3 Masalah Menstruasi dan Cara Mengatasinya dengan Obat Tradisional

Masalah menstruasi dan cara mengatasinya dengan obat tradisional. Ada banyak jenis gangguan haid pada wanita seperti menstruasi sedikit, haid berlebihan, tidak lancar dan terlambat haid (tidak teratur) serta banyak lagi yang lainnya. Hal itu perlu diwaspadai karena termasuk masalah menstruasi yang tidak normal. Teratur dan lancarnya masa datang bulan menandakan baik atau tidaknya kesehatan reproduksi wanita. Oleh sebab itu, penting untuk segera diatasi dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah yang lain.

Loading...

Termasuk masalah menstruasi yaitu haid berlebihan, nyeri haid, kram pada bagian ovarium dan rahim dan terlambat datang bulan. Gangguan-gangguan tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon wanita. Semua jenis masalah menstruasi diatas bisa diatasi dengan ramuan atau obat tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Obat tradisional gangguan haid tersebut terbukti ampuh mengatasinya dan aman tanpa efek samping. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja gangguan atau masalah menstruasi pada wanita dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat dan benar secara alami. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Masalah Menstruasi dan Cara Mengobatinya secara Alami

masalah menstruasi

Ada beberapa penyebab gangguan haid yang menjadi pemicu haid tidak teratur, menstruasi terlambat, nyeri haid dan lainnya adalah pola makan kurang sehat. Selain itu, penyebab masalah menstruasi lainnya yaitu gaya hidup kurang sehat, tidak pernah berolahraga, stres dan tidak cukup terkena sinar matahari. Dan berikut ini cara mengatasi masalah menstruasi pada wanita dengan ramuan tradisional, yaitu:

1. Nyeri Haid

Loading...

Masalah menstruasi yang pertama yang paling sering terjadi saat datang bulan yaitu nyeri haid. Nyeri haid bisa benar benar mengganggu bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat nyeri haid menyerang maka akan membuat wanita tidak nyaman. Oleh karena itu harus segera diatasi dengan cepat dan tepat. Salah satu penyembuhan nyeri haid tersebut yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional. Berikut adalah cara membuat obat nyeri haid secara tradisional adalah sebagai berikut:

Ramuan 1 bahan-bahannya adalah 1 lembar daun pepaya, asam jawa secukupnya dan garam secukupnya. Cara membuatnya: Tumbuk halus daun pepaya, campur dengan bahan lain sampai merata, lalu tambahkan air matang secukupnya, peras dan saring. Minumlah jika terasa sakit perut saat haid.

Ramuan 2 bahan-bahannya adalah  daun beluntas dan 2 gelas air. Cara membuatnya: Rebus segenggam daun beluntas dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Minum sehari dua kali sampai nyeri haid sembuh.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami dan Cepat

2. Haid Berlebihan

Masalah menstruasi selanjutnya yang sering dialami wanita yaitu haid yang berlebihan. Hal ini dapat dari banyak dan seringnya keluar darah haid dalam waktu yang lama dari waktu biasanya.  Berikut cara mengatasi haid berlebihan secara alami dengan obat tradisional, yaitu:

  • Siapkan segenggam daun baru cina, setengah genggam daun mint segar dan 2 gelas air.
  • Seduh satu genggam daun baru cina segar dan setengah genggam daun mint segar di dalam 2 gelas air panas selama 10 menit dalam wadah yang tertutup.
  • Minum secara teratur sehari 2 kali maka haid berlebihan bisa terobati dengan cepat.

3. Menstruasi Terlambat

Masalah menstruasi ini sering disebut terlambat datang bulan. Pada gangguan haid ini biasanya seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak seperti biasanya atau terjadi keterlambatan waktu menstruasinya. Untuk mengatasinya maka diperlukan obat pelancar haid tradisional yang ampuh. Dengan ramuan tersebut akan menyegerakan menstruasinya. Berikut cara mengatasi terlambat haid dengan ramuan tradisional, yaitu:

  • Siapkan 3 gram bunga pacar air, 200 cc air.
  • Rebus 3 gram  bunga pacar air sampai mendidih dengan 200 cc air selama 10 menit.
  • Saring dan minum secara teratur sekali sehari hingga haid datang.

Tips Cara Mengatasi masalah menstruasi

Selain penggunaan obat tradisional tersebut agar lebih ampuh mengatasi gangguan haid Anda perlu melakukan beberapa tips. Tips ini dipercaya mampu mengatasi masalah menstruasi dengan cepat, antara lain:

  • Terlambat datang bulan terjadi pada wanita yang mengalami ketidakseimbangan hormon karena stres mental dan stres fisik secara berlebihan. Cara mengatasi masalah menstruasi sangat dianjurkan untuk berusaha mengurangi stres dan kurangi aktifitas terlalu berat.
  • Hindari Jenis makanan  antara lain, kopi, alkohol, makanan dan minuman dingin atau es, mentega, daging ayam broiler, buah berlebihan dan makanan mentah berlebihan.
  • Makanan yang dianjurkan untuk mengatasi dan meringankan gangguan haid yaitu rumput laut, beras merah, kacang hijau dan merah, sayuran hijau, wortel, ubi ungu, ikan pindang, kubis, brokoli,  bayam, kecambah dan kwaci.
  • Lakukan olahraga seperti meditasi, yoga atau chi kung.

Demikianlah bahasan tentang macam-macam masalah menstruasi (gangguan haid) dan cara mengatasinya secara tradisional dan alami. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk pembaca dan Salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Minum Teh Hijau Saat Haid (Menstruasi) Pada Wanita

 

Loading...

3 thoughts on “3 Masalah Menstruasi dan Cara Mengatasinya dengan Obat Tradisional”

  1. trims gan infonya!

  2. Walah, cocok sekali ini informasi untuk mengatasi nyeri istri setiap datang bulan nih, terimakasih sob..

Leave a Comment