4 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Sendiri dengan Mudah dan Benar

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Sendiri dengan mudah dan benar. Tidak semua orang baik itu pria atau wanita mengenali jenis kulit wajah sendiri, meskipun setiap hari menyentuh dan memperhatikannya setiap hari. Padahal dengan mengenal kondisi kulit wajah dengan melihat ciri-cirinya sangat perlu dilakukan agar tepat memilih produk perawatan kulit wajah. Selain itu, dengan mengenali apa jenis kulit wajah sendiri akan memudahkan cara merawatnya. Sebab perawatan kulit wajah itu berbeda-beda, sebagai contohnya, untuk cara merawat kulit kombinasi tentu beda dengan kulit yang sensitif.

Loading...

Nah, pada kesempatan ini, waras sehat akan membagikan cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri dengan mudah dan Bagaimana cara merawatnya dengan benar. Mengenali jenis kulit wajah bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah dan Anda bisa langsung mempraktekkannya sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya tentang pembahasan cara mengetahui jenis kulit wajah yang benar, berikut ini penjelasannya.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Sendiri

cara mengetahui jenis kulit wajah

Ada beberapa langkah mudah untuk kenali jenis kulit wajah anda sendiri. Apakah kulit wajah Anda termasuk jenis kulit wajah kombinasi, sensitif, kering, berminyak atau kulit wajah yang normal. Berikut ini beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri yang benar dan cara merawatnya, yaitu:

1. Menggunakan Tisu

Loading...

Cara mudah untuk mengenali jenis kulit wajah dan ciri-cirinya bisa dilakukan dengan menggunakan tisu atau dengan kertas make up khusus untuk mengangkat minyak. Anda cukup memperhatikan minyak yang menempel pada kertas make up atau tisu tersebut. Dan berikut ini cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu, adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kertas Make up khusus wajah atau tisu wajah.
  • Perhatikan dimana minyak-minyak pada kulit wajah terkumpul
  • Lakukan beberapa jam setelah Anda membersihkan wajah, dalam suhu ruangan yang normal (tidak dingin atau panas).
  • Tekan-tekan tisu tersebut pada area T-zone yaitu daerah hidung dan daerah dahi bagian atas alis mata.
  • Lalu Anda perhatikan, alihkan ke titik-titik lain pada wajah Anda, dan perhatikan lagi sisanya. Begitulah mengetahui jenis kulit wajah.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Putih Bersih dan Tidak Kusam Secara Alami dan Cepat

2. Menggunakan Cermin

Cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri selanjutnya dengan memanfaatkan cermin di rumah. Anda cukup memperhatikan ciri-cirinya Anda tanpa harus mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit untuk menanyakan jenis kulit wajah Anda. Cobalah bercermin pada cermin yang cembung dan perhatikan permukaan kulit atau pori-pori wajah. Adakah lemak berlebih atau kering ataukah ada nampak iritasi yang terlihat.

3. Perhatikan Pori-Pori Wajah

Melihat dan memperhatikan pori-pori wajah juga termasuk salah satu cara mengetahui jenis kulit wajah. Siapkan cermin dan cobalah amati kulit wajah. Jika terlihat banyak pori-pori yang membesar dan terlihat menyerupai kulit jeruk, maka ciri-ciri tersebut membuktikan bahwa jenis kulit wajah Anda yaitu jenis kulit berminyak. Namun sebaliknya jika tak terlihat pori-pori yang membesar dan tak nampak minyak yang menempel maka jenisnya kulit kering. Dan termasuk jenis kulit wajah kombinasi jika terlihat ciri-ciri adanya pori-pori lebih besar terdapat di area T, tapi tidak nampak di area pipi. Selain itu, bila terlihat pori-pori yang tidak membesar namun ada dibagian pipi maka bisa disebut Anda memiliki jenis kulit wajah normal.

