13 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan. Teh hijau (green tea) adalah teh yang dibuat dari tanaman teh (camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan. Teh hijau memiliki banyak manfaat untuk tubuh yaitu meningkatkan kesehatan dan bisa membantu dalam perawatan kecantikan. Selain itu, manfaat teh hijau bisa untuk diet yang membantu menurunkan berat badan secara cepat dan alami.

Loading...

Teh hijau sudah banyak dikenal di masyarakat indonesia. Namun untuk meminumnya menjadi minuman sehari-hari bukan hal yang biasa dilakukan. Kebanyakan orang biasa memulai harinya dengan minum kopi yang dipercaya mampu menambah energi dan menyegarkan. Kini saatnya Anda mengganti minum kopiĀ  dengan mengonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan kafein yang sama namun lebih menyehatkan. Untuk mendapatkan teh hijau juga sangat mudah, banyak produk teh hijau di pasaran yang dijual bebas seperti supermarket, indomaret, dan alfamart dan apotek juga menjualnya. Mereka jual teh hijau dalam bentuk kemasan celup sehingga mudah untuk membuatnya. Harga untuk teh hijau ini pun cukup terjangkau.

Manfaat teh hijau terbukti ampuh bagi kesehatan seperti membantu membakar lemak dan meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu penting mengkonsumsi teh hijau minimal setelah sarapan pagi . Dan berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba minum teh hijau dan meruttinkannya.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa teh hijau memiliki kandungan yang bisa membuat sehat bagi peminumnya. Kandungan flavonoid ,vitamin E dan vitamin C pada teh hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas.

manfaat teh hijau

Loading...

Berikut ini adalah manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Membakar Lemak

Penelitian mengungkapkan bahwa manfaat teh hijau ampuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan katekin di dalamnya bisa membantu pembakaran lemak secara cepat. Sejumlah laporan menunjukkan ekstrak teh hijau mempunyai kualitas yang mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membantu membakar lemak secara alami.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Orang yang biasa minum teh hijau secara teratur ternyata memiliki stamina yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya. Oleh karena itu, membiasakan minum secangkir teh hijau saat sarapan akan membuat tubuh akan lebih berenergi.

3. Meningkatkan Imunitas

Manfaat teh hijau untuk menambah daya tahan tubuh atau kekebalan terhadap serangan penyakit. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan alergi berkepanjangan, Anda bisa mencoba minum teh hijau setiap pagi. Hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengatasi alergi yang dialami. Banyak bukti yang sudah dialami, mereka yang memiliki alergi bisa teratasi dengan minum teh hijau.

4. Mencegah Sel Kanker

Kandungan senyawa alami pada teh hijau mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel-sel tubuh yang sudah rusak. Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak teh hijau mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghancurkan sel-sel lain tanpa merusak sel yang normal dan sehat.

5. Meningkatkan Memori

Manfaat teh hijau bisa membantu Anda untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini tentu akan membantu seseorang yang memiliki masalah dengan daya ingat, seperti suka lupa sesuatu. Apakah Anda termasuk orang yang suka lupa?. Minum teh hijau pada pagi hari akan mengatasi sering lupa Anda.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat yang penting pada teh hijau yaitu mampu menurunkan kemungkinan terkena bahaya penyakit jantung. Hasil penelitian mengatakan mengonsumsi teh hijau setiap pagi secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, yaitu sebesar 46 persen hingga 65 persen. Hal ini ditemukan pada kandungan teh hijau bahwa antioksidan kimia dalam teh ini adalah sebagai alasannya, yang berhubungan dengan penurunan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh Hijau (green tea) Menurunkan Berat Badan Secara Alami. Teh hijau atau green coffee mempunyai khasiat menurunkan berat badan, khasiat yang sama yang terdapat pada kopi hijau atau green coffee, minum secangkir teh hijau untuk dijadikan minuman pengganti kopi akan mendapatkan keuntungan ganda, Anda masih bisa menikmati Kesegaran teh yang menyehatkan dan mendapatkan berat badan ideal.

Teh hijau bisa dibuat sendiri dan proses pembuatan atau cara menyeduh Teh hijau yang benar untuk menurunkan berat badan terbilang mudah. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membacanya pada artikel sebelumnya dibawah ini

Baca juga: Cara Membuat Teh Hijau Sendiri yang Baik dan Benar Untuk Diet

Manfaat teh hijau untuk diet bisa Anda dapatkan dengan membelinya, Jika tak mau repot.Dimana beli Produk teh hijau?. Untuk merk teh hijau sendiri sangat banyak jumlahnya di pasaran. Diantara merk yang yang bagus yaitu teh hijau tong tji, teh hijau kepala jenggot dan teh hijau matcha sebagai merk terbaik saat ini. Untuk harga teh tersebut berfariasi dari mulai yang sedang sampai yang mahal. Produk teh hijau yang dipasaran pada umumnya berbentuk sachet atau teh celup sehingga Anda bisa dengan mudah untuk menyajikannya dan proses pembuatannya pun menjadi lebih mudah.

