Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak

Jangan anggap sepele tidur siang, karena faktanya tidur siang mempunyai pengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang anak. Ternyata manfaat tidur siang bagi anak anak sangat banyak. Sama seperti pada orang dewasa, tidur merupakan aktivitas tubuh yang harus dipenuhi untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Dengan tidur maka sebagian besar organ tubuh beristirahat dan hal ini akan membuat tubuh bugar kembali.

Loading...

Selain itu, manfaat tidur siang bagi anak bisa meningkatkan kedekatan anak dan orangtua. Kebutuhan tidur siang anak berbeda-beda. Menurut penelitian, bahwa pola tidur anak ditentukan oleh banyak faktor, mulai faktor bawaan, faktor aktivitas anak, minat, tempramen dan lain sebagainya.

Secara garis besar, bayi yang baru lahir menghabiskan 70 persen waktunya untuk tidur. Ia bangun hanya untuk makan dalam hal ini minum susu. Manfaat tidur siang bagi anak khususnya pada bayi, adalah untuk membangun fisik dan mentalnya.  Di usia satu tahun, anak mulai bisa tidur malam sampai pagi tidak bangun. Di usia ini juga mulai ada tidur siang sampai 2 kali. menginjak usia dua tahun, anak hanya butuh waktu istirahat satu sampai dua kali, sampai usia sekolah. Nah, di masa sekolah, anak butuh 12 jam untuk tidur.

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

manfaat tidur siang bagi anak
Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Havard University mengemukakan bahwa anak yang tidur siang secara rutin dan teratur akan mengalami pertumbuhan yang optimal di bandingkan dengan anak yang melewatkan tidur siang mereka. Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk bisa mengarahkan atau membujuk mereka untuk tidur, masalah muncul ketika anak-anak mulai menyukai atau gemar bermain. Mereka cenderung enggan untuk melakukan tidur siang karena dianggap mengganggu waktu bermain mereka. Pada saat inilah peranan ibu sangat dibutuhkan, yaitu untuk pandai membujuk anaknya supaya tidur.

Kebutuhan tidur siang tergantung pada kebutuhan masing-masing anak. Ada anak yang tidur siangnya hanya sebentar dan ada pula yang tidur siangnya lama. Berikut ini, manfaat-manfaat tidur siang bagi anak ,yaitu:

Loading...

1. Mendapatkan Energi

Dari segi fisik adalah memberi kesempatan tubuh untuk mendapatkan energi baru yang penting untuk perkembangan. Apalagi untuk anak balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka sedang banyak gerak dan butuh banyak energi. dan itu bisa diperoleh saat tidur.

2. Mengajarkan Disiplin

Tidur siang  anak, memungkinkan orangtua mempunyai waktu untuk berbagi dengan anak, termasuk mengajarkan cara mengelola waktu. Ini arahnya nanti ke soal disiplin atau aturan, dengan menunjukkan waktu untuk istirahat.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Perubahan-perubahan pola tidur mempunyai dampak yang kurang baik bagi perkembangan anak. Anak jadi tidak belajar mengelola waktunya secara konsisten. Kapan waktunya untuk ini dan kapan waktunya untuk hal itu.kalau tidak aturan seperti itu, maka kegiatan yang lain pun akan terganggu. Manfaat tidur siang bagi anak adalah mengarahkan anak untuk belajar disiplin. Kalau kita sudah bisa mengajarkan dan menerapkan aturan secara konsisten, kedepannya anak akan lebih bisa disiplin terhadap waktu, terhadap aturan dan lain sebagainya.

3. Memberi Asupan Energi

Bagaimana dengan anak yang tidak tidur siang?, Efek anak tidak tidur siang secara fisik tentu akan lebih lemah, karena tubuh anak sedang butuh asupan energi, hal itu hanya diperoleh dari manfaat tidur siang. Jika anak tidak tidur siang, orangtua tentu harus memberikan sesuatu kepada anak untuk mengisi waktu. kalau tidak, apa yang dilakukan, padahal, kalau sedang capek, anak biasanya malah akan rewel.

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anak

1. Lebih Ceria Dan Bahagia

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental, peran tidur siang pada anak merupakan hal yang sangat penting. Anak yang melewatkan tidur siang atau bahkan tidak pernah tidur pada siang hari, berpeluang besar mengalami stres. Hal ini karena anak merasa capek, saat capek melakukan banyak aktivitas tubuh, mereka akan selalu rewel. Keceriaan dan rasa bahagia anak seperti tidak terlihat padanya.

2. Istirahatkan Tubuh

Pada anak-anak bermain adalah rutinitas setiap hari, mereka berlari, lompat dan melakukan banyak kegiatan fisik lainnya, hal ini menjadikan kelelahan. Tidak hanya fisik saja yang mengalami kelelahan, karena organ lain juga sangat aktif pada anak-anak. Nah, dengan mereka tidur siang maka mengistirahatkan tubuh mereka, rasa capek akan hilang. Saat mereka bangun, tubuh kembali segar dan fit kembali.

Ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi anak, diantaranya:

  • Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental anak
  • Meningkatkan memori otak
  • Menjaga kesehatan sehingga anak tidak mudah sakit
  • Mencegah penyakit serius seperti jantung dan diabetes

Cara Mengatur Tidur Anak

Semakin dewasa kebutuhan tidur anak menjadi berkurang. Sampai kapan anak harus tidur siang, tidak bisa ditentukan. Tergantung masing-masing anak. belum lagi ditambah dengan kebiasaan. Ada kan, orang yang kalau tidak tidur siang, rasanya lemas. Jadi dalam hal ini, tidak ada patokan, berapa kebutuhan anak untuk tidur siang.

Orangtua lah yang harus memperhatikan kebutuhan tidur anak, dan setelah itu mengatur waktunya. Kalau anak tidak mau tidur siang, maka jangan paksakan. cara untuk mengetahui kebutuhan tidur siang anak, adalah dengan melakukan observasi. Misalnya, anak tidur siang sekian jam, setelah itu dilihat, apakah tingkah lakunya menjadi lebih baik atau malah menjadi rewel.

Sementara sekarang orangtua biasanya cuma memberikan jadwal ke pengasuh anak dan anak mengikuti saja jadwal itu, tanpa hak suara. Di sini sangat penting membicarakan jadwal tidur dengan anak, tentu kalau anak sudah agak besar. Misalnya pada usia pra sekolah. lihat juga, kalau misalnya tidur siang setengah jam terlihat belum cukup, tambahkan waktu tidurnya. Dan disarankan tetap melakukan dialog. misalnya masih capek, ya? ya udah,tidur lagi ya? intinya, bicarakan dengan anak, meski hanya untuk mengatur soal waktu tidur siang.

Demikianlah bahasan tentang manfaat tidur siang bagi anak dan pentingnya kebutuhan tidur pada anak, semoga bermanfaat bagi Anda dan salam sehat!!

Baca juga: Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

Loading...

Leave a Comment