Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Dalam 1 Hari

Cara alami mengecilkan pori-pori di wajah dalam satu hari. Salah satu masalah yang terjadi pada kulit wajah adalah masalah pori-pori membesar. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele, karena banyak efek negatif yang ditimbulkan akibat pori yang besar. Dampak yang paling utama adalah mudah timbulnya jerawat apabila pori-pori pada kulit wajah seseorang membesar dari ukuran normal.

Loading...

Pada umumnya pori-pori membesar ini terjadi pada kulit sekitar hidung, maka tidak mengherankan jika Anda mengalami komedo. Masalah yang disebabkan pori-pori membesar antara lain, jerawat pori-pori besar dapat menimbulkan komedo dan flek hitam pada wajah

Pori-pori sebenarnya diperlukan untuk mengeluarkan keringat dan minyak pada permukaan kulit. Pada kulit yang sehat, pori-pori tidak akan begitu terlihat. Hal ini berbeda dengan pori-pori tersumbat, secara kasat mata dapat tampak membesar.

Pori-pori yang tampak besar, terutama yang terjadi pada wajah, akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Pori-pori adalah rongga kecil yang menjadi akses untuk pernapasan kulit. Dengan adanya pori-pori maka kulit bisa melakukan metabolisme dan meregenerasi dengan mudah.

Khusus bagi wanita, pasti menginginkan wajah cantik dan terlihat awet muda. Namun sayang banyak wanita mengalami pori-pori besar yang menyebabkan wajah mereka kelihatan lebih tua dari umurannya dan menjadikan kurang percaya diri. Banyak cara yang ditempuh untuk mengecilkan pori-pori wajah. Mulai dari menutupnya dengan kosmetik tebal. Kenyataannya menutupi atau mengecilkan pori-pori dengan menggunakan kosmetik tebal, justru bisa menimbulkan jerawat. Atau dengan menggunakan jasa kecantikan seperti klinik kecantikan. Hal ini tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Loading...

Apa Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar?

Mengecilkan pori-pori
Image: Healthmeup

Tidak bisa dipungkiri, memang pori-pori wajah menjadi bagian penting pada kecantikan wajah. Namun ada beberapa penyebab menjadikan pori-pori tersebut semakin besar dan terlihat kurang sedap dipandang mata. Inilah beberapa faktor yang membuat pori-pori menjadi besar, yaitu:

1. Faktor Genetik (Keturunan)

Dengan melihat bapak, ibu, nenek ataupun kakek Anda. Jika salah satu atau semuanya memiliki masalah dengan pori-pori wajah yang membesar. Kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama. Menurut para ahli seseorang yang  berasal dari riwayat keluarga sebagai penderita pori-pori besar, mereka akan berpeluang besar berisiko terkena pori-pori besar dibandingkan bukan dari keluarga yang tidak memiliki masalah pori besar.

2. Minyak Berlebihan

Minyak memiliki manfaat dan berguna untuk kulit karena minyak berfungsi sebagai pelembab pada kulit kita secara alami, dan mencegah masalah kulit kering. Namun produksi minyak yang berlebih pada kulit khususnya kulit wajah akan menyebabkan pori-pori menjadi besar.

3. Kotoran

Menjaga kebersihan wajah sangat perlu sebagai perawatan kesehatan kulit. Kurang menjaga kebersihan kulit juga bisa mengakibatkan pori-pori wajah menjadi besar. Kotoran tersebut antara lain, debu, sisa make up, sisa keringat dan lainnya. Semakin lama kotoran tersebut mengedap pada kulit, maka akan menumpuk dan menyebabkan pori-pori membesar. Apabila dibiarkan lama maka akan timbul jerawat dan komedo.

4. Pertumbuhan Bakteri

Peran penyebab pori-pori membesar salah satunya karena adanya bakteri, kuman dan jamur. Jika kurang menjaga kebersihan kulit maka kuman dan bakteri serta jamur akan berkembang pada kulit yang menyebabkan pori-pori membesar. Hal ini juga bisa mengakibatkan timbulnya jerawat dan komedo juga.

5. Sinar Matahari

Matahari pagi memang menyehatkan. Sinar matahari pada jam sebelum pukul 10.00. Namun jika sinar matahari pada jam 10.00 berubah menjadi berbahaya untuk kulit. Sinar matahari siang menyebabkan pori-pori menjadi besar. Dan jika paparan sinar matahari siang ini mengenai kulit berjam-jam maka akan berisiko terkena penyakit kanker kulit dan peradangan.

6. Produk Kosmetik

Memang kosmetik berguna untuk membuat wajah menjadi lebih terawat dan cantik, membuat kulit tampak putih mulus dan bersinar. Namun manakala produk kosmetik itu tidak cocok dengan jenis kulit Anda maka bisa menyebabkan pori-pori membesar. Maka pastikan terlebih dahulu bahan yang cocok dengan kulit Anda dalam memilih kosmetik. Tidak sampai disitu saja, kadang jenis kosmetik itu cocok, namun cara menjaga kebersihan wajah dari sisa kosmetik tidak dilakukan dengan benar dan tepat maka akan mengakibatkan pori-pori menjadi besar pula.

