Masalah Kesuburan pada Pria Gemuk Sulit Punya Anak dan Cara Mengatasinya

Masalah kesuburan pada pria gemuk sulit punya anak dan cara mengatasinya. Kegemukan atau obesitas pada pria maupun wanita bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes mellitus, penyakit jantung koroner. Tak hanya itu saja, kegemukan pada pria dapat mengganggu kesuburan dan berpengaruh pada keberhasilan kehamilan pasangannya atau si istri. Sebenarnya tidak hanya pada pria saja, kegemukan pada wanita berpengaruh juga pada kesuburan untuk mendapatkan anak.

Loading...

Masalah kesuburan pada pria gemuk yang memiliki berat badan berlebih akan meningkatkan persentase air mani yang abnormal, dan menghambat kerja hormon reproduksi sehingga mengganggu terhadap jumlah air mani tersebut. Lemak yang tinggi pada pria menjadi sumber androgen yang berlebih yang akan diubah menjadi estrogen, sehingga kelebihan hormon estrogen tersebut memicu terganggunya keseimbangan hormon testosteron dan androgen. Pada keadaan tersebut maka mengakibatkan produksi sperma kurang baik. Bagaimana cara mengatasi masalah kesuburan pada pria gemuk?. Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi masalah kesuburan pada pria gemuk

masalah kesuburan pada pria gemuk

Berat badan ideal sangat penting yang mendukung program hamil bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Maka sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan bagi pria gemuk, bila ingin memiliki anak. Berat badan ideal pria dapat dihitung dengan Indeks Masa tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). Nah dengan menormalkan berat badan sesuai BMI inilah akan membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria gemuk. Dan berikut ini cara menghitung berat badan ideal dengan BMI, yaitu berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan (m) kuadran. Kemudian hasil pembagian tersebut dan cocokkan dengan batas ambang BMI atau IMT, dan Untuk orang indonesia batas ambangnya berat badan ideal adalah 18,5 sampai 25,0.

Baca juga: Cara Mengatasi Ketidaksuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Loading...

Jika Anda memiliki hasil batas ambang di bawah 18,5 bisa disebut kekurangan berat badan dan lebih dari 18,5 menandakan kelebihan berat badan ringan hingga tingkat berat. Pria yang memiliki rentan 18,5 sampai 25,0 disebut berat badan normal atau ideal dan tubuh akan berada pada kondisi keseimbangan hormon yang baik. Masalah kesuburan pada pria gemuk akan bisa dihindari dengan mengurangi berat badan. Dan salah satu cara menurunkan berat badan yang disarankan yaitu dengan melakukan diet seimbang yang dibarengi dengan olahraga yang teratur. Lakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit. Hal itu sangat bagus untuk pembakaran kalori yang berlebih sehingga menurunkan berat badan Anda.

Apakah Berat Badan Ideal Mampu Mengatasi Masalah Kesuburan Pada Pria Gemuk?

Ada beberapa kasus yang terjadi sudah menurunkan berat badan menjadi ideal, tapi istri blm juga hamil. Hal itu bisa terjadi, apa penyebabnya?. Dalam hal ini, kunci utama untuk hamil tidak hanya dari suami atau pria saja, namun dari istri juga. Jadi kehamilan bisa terjadi saat pria bisa mengatasi masalah kesuburannya dengan menurunkan berat badan ideal, begitu juga istri dianjurkan memiliki berat tubuh yang normal atau tidak mengalami obesitas.

Memang masalah obesitas ini bisa berpengaruh pada kesuburan baik kegemukan yang terjadi pada pria maupun wanita. Nah, jika sudah melakukan cara mengatasi masalah kesuburan pada pria gemuk dengan menormalkan berat badan, dan si istri juga memiliki berat badan normal. Namun kehamilan juga belum juga hadir, maka ada langkah lain yang harus dilakukan seperti konsultasikan pada dokter spesialis andrologi atau urologi konsultan untuk pria. Dan Untuk wanita bisa memeriksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas dan endrokrinologi reproduksi. Dengan itu bisa diketahui penyebab dan terapi apa yang harus dilakukan.

Demikianlah pembahasan tentang masalah kesuburan pada pria gemuk dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria dan Wanita Secara Alami

Loading...

Leave a Comment