Masa Kadaluarsa Produk Kosmetik dan Cara Mengetahuinya

Cara mengetahui masa kadaluarsa produk kosmetik. Cek expired date kosmetik perlu dilakukan agar terhindar dari efek samping kandungan bahan kimia atau bahan lainnya. Kosmetik yang sudah expired tentu memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit jika masih digunakan. Perlu Anda mengerti bahwa Kosmetik yang Anda gunakan mempunyai masa kadaluarsa atau batas usia pemakaian dan sebaiknya jika sudah kadaluarsa produk kosmetik tersebut maka harus dibuang.

Loading...

Masa kadaluarsa produk kosmetik pada umumnya tertulis pada kemasannya bersama dengan nomer registrasi ijin produk tersebut. Cara mengetahui masa kadaluarsa kosmetik setelah dibuka atau sudah dipakai, Jika sudah sangat lama atau telah mengalami perubahan bentuk dan aroma, Anda harus waspada. Hal itu menandakan bahwa kosmetik Anda sudah waktunya untuk dibuang atau diganti yang baru. namun ini juga tergantung dari kualitas kosmetik. Bagaimana mengetahui masa kadaluarsa produk kosmetik Anda?, Simak di bawah ini.

7 Jenis Kosmetik dan Masa Kadaluarsa Produk Kosmetik Tersebut

masa kadaluarsa produk kosmetik

Ada banyak jenis dari produk-produk kosmetik seperti foundation, eyeliner, eyeshadow, maskara dan lainnya. Menurut jenis produk kosmetik mempunyai batas usia yang berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar batas kadaluarsa kosmetik setelah dibuka, yaitu:

1. Foundation (Alas Bedak) Dan Concealer (Penutup Noda)

Loading...

Kedua produk kosmetik tersebut langsung meresap ke dalam kulit. Ganti secara reguler setiap 6 bulan sekali, atau sudah mulai menggumpal dan baunya berubah. Karena hal itu menandakan masa kadaluarsa produk kosmetik tersebut. Dan sebaiknya jangan digunakan lagi, buang lalu ganti dengan membelinya yang baru.

Baca juga: Tips Mudah Cara Menghindari Kosmetik Palsu Yang Akan Dibeli

2. Eyeliner Dan Eyeshadow

Masa kadaluarsa produk kosmetik eyeliner dan eyeshadow jika sudah berumur 1 tahun. Buang eyeliner dan eyeshadow Anda jika sudah berusia satu tahun pemakaian. Bahkan jika bentuknya cair, maka sebaiknya Anda ganti setiap 6 bulan sekali.

3. Maskara

Untuk masa kadaluarsa produk kosmetik maskara adalah 3 bulan. Maka disarankan untuk Anda menggantinya setiap 3 bulan sekali, meski Anda tidak sering menggunakannya. Begitu pula jika maskara sudah menggumpal, sebaiknya Anda tidak memakainya lagi, karena gumpalan yang menempel pada bulu mata Anda akan merusak penampilan. Supaya lebih awet, jangan terlalu sering mengocok maskara dengan gagang sikatnya, karena hal itu justru akan memasukkan udara ke dalam produk, dan akan membuatnya cepat kering.

4. Lipstik

Jika usia lipstik Anda lebih dari 2 tahun maka segera singkirkan. Masa kadaluarsa produk kosmetik lipstik adalah 2 tahun. Dan bila Anda melihat titik-titik air di batang lipstik Anda, maka segera Anda membuangnya.  Lipstik yang warna dan bentuknya berubah sebaiknya tidak Anda gunakan lagi.

5. Bedak Tabur

Batas masa kadaluarsa produk kosmetik bedak tabur ditandai dengan bentuknya yang sudah menggumpal. hal itu juga menandakan bahwa bedak tabur tersebut telah expired untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda harus menyingkirkannya dengan mengganti yang baru.

6. Blush On (Perona Pipi)

Perona pipi ini sebaiknya Anda ganti setiap 1 tahun sekali. Namun, jika sudah menggumpal, atau warna dan baunya telah berubah, meski pun belum berusia 1 tahun, maka sebaiknya Anda ganti dengan yang baru agar mencegah efek samping pada kesehatan kulit wajah Anda.

7. Cat Kuku

Sama seperti blush on, cat kuku yang sudah menggumpal menandakan masa kadaluarsa produk kosmetik tersebut. Maka sudah tidak layak lagi untuk Anda gunakan. Menyimpan cat kuku di dalam kulkas tidak akan memperpanjang usia dan kualitasnya. Umumnya, cat kuku hanya bertahan selama satu tahun. Tetapi ini tergantung dengan kualitas produknya dan seberapa sering Anda menggunakannya.

Demikianlah informasi mengenai masa kadaluarsa produk kosmetik menurut jenisnya, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Salam cantik dan sehat!!

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Eyeliner Untuk Pemula Menurut Jenisnya dengan Mudah

Loading...

Leave a Comment