4. Mencubit Pipi

Cara mengetahui jenis kulit wajah dan ciri-cirinya bisa juga dilakukan dengan cara mencubit kulit bagian pipi. Jika Anda merasakan ciri-ciri seperti terasa kenyal dan lembut ketika dicubit maka bisa disimpulkan bahwa jenis kulit wajah Anda tersebut kulit normal. Hal itu juga bisa menandakan bahwa jenis kulit wajah tersebut bukan jenis kombinasi atau pun jenis kulit kering. Namun jika saat mencubit pipi didapat sisa-sisa minyak pada kulit jari maka bisa disebut jenis kulit wajah tersebut berminyak.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Ciri-Cirinya

Dari 4 cara mengenali kulit wajah diatas yang paling direkomendasikan dengan melakukan tes kulit wajah dengan menggunakan tisu. Karena menggunakan tisu atau kertas makeup akan memberi kesimpulan yang jelas dan tepat tentang jenis kulit. Dibawah ini akan dibagikan tentang cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu yang benar dan tepat.

Menurut jenisnya, kulit wajah dibagi menjadi lima jenis, yaitu, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif. Kulit Wajah Anda termasuk jenis yang mana?. Silahkan lakukan  cara mengetahui jenis kulit wajah pria dan wanita berikut ini:

1. Kulit Wajah Normal

Cara mengetahui Jenis kulit wajah yang normal, yaitu tidak ada banyak sisa minyak, atau ada sedikit sisa minyak pada area T-zone. Ciri-ciri kulit wajah normal akan terasa lembut dan kenyal pada seluruh bagian wajah secara merata. Jika Anda memiliki kulit wajah yang normal, selamat! karena untuk perawatan kulit bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus pilah-pilih penggunaan produk kecantikan kulit.

Baca juga: Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih

2. Kulit Wajah Kering

Seperti cara mengetahui  jenis kulit normal, kulit kering tidak ada banyak minyak pada tisu. Namun ada ciri-ciri kulit wajah kering yang membedakan kulit normal yaitu adanya kulit yang mengelupas, terasa kencang dan kering pada seluruh bagian wajah secara menyeluruh. Jika hal itu yang nampak maka jenis kulit wajah Anda adalah berjenis kulit wajah kering.

3. Kulit Wajah Berminyak

Cara mengetahui jenis kulit wajah berminyak atau tidak, yaitu dengan melihat banyak sisa minyak pada tisu, atau kertas kosmetik penyerap minyak yang Anda gunakan. Minyak ini berasal dari seluruh bagian wajah, daerah T-zone, pipi, dagu, dan dahi. Sangatlah mudah mengetahui ciri-ciri kulit berminyak pada wajah karena biasanya jenis kulit ini memiliki pori-pori besar dan berjerawat.

4. Kulit Wajah Kombinasi

Ciri-ciri kulit kombinasi adalah jenis kulit berminyak dan kulit kering pada wajah. Cara mengetahui jenis kulit wajah kombinasi yaitu Jika tisu atau kertas minyak yang Anda gunakan terdapat banyak minyak pada area T-zone. Namun juga  mendapatkan sisa kulit yang mengelupas atau kering dan kencang. Jika Hasil ini yang didapat maka jenis kulit wajah Anda adalah jenis kombinasi.

5. Kulit Wajah Sensitif

Cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif yaitu tidak didapatkan minyak yang banyak pada tisu atau kertas minyak yang Anda gunakan. Namun cenderung kering dan kencang terasa di wajah Anda. Selain itu, ciri ciri kulit sensitif pada wajah yaitu sering mengalami wajah berwarna kemerahan, mengelupas dan gatal ketika memakai produk perawatan wajah dan juga sering berjerawat.

Nah, dari pembahasan di atas, Anda bisa mengetahui jenis yang manakah kulit wajah Anda. Hal ini tentu akan membantu perawatannya. Demikianlah cara mengetahui jenis kulit wajah secara mudah, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Salam cantik dan sehat!!

Baca juga: 11 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif Berminyak dan Berjerawat dengan Perawatan Mudah

Loading...

2 thoughts on “4 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Sendiri dengan Mudah dan Benar”

  1. Berarti kulit wajahku termasuk normal dong. Hehehehe…

    Tapi yang aneh kulit wajah suamiku. Kulit wajahnya berminyak, bahkan sering kelihatan mengkilat, tapi dia tidak pernah jerawatan. Selain itu, kalau terkena paparan sinar matahari, wajahnya tampak memerah.

    • kalau kulitnya suami, itu jenisnya kombinasi antara jenis kulit berminyak dan kulit sensitif mbk. Syukur kalau mbk jenis kulit wajahnya normal jadi mudah dalam perawatannya.

Leave a Comment