Manfaat seledri

15 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

15 manfaat seledri untuk pengobatan masalah kesehatan.  Seledri adalah jenis sayuran daun dan tanaman obat yang sangat akrab dengan para ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan. Khasiat dari daun seledri ternyata sangat banyak untuk kesehatan kita. Diantaranya  manfaat daun seledri untuk ginjal, rambut, diet menurunkan berat badan, wajah dan sangat membantu dalam penyembuhan bagi penderita hipertensi. Daun seledri sudah dikenal sejak dulu oleh bangsa mesir, yunani dan romawi. Mereka membudidaya tanaman seledri untuk keperluan pengobatan.

Loading...

Manfaat Seledri. Nama lain seledri antara lain sledri di jawa dan saledri di masyarakat sunda. Dalam kesusastraan kuno terdapat dokumen yang menyebutkan bahwa budidaya tanaman seledri saat itu digunakan oleh tabib Ayurveda kuno untuk mengobati demam, flu, penyakit pencernaan, penyakit limpa dan hati. Selain manfaat yang luar biasa, seledri juga memiliki efeksamping jika dikonsumsi berulang kali setelah dipanaskan.

Mengenal Tanaman Dan Manfaat Seledri

Tanaman seledri dapat dibudidayakan di segala tempat, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini sangat baik ditanam di tempat yang bersuhu lembab dan subur. Dapat dibudidayakan dengan biji atau dengan memindahkan anak rumpun ke media tanam seperti pot. Daun-daunnya dimanfaatkan untuk penambah aroma dalam masakan. Seledri juga bisa dijadikan untuk sayuran atau sebagai salad.

Manfaat seledri

Tumbuhan seledri digolongkan pada jenis sayuran. Di indonesia sledri banyak ditanam di daerah brastagi, sumatera utara. Sedang di jawa barat banyak dibudidayakan di cipanas, pengalengan dan pacet yang memang berhawa sejuk.

Loading...

Jenis Dan Kandungan Manfaat Seledri

Ada tiga jenis seledri, yaitu seledri daun, potongan dan berumbu. Umumnya tanaman seledri dipanen saat berumur 6 bulan. Tangkai daun yang sudah tua dipotong 1 cm di atas pangkal daun. daun yang muda dibiarkan tumbuh untuk dipanen selanjutnya. tangkai daun yang berdaging dan berair bisa dikonsumsi langsung atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Manfaat daun seledri digunakan untuk penyedap sup. Seledri yang tumbuh pada daerah tropis memiliki ukuran daun yang lebar sehingga seluruh bagian tanaman digunakan sebagai sayuran. Kandungan seledri sangat kaya akan gizi. Beberapa kandungan seledri pada per 1oo gram adalah:

  • Protein 1 gram
  • lemak 0,1 gram
  • kalori sebanyak 20 kalori
  • hidrat arang 4,6 gram
  • fosfor 40 mg
  • kalsium 50 mg
  • zat besi 1 mg
  • vitamin A 130 sl
  • vitamin B1 0,03 mg
  • vitamin C 11 mg

Selain itu seledri juga mengandung apiin, yang berkhasiat untuk menambah jumlah air kencing. Selain manfaatnya, daun seledri memiliki efek samping. Efek samping daun seledri bisa dialami jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan dan terlalu sering.

14 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

Khasiat seledri yang patut untuk kita ketahui antara lain:

1. Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi. Kandungan Phthalides Pada sayur seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah 12 sampai 14 persen. Senyawa inilah yang juga memberi rasa dan aroma yang khas pada sledri.

Seledri juga mengandung Flavonoid, yaitu Apigenin yang bermanfaat untuk anti peradangan dan bisa menurunkan hormon stres di dalam darah. Hal ini menyebabkan mengendurnya arteri dan menurunkan tekanan darah. Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi nya, yaitu dengan membuatnya menjadi sup.

2. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat daun seledri untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan pada seledri yang kaya kandungan vitamin K. Kalsium dan magnesium membantu kesehatan tulang dan gigi serta sendi. Seledri juga mengandung Poliasetilen yaitu zat anti radang yang bisa mengurangi pembekakan dan nyeri pada tulang dan sendi. Berguna pula untuk rematik dan penyakit Asam urat. Sifat deuretik yang dimiliki tanaman seledri juga mampu menghilangkan kristal asam urat dari seluruh sendi-sendi dan tulang, dan manfaat daun seledri untuk ginjal juga.

3. Menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan kecantikan

Manfaat seledri untuk menurunkan kolesterol yaitu cukup dengan mengkonsumsi 2 batang seledri setiap hari, maka akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu 7 poin. Studi laboraturium menunjukkan bahwa Phthalide dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Seledri juga membantu  meningkatkan sekresi asam empedu yang dapat menghilangkan kolesterol dari tubuh. Selain itu manfaat seledri untuk diet juga, dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur ampuh menurunkan berat badan.

4. Anti kanker.

Menurut riset yang dilakukan di sekolah Havard, Amerika,  Kegunaan seledri efektif untuk melawan kanker ovarium. Seledri mengandung beberapa senyawa sebagai anti kanker. Senyawa Phthalides dan paliasetilen membantu proses detoksifikasi zat zat pemicu kanker.

Selain itu, ada juga senyawa Kumarin yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Senyawa asetylenics dan asam fenolik juga membantu mencegah tumbuhnya sel tumor untuk berkembang menjadi lebih parah ke arah kanker. Apigenin dan Luteolin, yang terkandung dalam tanaman ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan penyakit jantung.

