Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan & Kecantikan Serta Efek Sampingnya

Manfaat cengkeh untuk kesehatan & kecantikan serta efek sampingnya. Cengkeh merupakan tanaman rempah-rempah yang memiliki banyak kegunaan dan khasiat, diantaranya untuk masakan (makanan), diet, kesehatan mulut dan gigi serta masih banyak lainnya. Bagian tanaman yang biasa digunakan untuk pengobatan yaitu mulai dari daun, buah cengkeh dan akarnya. Dengan mengunyahnya atau mengoleskan minyak cengkeh saja bisa membantu penyembuhan penyakit.

Loading...

Ada banyak manfaat cengkeh untuk diantara nya dengan mengunyah cengkeh bisa menyembuhkan batuk. Atau dengan mengunyah cengkeh yang ditambahkan sedikit garam mampu mengobati sakit tenggorokan karena iritasi. Nah, untuk lebih jelasnya tentang manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan maka simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Ragam Manfaat Cengkeh Untuk Obat Tradisional

manfaat cengkeh

Tak banyak yang menyadari bahwa tanaman cengkeh mempunyai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena selama ini yang kita ketahui bahwa cengkeh hanya bisa dimanfaatkan sebagai pengharum makanan atau masakan saja. Namun lebih dari sekedar penyedap makanan, cengkeh banyak membantu kesehatan tubuh dan kecantikan kulit untuk wanita. Berikut ini ada beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

1. Untuk Sakit Gigi dan Kesehatan Mulut

Loading...

Sakit gigi dan menjaga kesehatan mulut bisa dilakukan dengan memanfaatkan cengkeh. Salah satu manfaat cengkeh untuk gigi yaitu mampu meredakan sakit gigi dengan cepat. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Selain menempelkan minyak cengkeh cara selanjutnya untuk menyembuhkan sakit gigi khususnya karena gigi berlubang yaitu dengan meletakkan kapas yang telah dibasahi minyak cengkeh pada gigi yang berlubang tersebut.

Baca juga: Cara Mengobati Maag (Luka Lambung) Secara Alami dengan Cepat

Selain itu, manfaat cengkeh untuk gigi bisa dilakukan dengan menyiapkan segenggam bunga cengkeh. Setelah disangrai. Tumbuk hingga halus kemudian taburkan pada gigi yang sakit dan lakukan hingga rasa sakit reda.

2. Menyembuhkan Salah Urat dan Otot

Menggunakan minyak cengkeh selain ampuh untuk gigi ternyata bisa digunakan juga untuk obat salah urat dan otot seperti keseleo, terkilir dan memar. Seperti diketahui cengkeh sering diambil minyaknya untuk digunakan sebagai bahan pelengkap obat gosok dan urut. Dengan mengoleskan minyak cengkeh kemudian digunakan sebagai minyak pijat dan urut mampu memulihkan urat dan otot yang terkena masalah.

3. Keperkasaan Pria

Manfaat cengkeh untuk pria ternyata mampu meningkatkan stamina dan keperkasaan. Cara yang dilakukan untuk menambah tenaga pria yaitu dengan mengkonsumsinya. Caranya Campurkan dengan takaran 1 sendok teh bubuk cengkeh dan 1 sendok teh kayu manis pada makanan dan minuman. Dengan teratur mengkonsumsi ramuan cengkeh tersebut maka pria akan semakin kuat dan perkasa.

4. Melancarkan Aliran Darah

Minum air hangat dengan tambahan bubuk cengkeh memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya yaitu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang normal dan sehat bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti stroke dan jantung. Hal ini karena cengkeh memiliki kandungan zat stimulan yang bagus untuk memperlancar sirkulasi darah. Selain itu cengkeh juga bisa mengencerkan kebekuan darah.

5. Menghilangkan Jerawat

Cengkeh memiliki manfaat untuk kulit wajah seperti untuk mengobati jerawat. Manfaat cengkeh untuk jerawat bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Caranya, Oleskan minyak cengkeh pada bagian kulit yang berjerawat. Untuk mendapatkan minyak cengkeh Anda bisa membeli di apotik atau toko obat lainnya. Minyak cengkeh memang ampuh digunakan untuk jerawat karena mengandung antimikroba  yang mampu mematikan bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya jerawat pemakaian minyak cengkeh pada kulit wajah bisa menghilangkan bekas jerawat dan membuat wajah nampak lebih putih.

6. Menurunkan Berat Badan

Diet merupakan salah satu metode yang bagus untuk menurunkan berat badan. Nah, cengkeh bisa membantu diet Anda menjadi lebih cepat. Cara diet dengan cengkeh ini mudah dilakukan yaitu dengan mencampur cengkeh dengan bahan lain yaitu  kayu manis dan mericia. Berikut cara diet menggunakan cengkeh yaitu:

  • Siapkan gelas dan masukkan bubuk cengkeh, bubuk kayu manis dan merica yang dihaluskan dengan takaran yang sama yaitu 1 sendok teh saja.
  • Seduh dengan air panas kemudian biarkan dingin atau menjadi hangat.
  • Lakukan minum 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan malam sebelum tidur.

Efek Samping Cengkeh Bagi Kesehatan dan Kulit

Dari semua manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan tersebut, cengkeh juga memiliki efek samping yang bisa Anda alami. Berikut ini efek samping jika mengkonsumsi cengkeh, antara lain:

  • Penggunaan cengkeh dapat menyebabkan alergi. Dengan mengoleskannya pada kulit pada kulit yang sensitif dapat menyebabkan alergi. Biasanya alergi kulit ini terjadi  jika menggunakan minyak cengkeh pada kulit atau pada saat seseorang mengobati gigi.
  • Penggunaan minyak cengkeh dengan kadar murni secara berlebihan bisa menimbulkan kejang, muntah, sakit tenggorokan dan bisa merusak organ hati dan ginjal.

Demikianlah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan serta efek sampingnya Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi semua dan salam sehat!!

Baca juga: 3 Cara Menurunkan Asam Urat Paling Cepat Secara Alami Tanpa Obat

Loading...

Leave a Comment