7 Cara Ampuh Mengobati Flu pada Ibu hamil Muda dan Tua Secara Alami

Cara ampuh mengobati flu pada ibu hamil muda dan tua secara alami.  Flu dan batuk merupakan masalah kesehatan yang sering menyerang pada ibu hamil. Pada umumnya gejala flu pada ibu hamil disertai batuk, pilek, sakit, demam tinggi, dan sakit pada tenggorokan. Bahkan biasanya dibarengi dengan keluhan lainnya seperti rasa sakit pada tubuh, diare, sakit kepala, muntah dan lelah. Penyebab flu pada ibu hamil dikarenakan mengalami daya tahan tubuh yang menurun yang menyebabkan rentan terkena flu. Biasanya flu yang dialami oleh ibu hamil akan berlangsung lebih lama.

Loading...

Mengobati flu pada ibu hamil harus dengan cara yang tepat. Sebab, pemilihan obat flu yang tidak tepat akan berdampak pada ibu hamil sendiri dan janin di dalam kandungannya. Oleh sebab itu, menghindari minum obat flu sembarangan adalah pilihan bijak demi kesehatan ibu dan terhindar dari dampak buruk pada kandungannya.  Cara mengobati flu pada ibu hamil yang tepat yaitu yang menggunakan cara alami, selain ampuh mengatasinya, cara alami juga lebih aman.

Cara Mengobati Flu pada Ibu Hamil Secara Alami dan Aman

mengobati flu pada ibu hamil

Flu pada ibu hamil berbahayakah?. Flu pada masa kehamilan muda (1-3 bulan sampai 4 bulan) atau hamil tua (5-8 bulan sampai 9 bulan) memiliki risiko komplikasi seperti pneumonia dan bronkhitis. Selain itu, flu pada ibu hamil juga bisa mempengaruhi pertumbuhan janin atau bayi yang dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, bahkan bisa memicu terjadinya persalinan premature. Untuk itu, penting mengatasi flu pada masa kehamilan, Berikut ini cara mengobati flu pada ibu hamil muda dan tua secara alami, yaitu:

1. Minum Air Putih dan Madu

Loading...

Flu pada ibu hamil bisa menyebabkan dehidrasi karena banyak cairan yang hilang. Maka sangat disarankan cara mengobati flu pada ibu hamil dengan banyak minum air putih. Diimbangi juga minum air hangat yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Air hangat yang baik untuk obat tradisional batuk pilek untuk ibu hamil dengan menambahkan madu. Selain itu, minumlah madu sebelum tidur yang berguna untuk mengatasi batuk pada saat flu tersebut.

Baca juga: Panas Dalam Pada Ibu Hamil dan Cara Mengobatinya Secara Alami

2. Mengkonsumsi Sup Hangat

Cara mengobati flu pada ibu hamil secara alami berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi sup ayam hangat. Sup hangat merupakan penambah gizi dan bermanfaat untuk meredakan flu dan batuk pada masa kehamilan dan juga meringankan hidung tersumbat yang terjadi.

3. (Menghirup Uap)

Menghirup uap air panas yang dituang pada wadah yang lebar merupakan cara mengobati flu pada ibu hamil yang manjur. Dengan menghirupnya pelan-pelan dan membuangnya dinilai ampuh untuk menyembuhkan flu dan hidung tersumbat ibu hamil. Menghirup uap air panas atau steam mampu meredakan flu dan menghilangkan hawa dingin.

4. Berkumur Air Garam

Cara mengobati flu pada ibu hamil yang ampuh berikutnya yaitu berkumur air hangat yang ditambahkan garam. Gunakan sedikit garam. Tuangkan air hangat pada gelas, campurkan setengah sendok teh garam lalu aduk hingga rata, kemudian berkumur. Ulangi beberapa kali dan bilas berkumur dengan air hangat yang tawar.

5. Mandi Air Hangat

Selain berkumur dengan air hangat dengan campuran garam, mandi air hangat termasuk cara mengobati flu pada ibu hamil. Melakukan mandi tersebut mampu meredakan flu dan hidung tersumbat. Mandi air hangat juga bisa membantu tubuh yang terasa pegal-pegal saat flu yang terjadi.

6. Istarahat yang Cukup

Manfaat istirahat yang cukup saat ibu hamil mengalami flu yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang menurun. Dengan cara mengobati flu pada ibu hamil ini akan membuat tubuh menjadi hangat dan daya tahan tubuh membaik sehingga flu akan segera reda.

7. Bantal Lebih Tinggi

Untuk meredakan flu ibu hamil selain istirahat yang cukup, sebaiknya saat tidur gunakanlah bantal lebih atau keadaan yang agak tinggi. Hal ini akan memudahkan pernapasan dan meredakan hidung yang tersumbat saat flu. Cara mengobati flu pada ibu hamil ini dengan cara menambahkan bantal di kepala agar napas lega dan berkhasiat untuk melegakan rongga hidung.

Sebagai tambahan cara meredakan flu pada ibu hamil agar lebih mujarab yaitu dengan membuang lendir. Lakukan buang ingus atau lendir saat flu yang akan membantu mengeluarkan bakteri atau virus yang menyebabkan flu tersebut. Demikianlah cara mengobati flu pada ibu hamil muda dan tua secara alami dan ampuh, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil

Loading...

Leave a Comment