Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Kulit Dan Wajah

Manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh kulit dan wajah. Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat vitamin E bagi kesehatan antara lain, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kanker, dan lain sebagainya. Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin E sendiri. Makanya untuk mendapatkan asupan vitamin E harus mencari dari luar, seperti dengan mengonsumsi buah-buahan dan lainnya.

Loading...

Vitamin E harus memenuhi kadar atau dosis untuk mencukupi kebutuhan harian yang dianjurkan yaitu sekitar 7 mg. Kekurangan vitamin E bisa dilihat dari penyembuhan terhadap luka yang lamban. Begitu juga dengan kelebihan vitamin E akan mendatangkan masalah antara lain meningkatnya asam lambung, lemah otot, sakit kepala dan cepat letih dan lelah.

Kesimpulannya dengan kita memenuhi asupan vitamin E setiap harinya, maka akan memperoleh manfaat vitamin E yaitu mempercepat kesembuhan luka, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, menambah tenaga dan meningkatkan stamina. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E antara lain minyak kedelai, minyak biji gandum, minyak zaitun, kacang-kacangan, buncis, asparagus, pisang stroberi, minyak jagung, selada, dan sayuran hijau.

Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh

Manfaat vitamin E untuk tubuh

Ada banyak vitamin E bagi tubuh tubuh manusia, diantaranya sebagai antioksidan, membantu proses penyembuhan, dan mencegah timbulnya bekas luka, melindungi membran sel dan menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah.

Loading...

Manfaat vitamin E untuk tubuh lainnya adalah meningkatkan kesehatan organ tubuh seperti mata, kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin E juga membantu kerja tubuh untuk beraktifitas secara normal. Saat ini banyak produk yang menyediakan kandungan vitamin E dalam banyak jenis dan bentuk, seperti sirup, kapsul dan tablet yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Manfaat vitamin E memiliki peranan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sehingga dapat mencegah serangan berbagai radikal bebas dan penyakit dan membantu tubuh tetap bugar dan terjaga kesehatan tubuh.

Manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh secara lengkap adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Penyakit Stroke Dan Jantung

Vitamin E berguna sebagai pengencer darah yang beredar dan dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan itu, vitamin E bisa mencegah terjadinya flak pada dinding arteri. Penumpukan flak tersebut adalah penyebab dari penyakit stroke dan penyakit jantung.

2. Mencegah Osteoarthritis

Manfaat vitamin E bagi tubuh lainnya adalah mampu mencegah dan meringankan masalah kesehatan, yaitu osteoarthritis. Hal ini menjadikan vitamin E bisa meredakan nyeri rematik. Vitamin E juga berguna membantu meningkatkan pergerakan atau mobilitas sendi-sendi tulang serta dapat menurunkan risiko terkena penyakit asam urat.

3. Menghilangkan Kram Saat Haid

Kram perut sering dialami oleh wanita yang sedang menstruasi. Dengan mengonsumsi asupan vitamin E dapat meringankan kram pada saat haid. Caranya cukup dengan mengonsumsi 2 kali dalam sehari selama 2 minggu sebelum terjadinya siklus menstruasi.

4. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Manfaat vitamin E untuk kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan vitamin E bisa mengobati bibir pecah-pecah. Minyak Vitamin E ini berfungsi sebagai pelembab dengan mengoleskannya pada kulit kering dan pecah-pecah.

Manfaat Vitamin E Untuk Kulit Dan Wajah

Manfaat vitamin E untuk kulit wajah

Selain vitamin E bermanfaat untuk kesehatan tubuh, vitamin E juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit kita. Inilah beberapa manfaat vitamin E untuk kulit, antara lain, meningkatkan elastisitas dan melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, melindungi kerusakan kulit dari radiasi sinar matahari dan ultravioletnya, dan mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Dan berikut ini, adalah penjelasan lengkapnya tentang manfaat vitamin E untuk kulit, adalah sebagai berikut:

1. Melembabkan Kulit

Vitamin E banyak digunakan untuk bahan pelembab untuk kulit yang sehat. Vitamin E tidak hanya berkhasiat untuk kelembaban kulit saja. Namun, adanya antioksidannya dapat membantu Anda dalam proses penyembuhan luka.

2. Mencegah Penuaan Dini

Bertambahnya usia akan mempengaruhi kolagen di dalam kulit, akibatnya kulit menjadi keriput dan kendur dan hilang kekenyalan dan kekencangannya. Penyebab penuaan dini selain faktor usia, antara lain diet yang tidak sehat, pemakaian kosmetik berlebihan kandungan kimianya, polusi.

Kulit keriput dan kendur akan memunculkan garis-garis halus dan kerutan. Vitamin E yang memiliki sifat antioksidan yang kuat akan mencegah penuaan dini. Selain itu manfaat vitamin E untuk kulit bisa menghilangkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit khususnya kulit wajah. Dengan vitamin E kulit bisa menjadi kenyal kembali dan lebih kencang.

