Cara Melakukan Facial Wajah Sendiri di Rumah yang Benar

Cara melakukan facial wajah sendiri di rumah yang benar. Facial atau membersihkan kulit wajah di salon memang menyenangkan. Namun Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan perawatan tersebut. Manfaat facial yaitu mengangkat sel kulit mati kepermukaan kulit, merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat dan melancarkan sirkulasi darah pada wajah dan masih banyak lagi manfaat facial yang lain.

Loading...

Facial wajah sendiri di rumah tentu akan menghemat biaya dan hasilnya pun tak kalah dengan facial di salon. Biasanya facial yang dilakukan di salon di mulai dari membersihkan kulit wajah dengan pembersih, kemudian dilanjutkan dengan steam atau menguapi. Setelah itu melakukan pemijatan ringan dengan tujuan untuk melancarkan aliran darah dan udara pada wajah. Terakhir memakaikan masker untuk pengencangan kulit wajah dan pemakaian toner serta pelembab. Anda pun bisa melakukan hal tersebut sendiri di rumah dengan menirunya. Pada kesempatan ini, waras sehat akan membagikan tips cara facial wajah sendiri dirumah yang benar. Bagaimana caranya?. simak di bawah ini.

Urutan Cara Facial Wajah Sendiri yang Benar

Untuk melakukan facial yang benar, Anda harus mengetahui langkah-langkah urutannya. yaitu:

  • Usahakan untuk mengikat rambut Anda termasuk poni agar tidak mengganggu saat proses facial
  • Bersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut, lalu kemudian usapkan kapas khusus wajah untuk mengangkat kotorannya atau dengan menggunakan waslap bersih hingga semua kotoran dan sisa make up terangkat.
  • Dalam facial wajah sendiri di rumah, Anda juga melakukan scrub yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang membandel, yang sulit untuk dibersihkan dengan pembersih biasa. Untuk scrubnya, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut cara membuat scrub wajah sendiri, yaitu dengan mencampur 1 sendok makan gula, madu, perasan air jeruk nipis dan aduk hingga kental. Oleskan pada wajah, lalu diamkan beberapa menit hingga kering. Setelah itu, gosok dan pijat berlahan untuk membuat kotoran di wajah terangkat. Terakhir bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan waslap.
  • Terakhir gunakan masker. Gunakanlah masker yang sesuai dengan kulit Anda, cara maskeran wajah yang benar yaitu dengan posisi berbaring santai, lalu pakaikan masker tersebut. Biarkan hingga wajah terasa kencang dan bilas.
  • Terakhir pemakaian toner dan pelembab kulit untuk mencegah kulit menjadi kering. Nah,  sangat mudah sekali melakukan facial wajah sendiri di rumah.

Ada hal perlu untuk facial wajah di rumah, yaitu dengan menyiapkan bahan atau perlengkapan facial. Berikut ini adalah perlengkapan Anda untuk melakukan facial wajah sendiri di rumah, yaitu:

  • Pembersih wajah yang lembut
  • Scrub yang tadi dibuat
  • Air hangat dan waslap khusus wajah
  • Masker
  • Toner
  • Pelembab.

Cara Facial Wajah Sendiri dengan Facial Es

Para ahli kecantikan sangat merekomendasikan Anda merendam wajah menggunakan es selama kurang lebih 30 detik. Dengan cara ini banyak yang berhasil mendapatkan wajah lebih bersih, kencang dan bebas kerutan. lalu bagaimana cara facial wajah sendiri dengan es ini?. Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

Loading...

Baca juga: Cara Merawat Wajah Sebelum Tidur Agar Awet Muda Cantik dan Menghilangkan Kerutan

  • Isi baskom dengan air dingin, Tuangkan beberapaes batu ke dalamnya.
  • Ikat rambut menggunakan bando atau semacamnya, lalu rendam wajah sebanyak 3 kali dengan interval 10 sampai 30 detik berulang.
  • Jika Anda merasa repot, bisa juga menggunakan cara lain yaitu dengan membukus es dengan kain atau handuk kecil. Pijat dan oleskan ke seluruh wajah.

Bagaimana cara facial wajah dengan es. Mudah, bukan?. Eiit mudah tapi sangat bermanfaat lho. facial ini bermanfaat untuk mendapatkan kulit lebih baik dan lebih segar di pagi hari. Selain itu manfaat facial dengan es ini juga bisa meredakan warna merah di wajah karena sinar panas matahari atau juga yang disebabkan oleh alergi. Tidak hanya itu saja, manfaat facial wajah dengan es juga dapat membantu mengencangkan kulit wajah, mencegah keriput serta menghindari masalah penuaan dini. Dengan Anda melakukan facial wajah sendiri di rumah dengan cara yang benar di atas maka tak kalah dengan Anda bayar mahal untuk facial di salon.

melakukan facial wajah sendiri

5 Langkah Mudah Cara Facial Wajah Sendiri di Rumah

Anda butuh lima urutan cara facial wajah sendiri yang benar agar hasilnya maksimal. Berikut langkah-langkah tersebut, yaitu:

1. Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah ini bertujuan untuk mengangkat semua kotoran pada wajah Anda. Hal ini sebagai langkah awal melakukan facial  wajah sendiri. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi, bersihkan dengan foaming cleanser atau busa pembersih (soap free). Untuk kulit kering, Anda bisa pakai cream cleanser (susu pembersih).

2. Pengelupasan

Tahap selanjutnya adalah pengelupasan dengan menggunakan jari tangan. Usapkan krim scrub ( campuran gula, madu dan perasan jeruk nipis) dengan melakukan gerakan memutar pada wajah Anda. Konsentrasikan pada area sekitar hidung dan dahi. Jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi. Untuk facial wajah sendiri pada tahap ini Anda bisa dengan membasuh wajah hingga bersih, mengingat butiran krim scrub cenderung mengeringkan kulit.

3. Penguapan

Cara melakukan facial  wajah sendiri selanjutnya adalah melakukan penguapan. Penguapan ini dilakukan dengan menyiapkan baskom yang berukuran sedang dan diisi dengan air hangat. Celupkan waslap khusus wajah, peras lembut lalu tekan-tekan di wajah Anda sebanyak 2 atau 3 kali.

4. Gunakan Masker

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, gunakanlah masker yang berbahan dasar tanah liat. Untuk kulit kering dianjurkan untuk memakai masker berbentuk hydrating gel atau krim. Gunakanlah masker selama 10 sampai 20 menit (atau lihat sesuai cara pakai pada kemasan) dengan menghindari pemakaian pada area mata.Kemudian bersihkan dengan air. Selain menggunakan masker yang dijual dipasaran, Anda juga bisa melakukan facial wajah sendiri dengan menggunakan buah-buahan atau bahan alami.

5. Pelembab

Langkah terakhir adalah menggunakan pelembab. Namun, hindari pemakaian pelembab yang mengandung retinol atau asam, karena dapat mengakibatkan pengelupasan sel kulit mati secara berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi kulit wajah. Nah, sudah selesai, mudah, bukan?. Demikianlah cara mudah melakukan facial  wajah sendiri dirumah yang bisa Anda coba. Tertarik untuk mencobanya?. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam cantik dan sehat!!

Baca juga: Tips Dan Cara Perawatan Kulit Kering Dan Kusam Pada Wajah

Loading...

Leave a Comment