8 Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil Alami yang Manjur

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil alami yang manjur. Insomnia atau Kesulitan tidur bisa dialami pada masa kehamilan. Pada umumnya insomnia dialami ibu hamil pada trimester 3 atau saat hamil 8 bulan. Ketika usia kehamilan tua, kesulitan tidur yang nyaman akan menjadi keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu karena keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa yang tidak enak pada ulu hati dan lain sebagainya. Semua itu menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyaman di malam hari. Ketika hal ini terjadi, maka akan berpikir, bagaimana menghilangkan susah tidur saat hamil trimester 3?

Loading...

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil  bisa dilakukan dengan beberapa tips yang mudah. Para pakar kehamilan menyatakan bahwa Keadaan sulit tidur pada ibu hamil akan mengganggu kesehatan badannya, seperti kurang tenaga, lemas dan lesu hingga terlihat kurang sehat. Namun kurang tidur saat kehamilan tidak akan membahayakan Anda dan bayi yang ada dalam kandungan.Tidak hanya pada usia kehamilan 8 bulan saja, ibu hamil juga mengalami susah tidur saat hamil 3 bulan. Meskipun tidak berbahaya, agar lebih sehat maka masalah sulit tidur harus diatasi. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita hamil Tua dan Muda

cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil

Insomnia bisa terjadi pada ibu hamil muda dan tua, susah tidur pada kehamilan muda sering dialami pada usia kehamilan 3 bulan, dan susah tidur juga terjadi pada ibu hamil tua, yaitu Pada usia kehamilan trimester 3 atau 8 bulan. Insomnia yang dialami Ibu hamil muda dan tua ditandai dengan mengalami susah tidur yang disebabkan oleh keadaan perut yang semakin besar. Berikut ini cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil muda dan tua, yaitu:

1. Carilah Posisi Tidur Yang Nyaman.

Loading...

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil yaitu dengan mengatur posisi tidur. Faktor yang penting untuk mengatasi susah tidur  pada wanita hamil adalah menemukan posisi tidur terbaik untuk Anda. Posisi tidur yang terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri, karena hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.

2. Mandi Dengan Air Hangat.

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil selanjutnya adalah dengan mandi dengan air yang hangat. Basuhlah tubuh Anda dengan mandi air hangat jangan terlalu panas, dengan sabun yang wangi dan rasanya segar. hal ini bermanfaat untuk membantu Anda siap untuk tidur.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak Menjelang Tidur.

Menghindari makan banyak menjelang tidur merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil yang ampuh. Saat hamil, Sering kali merasa ingin makan sesuatu di malam hari. Hati-hatilah karena bila keinginan untuk makan itu datang di waktu malam hari, karena dapat membuat Anda sulit untuk tidur nyaman. Cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil tua dan muda yang efektif yaitu dengan menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saat menjelang tidur. Anda bisa menggantinya dengan makanan ringan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari rasa tak enak di daerah ulu hati atau perut Anda. Yang juga akan mempengaruhi saat tidur Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Stres Saat Hamil Saat Hamil Muda Dan Tua

4. Minum Segelas Susu hangat.

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil dengan cara meminum segelas susu hangat. Minum segelas susu hangat akan membantu Anda untuk dapat tidur yang nyaman. hal ini karena susu mengandung asam amino tryptophan yang bisa meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyaman.

5. Mendengarkan Musik.

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil yang disarankan. Anda bisa memutar musik dan mendengarkannya. hal ini mampu memberikan ketenangan dan rasa rileks pada Anda. Pilihlah musik apa pun yang penting dapat memberikan ketenangan buat Anda. Dengan merasa tenang dan rileks akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

6.”Berhubungan”.

Cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil yang dianjurkan lainnya yaitu dengan Lakukanlah “hubungan” dengan pasangan Anda. Hal ini bisa membuat Anda menjadi rileks dan rasa santai buat Anda. Tapi jika Anda tidak sedang ingin melakukannya, mintalah pasangan Anda untuk memberikan pijatan secara lembut, sehingga Anda merasa lebih rileks dan bahagia karena diperhatikan dan dimanjakan.

7. Beristirahat Selagi Ada Kesempatan.

Beristirahat selagi ada kesempatan untuk istirahat. ini merupakan cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil yang paling manjur. Karena biasanya saat Anda hamil, waktu untuk istirahat dengan tenang dan nyaman menjadi berkurang. Apalagi masa kehamilan trisemester ketiga, saat kandungan Anda mulai membesar.

8. Latihan Pernapasan

latihan pernapasan merupakan cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil. Latihan menarik napas dalam yang teratur, berguna untuk mengurangi ketegangan otot dan membantu Anda untuk tidur lebih baik. Carilah posisi yang nyaman bagi Anda, duduk, berdiri atau berbaring. Kemudian tarik napas melalui hidung secara berlahan lalu tahan napas selama 1 sampai 2 detik dan keluarkan napas melalui mulut dengan perlahan. Lakukan beberapa kali.

Ingatlah bahwa gangguan tidur adalah keluhan umum saat kehamilan. Bersabarlah dan jadikanlah sebagai salah satu pengalaman indah dalam kehamilan Anda ini, dan semoga akan terbayarkan dengan kelahiran si buah hati. Itulah 8 cara mengatasi susah tidur pada wanita hamil. Dengan tips diatas semoga Anda yang sedang hamil dapat mendapatkan tidur dengan nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Pengobatan Insomnia Secara Alami Dan Paling Ampuh

Loading...

1 thought on “8 Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil Alami yang Manjur”

Leave a Comment