Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan Menurut Islam

Manfaat tanaman adas sangatlah beragam, karena inilah tanaman ini banyak dibudidayakan khususnya di Indonesia. Adas merupakan jenis tanaman yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Loading...

Kandungan nutrisi pada tanaman adas dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan tubuh dan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman adas merupakan tanaman rakyat yang setiap orang mengetahuinya, begitu banyak manfaat dan khasiat medisnya. Tanaman adas memiliki bunga-bunga yang kecil berwarna ungu lembayung atau violet.

Tak hanya baunya yang sangat sedap, tanaman ini juga memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut ini beberapa manfaat daun adas bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Tanaman Adas Bagi Kesehatan Menurut Islam

Kita telah mengetahui semua dengan pengingkaran kaum bani israil terhadap nikmat Allah Swt. yang telah memberikannya kepada mereka”Manna Wa Salwa”. Mereka justru mengingkarinya dan menolaknya dan meminta nabi musa as. nikmat buah yang lebih rendah darinya. Allah telah memuliakan Tanaman adas dalam Alqur’an.

Loading...

Manfaat tanaman adas bagi kesehatan

“Dan ingatlah ketika kalian berkata,”Wahai musa, kami tidak bisa bersabar dengan satu macan makanan saja, sebab itu mohonkan untuk kami kepadaTuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi, yaitu sayur mayur, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.” Musa berkata,”Apakah kalian mau mengambil sesuatu yang lebih rendah sebagai pengganti sesuatu yang lebih baik?, Pergilah ke suatu kota, niscaya kalian akan memperoleh apa yang kalian minta.” (Albaqarah[2]:61)

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menuturkan manfaat tanaman adas bagi kesehatan dalam kitabnya At-Thibbun Nabawi, telah disebutkan juga perihal khasiat tanaman adas di dalam hadits-hadits yang semuanya bathil, didustakan atas diri Rasulullah Saw. Padahal Nabi Saw, sama sekali tidak pernah bersabda mengenai hal itu, seperti pada contoh hadits berikut.

Baca juga: Khasiat Kurma Mengkal Bagi Kesehatan Menurut Islam

bahwasannya tanaman adas itu telah disucikan 70 nabi.”, ada lagi hadits yang serupa dan tidak benar”sesungguhnya tanaman adas itu membersihkan  hati, dan meningkatkan produksi air mata, dan sesungguhnya ia berasal dari orang-orang shalih.

Manfaat Adas Bagi Kesehatan Menurut Hadis Rasulullah Saw

Adapun hadits seputar tanaman adas yang paling ringan adalah sebagai berikut” Sesungguhnya adas itu merupakan syahwatnya  bagi kaum yahudi, yang lebih diprioritaskan daripada  manna dan salwa.”

Tanaman adas adalah saudara dekatnya  bawang putih dan bawang merah. adapun sifat dan karakternya adalah feminim (kecantikan), dingin dan kering. dan Di dalamnya terdapat dua unsur pokok yang saling bertentangan, mengikat energi atau mengurai atau melepaskan energi.

Tanaman ini bersifat panas dan kering menyengat dan melegakan perut. pada tanaman adas juga ada, terdapat pula zat antioksidan, yang berpengaruh pada kesehatan karena adanya racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, wujudud aslinya akan lebih manfaat dibandingkan dari hasil olahan yang telah ditumbuk.

Tanaman adas ini ringan, mudah dicerna di dalam tubuh dan sangat kecil pengaruh efek negatifnya, akan tetapi biji tanaman adas agak sulit untuk dicerna, karena sifatnya yang dingin dan kering.

Manfaat Adas Bagi Pengobatan

Tanaman adas dapat menghasilkan air empedu dalam jumlah yang banyak dan berlebih, karena itu dapat membahayakan orang yang pembawaan jiwanya pemurung, labil, begitu pula pada syaraf-syaraf tubuh dan mata. Tanaman ini juga membuat darah menjadi pekat dan kental, oleh karena itu, jika Anda termasuk orang yang melankolis, sebaiknya hindari memakannya.

Bagi sebagian kalangan yang banyak mengkonsumsi adas berlebih dapat menimbulkan gangguan penyakit-penyakit yang berbahaya, seperti cemas berlebih, lepra atau kusta dan demam selama 4 hari.

Telah disebutkan pula tentang manfaat tanaman adas bagi kesehatan adalah, ia berkhasiat dalam mengobati penyakit sembelit, meningkatkan produksi  air kemih, melindungi gigi agar tidak berlubang dan mengobati penyakit anemia.

Manfaat tanaman adas bagi pengobatan penyakit bisul, yaitu dengan cara tanaman adas direbus dan selanjutnya ditumbuk halus, kemudian diletakkan pada bisul, maka ia akan bermanfaat membuka dan memecahkan bisul tersebut.

Tanaman adas ini sangat berbahaya bagi penderita kegemukan atau obesitas, dan orang-orang yang memiliki masalah dengan usus yang rentan terhadap penyakit.

Loading...

Leave a Comment