya mengandung glukosinolat yang menjadikan rasanya agak pahit
  • jika Anda mengonsumsi jus  secara terus menerus bisa menyebabkan berkurangnya jumlah yodium dalam tubuh, sehingga berpeluang timbulnya kelenjar gondok karena kekurangan yodium, sebagai solusinya. Imbangi dengan memperbanyak makan sumber yodium seperti rumput laut atau garam.

Demikianlah manfaat kubis untuk kesehatan dan bahaya untuk Anda. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan Salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Tubuh Dan Pengobatan

Loading...

Leave a Comment