Apa itu teh hijau?. teh hijau adalah daun teh dari urutan daun termuda atau daun pucuk teh yang diproses dengan cara dengan pengolahan daun teh secara khusus. Teh hijau curah juga banyak dijual di pasaran, jika Anda ingin membuat teh hijau sendiri di rumah maka Anda perlu membeli teh hijau curah baik berbentuk daun kering atau pun bubuk teh. Manfaat teh hijau dalam membantu diet untuk menurunkan berat badan tidak kalah dengan manfaat kopi hijau atau produk green coffee ekstrak. Hanya saja peminatnya untuk sekarang ini lebih banyak ke kopi hijau karena lagi populer dan lebih trend.

Menurunkan berat badan dengan teh hijau lebih mudah, cukup mengkonsumsi sehari dua kali pagi dan sore secara rutin, maka hasilnya pun nyata, bagi Anda yang sudah mencoba bermacam-macam cara untuk menurunkan berat badan namun belum berhasil, minum teh hijau bisa jadi pilihan jitu. Banyak testimoni yang merekomendasikan pemakaian teh hijau untuk diet.Namun perlu diperhatikan aturan dan cara minum yang benar.

Dengan mengkonsumsi teh hijau dengan benar akan menghindari risiko efek samping teh hijau. Hal ini karena selain manfaat teh hijau baik untuk kesehatan dengan mengkonsumsinya berlebihan atau lebih dari takaran akan menimbulkan efek samping. Diantaranya bisa menyebabkan dehidrasi dan gangguan pada pencernaan, dan lainnya. Berikut ini adalah cara minum teh hijau yang baik dan benar untuk diet dan menghindari efek samping dari teh hijau tersebut.

Baca juga: Cara Minum Teh Hijau yang Benar Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Ada rahasia manfaat teh hijau selain bermanfaat untuk kesehatan yaitu dapat meningkatkan kecantikan khususnya pada kulit. Wanita mana yang tak ingin memiliki kulit putih, sehat bercahaya dan terlihat kencang. Salah satu rahasianya adalah dengan minum teh hijau untuk perawatan kulit. Berikut ini Manfaat teh hijau untuk kecantikan wajah, yaitu:

1. Anti Penuaan

Kandungan nutrisi dan enzim pada teh hijau dapat mengurangi produksi radikal bebas di kulit, yang merupakan pemicu munculnya tanda-tanda awal penuaan dini. Anda bisa menggunakan teh hijau untuk dikonsumsi sebagai anti penuaan kulit, yaitu dengan minum 2 cangkir teh hijau setiap hari.

2. Obat Jerawat

Teh hijau juga bisa membantu mengatasi jerawat. Manfaat teh hijau untuk jerawat ini dikarenakan kandungan catechin, antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Cara mudah menghilangkan jerawat dengan teh hijau, yaitu dengan mengoleskan sisa seduhan tehnya ke wajah. Diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas menggunakan air.

3. Pelindung Kulit Dari Sinar Matahari

manfaat teh hijau dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan menetralkannya. Hal ini karena pada teh hijau memiliki kandungan tanin di dalamnya. Minum teh hijau pada pagi hari akan melindungi kulit Anda dari pengaruh sinar matahari saat diluar ruangan.

4. Mencerahkan Kulit

Teh hijau memiliki khasiat untuk Scrubbing yaitu mengangkat atau mengelupaskan sel-sel kulit mati pada kulit. Cara menghilangkan sel kulit mati dengan teh hijau, yaitu dengan mengoleskan teh hijau dengan mencampur madu pada wajah akan mencerahkan kulit wajah Anda. lakukan seminggu sekali untuk perawatan kulit wajah.

5. Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat teh hijau untuk mengobati mata bengkak. Cara mengatasi mata bengkak dengan teh hijau sangat mudah untuk Anda lakukan. Caranya, letakkan 2 kantung teh hijau di lemari es semalaman. Pagi harinya, letakkan kantung teh hijau tersebut pada kedua mata selama beberapa menit. Maka mata Anda akan kembali ke bentuk semula dan segar. Kafein dan suhu dingin pada kantung teh tersebut dinilai mampu mengatasi mata bengkak dengan cepat secara alami.

6. Toner

Teh hijau juga bisa untuk mengecilkan pori-pori yang besar dan selalu tersumbat. Mengecilkan pori-pori dengan teh hijau yaitu dengan menggunakan toner yang mengandung teh hijau. Anda bisa membelinya di toko terdekat atau apotek di sekitar Anda.

7. Rambut Berkilau

Selain sangat bagus untuk kesehatan kulit, ternyata manfaat teh hijau berguna untuk kesehatan rambut juga. Kandungan vitamin E pada teh hijau dapat melembutkan rambut serta melindungi rambut dari pengaruh polusi dan melindunginya dari panas matahari yang merusak. Cara membuat rambut berkilau dengan teh hijau sangat gampang. Caranya Anda cukup membilas rambut menggunakan seduhan teh hijau ketika selesai keramas. Demikianlah manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini menambah pengetahuan tentang teh hijau dan bermanfaat. Salam sehat!!

Baca juga: Teh Hijau Untuk Diet dan Aturan Cara Meminumnya yang Benar

Loading...

Leave a Comment