Bagaimana Cara Mencegah Pori-Pori Besar Pada Kulit Wajah?

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab pori-pori menjadi besar pada wajah. Ada beberapa cara cara mencegah pori-pori menjadi besar yang dapat Anda coba agar kulit wajah tampak cantik alami. yaitu:

1. Pembersih Alami

Gunakanlah pembersih make up alami sebagai salah satu cara untuk mengelupaskan kulit dengan aman. Hti-hati dengan penggunaan bahan kimia dalam berbagai bentuk produk pembersih wajah. Jika salah justru dapat membuat wajah Anda makin kering, bahkan aroma dan busanya akan menyebabkan peradangan pada kulit.

Selanjutnya cuci wajah  gunakan air hangat, bukan dengan air panas. Langkah terakhir keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk lembut. Jika Anda menggosok dengan handuk maka akan menyebabkan kulit rusak atau iritasi, terutama jika kulit Anda sensitif. Terakhir selesaikan dengan menggunakan pelembab untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah sekaligus memperkecil pori-pori wajah.

2. Pengelupas Kulit

Exfoliant adalah produk yang berkhasiat untuk mengelupas sel kulit-kulit mati dari permukaan kulit dan minyak yang menutupi pori-pori. Salah satu pengelupas alami yaitu scrub alami yang terbuat dari bahan teh hijau, madu dan gula yang halus. Kombinasi dari tiga bahan tersebut dibuat krim yang berkhasiat untuk menghilangkan dan mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Masker Tanah Liat

Penggunaan masker tanah liat yang dipakai setelah wajah dibersihkan akan bermanfaat mencegah pori-pori membesar. Cobalah dulu sebagian kulit terlebih dahulu untuk mengetahui reaksinya. Jika tidak terjadi reaksi yang negatif, maka lakukan pengolesan pada seluruh wajah. Fokus pada bagian yang biasa menjadi tempat pori-pori besar. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu cuci dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk dengan handuk.

Masker tanah liat bermanfaat untuk cara mengecilkan pori-pori dengan mengangkat kotoran dari pori dan mengurangi peradangan pada kulit, sehingga tampak pori-pori menjadi mengecil. Selain masker tanah liat, Anda juga bisa menggunakan yoghurt untuk maskeran, yang memiliki manfaat sama dengan tanah liat.

4. Gunakan Cleanser

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Komedo Dalam 1 Hari

Setelah dibersihkan dengan menggunakan masker, oleskan mousterizer untuk mencegah terjadinya iritasi dan peradangan yang mengakibatkan pori-pori menjadi besar. Gunakan pelembab dengan warna sesuai kulit Anda. Gunakan cleanser untuk menyamarkan pori-pori secara sempurna. Disarankan melakukan pembersihan di akhir hari, agar sisa make up tidak menyumbat pori-pori.

Baca juga: Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Kulit Dan Wajah

5. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Salah satu yang menjadikan pori-pori membesar karena terkena sinar matahari pada siang hari. Untuk mencegahnya, yaitu dengan menggunakan topi pelindung atau payung. Atau bisa juga dengan menggunakan tabir surya.

6. Membersihkan Minyak

Produksi minyak berlebih pada kulit juga menyebabkan pori-pori membesar. Oleh karena itu, perlu Anda membersihkan minyak pada wajah Anda. Anda bisa menggunakan kertas penyerap minyak atau menggunakan scrub.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Secara Alami

Ada beberapa cara untuk mengecilkan pori-pori wajah. Disini ada beberapa masker yang bisa Anda buat sendiri untuk masker pengecil pori-pori di wajah, yaitu:

1. Mengecilkan Pori-Pori Di wajah Dengan Masker Tomat

Buah tomat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori di wajah Anda. Cara membuat masker tomat adalah:

  • Sediakan 1 sampai 2 buah tomat, cuci bersih tomat. Kemudian potong menjadi bagian kecil-kecil.
  • Blender potongan tomat hingga halus.
  • Bersihkan terlebih dahulu muka dengan air.
  • Oleskan masker tomat tersebut merata ke seluruh wajah Anda.
  • Biarkan 20 sampai 30 menit, setelah kering bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk dengan menggunakan handuk halus.
  • Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Mengecilkan pori-pori Dengan Es Batu

Ternyata es batu dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Selain itu penggunaan es batu dapat mengencangkan kulit dan bisa mengontrol produksi minyak pada kulit wajah. Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan menggosok-gosok lembut pada pori-pori yang membesar.

Berikut ini langkah-langkah lengkap cara mengecilkan pori-pori dengan es batu. Yaitu

  • Sediakan satu bungkus es batu.
  • Lalu bungkus menggunakan kain yang halus.
  • Gosokkan dengan lembut pada pori-pori wajah secara merata.
  • Lakukan cara ini setiap pagi setelah bangun tidur.