5. Obat penurun panas.

Manfaat seledri untuk menurunkan demam. Anda bisa dengan cara mengoleskan tumbukan daun seledri ke kepala anak yang terserang demam. Air perasan seledri mempunyai fungsi mendinginkan, yang dapat mendinginkan kepala.

6. Menyuburkan Rambut

Manfaat daun seledri untuk rambut yaitu bisa membantu menyuburkannya. Selain itu, daun seledri juga sangat efektif mencegah kerontokan rambut, meluruskan dan menghitamkan rambut. Menurut pengalaman beberapa orang dengan menggunakan air perasan daun seledri bisa menyuburkan dan menghitamkan rambut yang tidak ada efeksampingnya. Manfaat daun seledri untuk rambut ini bisa mencegah kerontokan rambut sehingga bisa mengatasi kebotakan.

7. Perawatan untuk penyakit stroke dan parkinson.

Hasil studi di cina, di Universitas Suzhou menyebutkan tentang manfaat seledri. yaitu bahwa seledri mempunyai efek positif untuk menurunkan kerusakan pada saraf yang di akibatkan oleh penyakit parkinson dan stroke.

8. Perawatan penyakit Alzeimer.

Mengkonsumsi seledri bisa memperlambat dan menghambat perkembangan penyakit alzeimer. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan di pusat studi Havard, Amerika serikat. Studi tersebut menyebutkan bahwa seledri mengandung senyawa efektif yang dapat melindungi sel saraf pada manusia.

9. Menghilangkan stres.

Kandungan natrium pada seledri berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang mengendap di sendi dan ginjal. Ia juga mengandung magnesium yang bermanfaat menghilangkan stres. Daun seledri mengandung, protein, belerang, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1 dan C. Seledri juga mengandung psoralen. yaitu, zat kimia yang mampu menghancurkan radikal bebas sebagai pemicu kanker.

10. Menurunkan resiko peradangan otak.

Dengan bertambahnya usia, manusia akan semakin berpeluang terkena resiko radang otak. Seledri mengandung luteolin yang mampu menurunkan resiko terkena peradangan pada otak. Luteolin berperan juga untuk mencegah hilangnya ingatan atau mengurangi resiko pikun akibat peradangan otak.

11. Manfaat daun seledri untuk ginjal

Sifat deuretik karena adanya kandungan kalium dan sodium pada seledri. Kedua kandungan tersebut akan merangsang produksi urine dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Manfaat daun seledri untuk ginjal karena memiliki efek deuretik yang membantu dalam mencegah dan membuang batu ginjal serta batu empedu.

12. Membantu mengatasi insomnia.

Manfaat seledri untuk mengatasi insomnia. Mineral basa atau alkali dalam tanaman seledri memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan menurunkan stres dan kecemasan. Efek ini akan sangat bermanfaat bagi para penderita insomnia atau gangguan susah tidur. Kandungan mineralnya juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan PH darah.

13. Membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.

Seledri mempunyai kandungan elektrolit yang tinggi, Dengan Anda membuatnya menjadi jus seledri  akan bermanfaat untuk kesehatan. Khasiat jus seledri antara lain, untuk minuman elektrolit yang dapat mengembalikan kondisi tubuh setelah diare.

14. Manfaat seledri untuk diet

Khasiat jus seledri untuk menurunkan berat badan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa seledri mampu melarutkan lemak dan menurunkan berat badan. Manfaat seledri untuk diet terbukti dengan cepat dan aman serta mudah melakukannya. Cukup rutin minum jus seledri 1 kali sehari

15. Manfaat daun seledri untuk wajah

Daun seledri bisa membantu Anda dalam perawatan kecantikan khususnya kulit wajah. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar seledri. Selain itu manfaat daun seledri untuk wajah ini bisa di dapatkan dengan masker wajah atau minum jus seledri. Dengan rutin melakukan perawatan tersebut maka kulit wajah menjaga kelenturan dan kencang.

Manfaat seledri sebagai Pencahar Alami dan Efek Samping Daun Seledri

Adanya kandungan serat dan air yang cukup banyak maka bermanfaat untuk pencahar alami. Seledri memiliki sifat laksatif atau pencahar. Dengan demikian bermanfaat dalam mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Minyak Seledri Berguna sebagai Aromaterapi

Seluruh bagian pada sayur seledri bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Menurut hasil penelitian di jerman dan cina pada tahun 1970 dan 1980, pada minyak seledri mempunyai khasiat yang baik untuk obat pada sistem saraf pusat. Selain itu minyak seledri berkhasiat menenangkan pada saraf dan banyak digunakan sebagai  aromaterapi.

Efek Samping Daun Seledri

Daun seledri memang banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan karena kaya nutrisinya. Namun mengkonsumsi daun seledri juga bisa berbahaya jika dimakan terlalu sering dalam jumlah yang berlebihan dan ketika masakan daun seledri dipanaskan ulang. Jadi sangat dianjurkan untuk tidak memanaskan masakan daun seledri untuk dikonsumsi kembali. Hal ini dikarenakan karena kandungan nitrat daun seledri jika dipanaskan ulang akan berubah menjadi nitrit yang bisa menjadi penyebab kanker (karsinogen).

Demikian Beberapa manfaat seledri bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Seledri : Manfaat dan Khasiatnya Untuk Wajah Rambut dan Berat Badan

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Comments

    Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan berikut artikel yang terkait tersebut di MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    Santoso wiadji

    ( - )

    Ternyata seledri sangat kaya manfaatnya, saya penderita stroke dengan pantang makanan yang mengandung minyak2 tapi setelah minum juice daun seledri tensi saya menjadi turun drastis, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *