Kiat Orangtua Mengatasi Anak yang Berebut Mainan dengan Temannya

Cara Mengatasi anak yang berebut mainan dengan temannya.  Dengan bermain, anak bisa menjadi pribadi yang lebih baik, maka biarkan mereka bermain. Manfaat bermain bagi anak, diantaranya merangsang kreativitas, melatih kolektivitas, menanamkan disiplin, serta melatih mental anak. Namun bermain kadang membuat anak keasyikan hingga tak kenal waktu, maka sebagai orangtua sebaiknya untuk mengingatkan.

Loading...

Dalam bermain khususnya bermain dengan teman, kadang mereka saling berebut mainan. Anak-anak yang sering berebut mainan seringkali menjadi masalah bagi orangtua. Nah, apakah hal ini terjadi pada anak Anda?. Anda harus memiliki kiat mengatasinya untuk mengatasi anak yang selalu berebut mainan dengan temannya. Ada cara untuk mencegah agar anak tidak berebut mainan. Misalnya dengan menyuruh mereka mengalah dari temannya itu. Tentu cara penyampaiannya harus dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Jika menggunakan kata-kata yang kasar atau keras, maka secara tidak langsung anak akan meniru apa yang orangtua mereka lakukan. Jika orangtua terbiasa menggunakan kata-kata yang keras, dengan sendirinya anak juga akan menggunakan kata-kata yang keras juga saat bergaul. Untuk itu, gunakanlah kata yang halus dan menyenangkan, agar anak mudah mengerti dengan maksud yang kita tujukan kepadanya.

Tips Mengatasi Anak yang Berebut mainan dengan Temannya

Selain menggunakan kata yang halus, berikut ini adalah tip jitu untuk mengatasi anak yang suka berebut mainan dengan teman bermainnya, yaitu:

mengatasi anak yang berebut mainan
Kiat Orangtua Mengatasi Anak yang Berebut Mainan dengan Temannya

Memberikan Pengertian Untuk Tidak Pelit

Loading...

Berilah pengertian bahwa tidak boleh pelit, karena jika memiliki sifat pelit maka nanti tidak punya teman. Dengan begitu anak akan mengerti dan tidak mau memiliki sifat pelit. Selain itu orangtua selalu membuat anak-anaknya hormat dengan kata-kata ayah dan ibunya. Terutama pada sang ayah, anak-anak cenderung takut dengan ayah mereka. Maka peran ayah untuk menasehati lebih mengena pada anak-anak.

Baca juga: Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Untuk Anak Selama di Sekolah

Jika mereka tetap berebut mainan sampai membawa pulang mainan punya temannya tersebut. Maka perlu seorang ayah memberi nasehat sembari memberi pengertian, jika mainan itu bukan miliknya, apa pun yang bukan miliknya maka tidak boleh diambil dan harus dikembalikan kepada pemiliknya. Dengan begitu anak akan mengerti.

Menyuruh Untuk Mengalah

Cara mengatasi anak yang berebut mainan selanjutnya dengan menyuruh si anak untuk mengalah serta memberi pengertian bahwa orang yang mengalah lebih disayang tuhan. Setelah anak mau mengerti, dan berhenti berebut mainan, maka alangkah baiknya sekali kali membelikan mainan yang serupa dengan milik temannya tersebut. Hal ini dilakukan agar anak merasa senang karena sudah memiliki mainan yang sama dengan temannya itu.

Alihkan Perhatian

Mengalihkan perhatian anak dengan mainan yang lain merupakan cara untuk mengatasi anak yang berebut mainan. Untuk membujuknya bisa dilakukan dengan bernyanyi atau dengan cara-cara yang menyenangkan bukan dengan menghardiknya. Dengan cara tersebut anak akan merasa tidak sedang dimarahi. Dengan cara bernyanyi anak merasa seolah-olah orangtua sedang mengajaknya bermain dan anak pun jadi senang.

Tips Ampuh Saat Mengatasi Anak yang Berebut Mainan dengan Temannya

Tidak jarang anak-anak dalam bermain berebut mainan dengan temannya. Oleh sebab itu, sejak dini anak perlu dilatih untuk mengelola emosi dan belajar berbagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua saat anak sedang berebut mainan dengan temannya, yaitu:

  • Cobalah bersikap obyektif dengan tidak membela salah satu anak meskipun itu anak kita sendiri. Ada baiknya coba dengarkan penjelasan masing-masing anak mengapa tidak mau berbagi.
  • Pahami perasaan anak dan tunjukkan sikap pengertian dari kita sebagai orangtua. Ajarkan juga anak untuk menghargai orang lain dan jangan memaksakan keinginan diri sendiri.
  • Ajaklah anak untuk lebih sering bersosialisasi dengan orang lain, termasuk bermain bersama-sama yang melibatkan beberapa anak agar mereka terbiasa berbagi dan menunggu gilirannya bermain.
  • Orangtua hendaknya dapat menjadi teladan dalam berbagi. Hal sederhana yang dapat dipraktekkan pada anak misalnya, sesekali membawa bekal anak lebih banyak dari biasanya, kemudian ajarkan pada anak untuk meminta berbagi bekal tersebut kepada temannya.

Demikianlah cara mengatasi anak yang berebut mainan dengan temannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak

 

Loading...

Leave a comment