3. Mengecilkan Pori-Pori Dengan Masker Mentimun

Mentimun memiliki manfaat untuk kulit wajah diantaranya untuk mengecilkan pori-pori yang membesar, dengan menggunakannya sebagai masker. Selain itu mentimun juga menjaga kesehatan mata, mengatasi mata lelah dan menghilangkan kantung mata.

Untuk mengecilkan pori-pori di wajah dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan 1 atau 2 buah mentimun.
  • Blender mentimun hingga hancur dan lembut.
  • Bersihkan muka dengan menggunakan air.
  • Oleskan pasta masker mentimun ke seluruh wajah sampai merata.
  • Tunggu selama 20 sampai 30 menit supaya kering.
  • Bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk berabahan halus.
  • Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan rasakan manfaatnya akan membuat pori wajah mengecil.

4. Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Madu

Madu merupakan bahan alami untuk kesehatan dan juga kecantikan, Untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar madu membantu dengan cepat mengecilkannya. Berikut cara mengecilkan pori-pori wajah dengan madu:

  • Siapkan madu secukupnya.
  • Sediakan juga perasan air jeruk nipis.
  • Campurkan madu dengan 2 sampai 3 sendok makan perasan jeruk nipis aduk hingga tercampur rata.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Kemudian oleskan campuran madu dan jeruk nipis tersebut ke seluruh bagian wajah Anda.
  • Biarkan mengering selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan rutin 2 kali selama seminggu untuk hasil maksimal.

5. Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Oatmeal

Oatmeal adalah Sejenis gandum yang memiliki kandungan serat tinggi. Oatmeal berkhasiat untuk mengobati kulit dan mengecilkan pori wajah. Berikut adalah cara mengecilkan pori dengan oatmeal:

  • Siapkan 2 sendok makan oatmeal, 5 sendok makan madu dan 2 sendok makan susu bubuk.
  • Campur dan aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata hingga seperti pasta.
  • Oleskan pasta tadi keseluruh wajah dengan melakukan pijitan memutar pelan dan sedikit penekanan.
  • Diamkan masker selama 10 sampai 15 menit.
  • Kemudian cuci dengan air hangat dan keringkan dengan tepukan ke wajah dengan menggunakan handuk.

6. Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Masker Pisang

Manfaat pisang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Dan untuk kulit, pisang bisa untuk mengecilkan pori kulit. Berikut cara penggunaanya:

  • Siapkan 1 buah pisang dan 1 sendok makan susu bubuk.
  • Kupas dan ambil daging buahnya.
  • Haluskan buah pisang dengan menggunakan blender dengan menambahkan sedikit air.
  • Tambahkan satu sendok makan susu bubuk dan aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan pada seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  • Kemudian bilas bersih dengan menggunakan air hangat.
  • Keringkan dengan menggunakan handuk berbahan halus.
  • Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Cara Lain Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Disamping dengan cara menggunakan bahan-bahan diatas. Berikut ini ada cara lain yang akan mendukung usaha mengecilkan pori-pori wajah

  • Cuci wajah menggunakan air dingin setelah Anda membilas dengan menggunakan air hangat.
  • Konsumsi cukup air minum agar kulit tidak kering atau dehidrasi.
  • Batasi Penggunaan penghilang komedo karena justru akan menyebabkan pori-pori membesar.
  • Hindari pemakaian scrub terlalu sering.
  • Gunakan tabir surya pada wajah setiap hari dengan SPF minimal 30.
  • Terkena sinar matahari siang terlalu lama akan menyebabkan kulit menjadi lebih kasar dan membuat pori-pori tampak lebih besar. Maka kenakan kacamata hitam dan topi besar saat beraktifitas di luar rumah.
  • Pilih dengan benar dan teliti produk perawatan kulit. Sebisa mungkin pilih produk dengan label noncomedogenic yang berarti tidak akan menyumbat pori. Pilih produk yang mengandung lavender atau rosemary dapat membantu mengurangi membesarnya pori-pori. Sementara produk yang bahannya mengandung magnesium dan zinc dapat membantu membersihkan pori-pori dan menjaga keseimbangan minyak pada kulit.
  • Rajin menjaga kebersihan kulit. Membersihkan kulit wajah secara teratur dapat mencegah penyumbatan pori agar tidak tertutup oleh timbunan minyak. Gunakan juga exfoliate setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu
  • Rajin mengonsumsi buah-buahan segar dan makanan sehat. Mengonsumsi makanan tidak sehat seperti cemilan kripik, permen, kue yang tinggi kadar lemak dapat meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori. Sebagai gantinya konsumsilah sayur dan buah.
  • Cucilah dahulu tangan sebelum membersihkan, mengoles atau memijat bahan apa pun pada wajah.

Demikianlah pembahasan tentang cara alami mengecilkan pori-pori di wajah. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami Dan Cepat

 

Loading...

Leave a Comment