Baca juga: Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah Secara Alami Dan Mudah

3. Menyembuhkan Luka Kulit.

Vitamin E membantu proses pada luka bakar. Namun dalam hal ini, vitamin E hanya berguna untuk mengatasi luka kulit karena terbakar dalam tingkat yang kecil atau biasa. Dengan mengoles krim vitamin C maka luka bakar menjadi dingin.

4. Mencegah Kanker Kulit

Orang yang suka berjemur atau banyak menghabiskan waktu dengan paparan sinar matahari memiliki risiko tinggi terhadap penyakit kanker kulit. Cara sederhana untuk mencegah terjadinya kanker kulit, yaitu dengan mengoleskan minyak vitamin E pada kulit secara teratur. Selain itu manfaat vitamin E pada minyak tersebut bisa menyembuhkan masalah penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksim.

5. Membersihkan Dan Melembutkan Kulit

Minyak vitamin E juga bermanfaat untuk pembersih kulit dan melembutkannya.  Penggunaan minyak vitamin E cocok untuk semua jenis kulit Anda. Kulit kusam karena debu, sel kulit mati. Penggunaan minyak ini bisa membersihkan kulit wajah yang kusam. Caranya teteskan minyak vitamin E pada kapas beberapa tetes dan oleskan pada kulit. Lakukan dua kali sehari maka kulit akan kembali bersih bercahaya.

6. Mengurangi Bintik Coklat Di Kulit

Penuaan kulit ditandai dengan adanya bintik-bintik coklat pada kulit. Hal ini disebabkan oleh radikal bebas dan kurang baiknya kinerja hati. Apabila minyak vitamin E dioleskan pada bintik-bintik coklat maka akan menghilangkannya. Tidak hanya itu dengan mengoleskan minyak vitamin E pada kulit akan menghaluskan kulit kasar menjadi lembut kembali.

Manfaat Vitamin E Untuk Rambut

Manfaat vitamin E untuk rambut

Memang luar biasa manfaat vitamin E bagi kesehatan. Hal ini terbukti banyak masalah kesehatan bisa disembuhkan dan diatasi dengan menggunakannya. Hal ini juga berlaku untuk menjaga kesehatan rambut. Khasiat vitamin E bagi rambut, adalah sebagai berikut:

1. Merangsang Tumbuh Rambut

Minyak vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, juga bisa untuk melancarkan aliran darah. Termasuk sirkulasi darah ke kepala. Pasokan darah yang lancar dan normal membantu pertumbuhan rambut menjadi baik dan merangsang untuk cepat tumbuh.

2. Mencegah Uban Di Usia Muda

Selain bisa merangsang tumbuhnya rambut. Manfaat vitamin E untuk rambut bisa mencegah terjadinya uban pada usia muda. Uban pada usia muda biasanya disebabkan oleh oksidasi jaringan sel rambut. Antioksidan pada vitamin E akan mampu mencegah korosi jaringan, sehingga bisa mengurangi rambut menjadi beruban.

3. Menjadikan Rambut Berkilau

Rambut kusam akan menyebabkan kurang sehat rambut. Rambut yang kusam juga menyebabkan kurangnya kecantikan wanita. Dengan menggunakan minyak vitamin E maka kusam pada rambut akan hilang menjadi rambut yang bersih dan bersinar. hal itu dikarenakan pada vitamin E bisa merangsang produksi sebum yang bermanfaat membuat rambut berkilau.

4. Mengatasi Rambut Bercabang

Hal yang umum terjadi khususnya wanita adalah rambut bercabang. Rambut bercabang adalah tanda kurang sehat rambut dan menjadi masalah dengan penampilan. Dengan Cukup mengoleskan minyak vitamin E sehari 2 kali akan mengobati dan mencegah rambut bercabang.

Efek Samping Penggunaan Manfaat Vitamin E

Dalam menggunakan vitamin E untuk kesehatan tidak boleh sembarangan. Hal ini karena apabila mengkonsumsi vitamin E dengan berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan. Bahaya mengonsumsi vitamin E secara berlebihan akan berdampak buruk, bahkan risikonya yang parah dapat menyebabkan kematian.

Kebutuhan vitamin E yang benar setiap hari adalah 22,4 IU (untuk usia 14 th keatas) . Penggunaan Vitamin E dengan dosis yang tinggi adalah mengonsumsinya diatas dosis normal atau 400 IU atau lebih. Hal ini akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, penggunaan vitamin E secara berlebihan pada saat mengonsumsinya maka akan menimbulkan diare, kelelahan, sakit kepala, mual, pendarahan dan pandangan berkurang.

Selain Itu bahaya vitamin E, jika dikonsumsi bersamaan dengan suplemen lain. Sebagai contohnya, mengonsumsi vitamin E dengan suplemen lainnya. Hal ini menurut penelitian merupakan pemicu timbulnya risiko timbulnya kanker prostat pada pria.

Sebagai saran, Jika Anda ingin mengonsumsi vitamin E dengan jenis produk sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang dosis yang harus diberikan. Jika untuk penyembuhan penyakit atau gangguan luar maka hal ini akan aman.

Demikianlah Info manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh, kulit wajah dan rambut. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Waspadai Bahaya Belerang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

 

Loading...

Leave a comment