6 Manfaat Teh Basi Untuk Kulit Wajah dan Rambut Serta Cara Perawatannya

Manfaat teh basi untuk kulit wajah dan rambut serta cara perawatannya. Kebiasaan minum seduhan teh hangat memang memiliki khasiat untuk tubuh, seperti menjaga daya ingat, mencegah kanker dan masih banyak lainnya. Bahkan keadaan sudah basi atau teh basi yang nyata tak layak diminum masih berguna, khususnya untuk perawatan kulit dan kecantikan.

Loading...

Diantara manfaat teh basi untuk kulit yaitu kemampuannya mengatasi jerawat, mencerahkan kulit dan lainnya. Hal itu tidak terlepas dari kandungan pada teh basi, seperti vitamin E, vitamin C, dan tingginya anti inflamasi dan antioksidannya. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat teh basi dan apa saja manfaat teh basi tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Teh Basi dan Cara Perawatannya dengan Mudah

manfaat teh basi

Cara membuat teh basi sebenarnya seperti menyeduh teh pada umumnya dan dibiarkan dalam waktu semalaman. Ada dua cara menyeduh teh untuk dibuat teh basi, pertama membiarkan seduhan daun teh curah dan cara yang lain yaitu menggunakan teh celup. Gunakan 2 kantung teh celup bekas atau sisa seduhan ke dalam lemari es semalaman. Atau bisa juga dengan merendamnya pada air es semalam. Mudah, bukan?. Nah, setelah mengetahui cara membuat tehnya, berikut ini manfaat teh basi untuk kulit dan lainnya, yaitu:

1. Menyegarkan Kulit Wajah

Loading...

Manfaat teh basi untuk kulit wajah yaitu mampu menyejukkan atau menyegarkan kulit. Teh basi terkenal dengan sifatnya yang antiinflamasi sehingga baik membantu kulit lebih segar dan mencegah kulit kusam dan kering. Berikut ini cara menyegarkan kulit wajah dengan teh basi. Caranya, Gunakan kapas atau kain khusus wajah dan celupkan pada air teh basi yang dibiarkan semalaman. Oleskan pada wajah beberapa menit dan bilas hingga bersih.

Baca juga: 13 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Mengatasi Mata Panda

Mata panda adalah suatu keadaan dimana ada kantung mata di bawah mata dengan bentuk melingkar dan menghitam. Diantara penyebab mata panda yang paling umum yaitu kelelahan, kurang tidur atau istirahat, dehidrasi, menangis dan lainnya. Ternyata manfaat teh basi bisa digunakan untuk mengatasi mata panda tersebut. Berikut ini cara mengobati mata panda dengan teh basi. Caranya cukup mudah yaitu Gunakan kantung celup teh yang sudah dibiarkan semalaman di kulkas, Ambil dan biarkan beberapa saat agar terkena udara. Tempelkan pada kedua kelopak mata.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat teh basi bisa membuat kulit wajah lebih putih dan cerah. Hal tersebut dikarenakan teh basi memiliki antibakteri yang tinggi yang mampu membersihkan kulit wajah. Cara mencerahkan kulit wajah kusam dengan teh basi sangat mudah dilakukan yaitu dengan cukup mengoleskan teh basi dengan kapas ke seluruh wajah dan biarkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur.

4. Menghaluskan Kulit Wajah

Kulit wajah kusam dan kasar bisa diatasi dengan memanfaatkan teh basi yang telah dibiarkan semalaman. Memang manfaat teh basi untuk kulit selain mampu mencerahkan juga bisa untuk menghaluskan kulit wajah. Cara menghaluskan kulit wajah dengan teh basi yaitu dengan mengoleskan air teh basi dengan kapas dan diamkan beberapa menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini teratur pada pagi hari setelah bangun tidur.

5. Membuat Rambut Sehat

Selain kegunaannya untuk kulit wajah, teh basi bisa digunakan untuk rambut juga. Manfaat teh basi untuk rambut antara lain, mencegah kekusaman rambut, mengatasi rambut rontok dan menghilangkan ketombe. Cara menggunakan teh basi untuk rambut tidak ribet yaitu dengan mengoles air teh basi ke seluruh rambut serta kulit kepala, diamkan beberapa menit dan bilas. Hal tersebut sama persis dengan pemakaian masker rambut.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat teh basi yang tak kalah pentingnya yaitu mampu membantu menyamarkan bekas hitam karena jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan teh basi terbilang cukup mujarab namun perlu dilakukan berulang ulang. Caranya, oleskan teh basi pada kulit wajah yang terdapat bekas jerawat yang hitam dengan kapas. Biarkan semalaman dan pagi baru bilas dengan air hingga bersih. Lakukan rutin setiap malam selama 7 hari berturut-turut maka bekas hitam karena jerawat berangsur-angsur hilang.

Demikianlah manfaat teh basi untuk kulit wajah dan kecantikan serta caranya. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Minum Teh Hijau yang Benar Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Loading...

Leave a Comment