4 Cara Mengobati Luka Luar Agar Cepat Kering Secara Alami

WarasSehat.com – Mengobati luka luar tidak melulu dengan obat-obatan kimia, namun bisa menggunakan bahan alami yang dengan mudah ditemukan. Bagaimana cara mengobati luka luar secara alami?

Loading...

Jenis luka luar ini antara lain luka kecelakaan, luka bakar, memar, lecet atau sejenisnya yang bersifat luka basah, bisa diobati dengan ramuan herbal. Obat luka luar dengan tradisional ini mampu mengeringkan luka secara cepat dan aman.

Pengobatan herbal utama adalah mencari unsur alam yang memiliki efek menyembuhkan kulit, antiradang, antiseptik, antiinfeksi dan menghilangkan rasa sakit atau analgesik. Ramuan-ramuan ini bisa mengobati luka luar khususnya luka ringan.

Jika mengalami luka yang berat, Anda bisa segera mencari pertolongan ke dokter atau rumahsakit. Mengobati luka luar dengan ramuan herbal, bisa digunakan pasca kecelakaan. Hal ini bermanfaat membantu proses penyembuhan setelah luka diamankan dan tidak terbuka.

mengobati luka luar

Loading...

Ramuan untuk mengobati luka luar ini menggunakan tanaman herbal, seperti Daun rumput liar, daun jarak cina atau yodium dan lidah buaya. oke kita langsung saja bahas apasaja bahan dan cara meramunya.

Cara Mengobati Luka Luar Secara Alami Dengan Obat Tradisional

Jika Anda mengalami luka seperti luka lecet, luka bakar, luka bernanah, memar, luka karena kecelakaan. Hal Pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari bahan ramuan herbal sebagai pertolongan pertama. Namun ini berfungsi selama luka masih tingkat luka ringan saja.

Ada 3 jenis ramuan yang akan saya bahas disini, yaitu ramuan daun rumput liar, ramuan dari pohon yodium atau jarak cina, dan Ramuan luka bakar (ramuan lidah buaya dan sosor bebek.

Baca juga: Obat Luka Luar Tradisional yang Bagus dan Paling Ampuh Biar Cepat Kering

Berikut ini beberapa obat tradisional untuk luka luar agar cepat kering yakni:

1. Rumput Liar

cara cepat menyembuhkan luar yang pertama yaitu dengan rumput liar, silahkan Anda pilih salah satu jenis tanaman berikut ini, binahong, bandotan, pegagan, komprey, daun sendok, jarak pagar, dan kitolod.

Cara meramunya adalah tumbuk halus salah satu bahan tadi, dengan alat penumbuk bersih dan steril, lalu tempelkan diatas luka. Gantilah setiap 2 sampai 3 kali sehari.

2. Pohon Yodium (Jarak Cina)

cara cepat menyembuhkan luka luar selanjutnya dengan menggunakan ranting jarak cina. Pertama, bersihkan luka dengan air dan antiseptik jika ada, keluarkan kotoran yang ada di dalam luka. Ambil 1 ranting yodium atau jarak cina langsung dari pohonnya dan oleskan getah ujung ranting ke luka. Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Cara Mengobati Luka Luar Kulit Bakar Secara Alami

Jika Anda mengalami luka bakar, tindakan pertama sebagai tindakan pertolongan adalah menyiram luka bakar tersebut dengan air keran bersih yang mengalir selama kurang lebih 5 menit, saya pengalaman langsung dengan luka seperti ini dan tindakan yang sederhana ini sangatlah membantu.

Setelah luka bakar diamankan, baru Anda bisa memilih ramuan luka bakar berikut ini, yaitu Ramuan lidah buaya dan ramuan sosor bebek. Berikut cara membuatnya:

  • Ramuan Lidah Buaya, Belah dua 1 daun lidah buaya dan tempelkan diatas luka. Ganti setiap 2 jam sekali.
  • Ramuan Sosor Bebek, Tumbuk 2 genggam daun sosor bebek sampai airnya keluar, lalu tempelkan diatas luka. Ganti setiap 2 jam sekali.
Loading...

Leave a Comment