Cara Mengatasi Stres Saat Hamil Muda dan Tua [Paling Ampuh]

WarasSehat.com – Pengaruh stres saat kehamilan akan berdampak buruk pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Penyebab stres pada ibu hamil bisa disebabkan banyak hal, antara lain kondisi mental atau psikis karena perubahan bentuk tubuhnya. Atau bisa juga disebabkan oleh kekhawatiran tentang kondisi janin dalam kandungan normal atau tidak.

Loading...

Penyebab stres lain bisa dikarenakan pengaruh dari luar seperti keadaan ekonomi, atau keuangan dan masih banyak lagi. Stres pada ibu hamil dianggap masih wajar selama dalam taraf yang sedang. Namun, jika berlarut-larut dan makin parah, maka hal tersebut akan membahayakan kondisi ibu hamil sendiri dan janin yang ada di rahimnya.

Jadi,  jika Anda sedang hamil dan mengalami stres, maka cobalah beberapa tips yang bisa untuk menghilangkan stres saat hamil.  Anda bisa coba beberapa tips untuk menghilangkannya. Ingat, yang terpenting berusahalah untuk melindungi Anda dan juga bayi dari pengaruh buruk akibat stres ini.

Tips Mudah Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

mengatasi stres saat hamil

Ada beberapa tips yang patut Anda coba lakukan untuk menghilangkan masalah stres saat kehamilan, adalah sebagai berikut:

1. Mencari penyebabnya

Loading...

Cobalah Anda mencari tahu apa penyebab stres yang Anda alami. Apakah berkaitan dengan hubungan personal atau berhubungan dengan pekerjaan Anda atau lainnya. carilah jalan keluar yang efektif untuk mengatasi stres saat hamil dan Anda menghadapinya.

2. Diet makananyang baik

Menghilangkan stres saat hamil, bisa Anda lakukan dengan diet makanan. Bila keadaan Anda sehat dan fit, Anda akan menghadapi stres dengan baik. Untuk itu, Anda harus tetap menjaga diet makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan lakukan olahraga teratur yang akan membantu Anda tetap fit dan pikiran lebih tenang.

3. Olahraga

Baca juga: Bahaya Stres Saat Hamil Bagi Ibu Dan Janinnya

Penelitian menyebutkan bahwa olahraga selama masa kehamilan bukan saja membuat badan Anda menjadi sehat, tapi juga menjadikan pikiran, jiwa Anda menjadi sehat juga. Hal ini akan dapat mengurangi stres.

4. Hindari faktor emosional

Carilah alternatif lain sebagai pengganti, Jika Anda punya kebiasaan buruk seperti rokok dan minum alkohol. Cobalah alihkan ke kegiatan olahraga atau yang lain, seperti, ngobrol dengan teman atau keluarga, bernyanyi, mengunyah permen karet, makan buah atau apapun yang bisa mengalihkan perhatian Anda untuk melakukan hal yang membahayakan bayi Anda.

Kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan dan harus berhenti akan menimbulkan stres. cara mengurangi stres saat hamil yang disebabkan oleh kebiasaan buruk, yaitu dengan mengalihkan perhatian Anda.

5. Komunikatif

Isolasi sosial dan rasa sendirian membuat Anda lebih sulit menghadapinya. Binalah hubungan emosional dengan pasangan, keluarga, dan teman-teman Anda. Komunikasi/ hubungan emosional yang baik akan membantu Ada untuk menghindarii stres saat hamil.

6. Mengikuti aktivitas

Meditasi, yoga dan pijatan akan membantu Anda menghilangkan stres, yaitu mengurangi ketegangan pada otot-otot Anda. Menurut riset, Terbukti aktivitas-aktivitas ini mempengaruhi reaksi tubuh terhadap stres dengan menurunkan hormon stres dan memperlambat detak jantung.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Stres Anda

7. Istirahat yang cukup dan nyaman

Anda bisa melakukannya dengan berbaring pada satu sisi (sisi kiri dianjurkan), di kamar yang sepi, dengarkan musik yang lembut, bayangkan diri Anda berada pada tempat yang paling Anda sukai, misalnya pantai, ditaman dan lain sebagainya.

8. Ungkapkan keluhan

Dengan Anda menyampaikan keluhan yang tengah Anda rasakan, Anda alami bisa jadi solusi untuk mengatasi stres saat hamil. Anda bisa membicarakan tentang perasaan ataupun tentang keluhan Anda. Jangan ragu dan malu untuk menyampaikannya Kepada bidan atau dokter kandungan.

Petugas akan menilai Anda, memerlukan pengobatan atau tidak atau Anda bisa konsultasi dengan dokter psikiatris, sehingga dapat dilakukan tindakan, mencegah atau mengatasinya dengan cepat dan baik.

Loading...

Leave a comment