Mengobati mandel

11 Cara Mengobati Radang Amandel Secara Alami Cepat Tanpa Operasi

Cara mengobati Radang amandel secara alami cepat tanpa operasi.  Radang amandel atau tonsilitis adalah radang yang terjadi di tonsil atau amandel. Masalah ini biasanya dialami oleh anak-anak. Penyebab radang amandel yang sering terjadi disebabkan oleh virus, selain itu bisa dikarenakan oleh bakteri.

Loading...

Gejala radang amandel yang dapat diketahui dengan sakit kepala, nyeri ketika menelan, demam dan batuk. Amandel adalah nama kelenjar getah bening yang setiap orang memilikinya. Ini adalah bagian dari sistem kekebalan kita. Amandel merupakan salah satu pembuatan dan pengeluaran sel-sel darah putih untuk melawan infeksi dan penyakit yang menyerang kita.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Amandel Dengan Cepat Secara Alami

Karena fungsi amandel ini tergolong sangat penting, sebaiknya amandel jangan diangkat untuk solusi mengobati radang amandel. Kecuali telah melalui pertimbangan yang matang dan alasan-alasan medis yang mengharuskan amandel kita diangkat.

Cara Mengobati Radang Amandel Dengan Obat Tradisional Paling Ampuh

Mengobati radang amandel

Dua jenis ramuan herbal untuk menyembuhkan radang amandel yang akan saya bagikan disini yaitu : Ramuan Kunyit, Madu dan jeruk Nipis Dan Ramuan Pecut Kuda.

Loading...

1. Kunyit

Jeruk nipis merupakan salah satu buah untuk amadel. Hal ini karena jeruk nipis tinggi akan kandungan vitamin C dan kaya serat. Berikut ini cara Mengobati Radang Amandel dengan ramuan jeruk nipis, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas jari kunyit, 1 buah jeruk nipis, dan satu sendok makan madu alami.
  • Parut kunyit sampai halus dan campurkan perasan jeruk nipis, saring,  kemudian tambahkan madu.
  • Minum 2-3 kali, jika ada  daun pegagan maka akan lebih bagus untuk ditambahkan agar ramuan ini lebih manjur. Ambil segenggam daun pegagan dan tumbuk sampai halus, lalu campurkan ramuan tadi.

2. Pecut Kuda

Pecut kuda atau jarong (starchytarpheta jamaicensis), termasuk rumput liar yang sering ditemukan di alam. Saya sering melihat masyarakat pedesaan khususnya jawa, yang menggunakan ramuan ini sebagai obat untuk melancarkan haid, maka sangat dilarang wanita hamil mengkonsumsinya. Cara  Mengobati Radang Amandel dengan ramuan tradisional  pecut kuda, yaitu:

  • Rebus 1 genggam daun dan bunga pecut kuda dengan 2 gelas air hingga 1 gelas.
  • Minum, lakukan 2 kali sehari sampai sembuh (maksimal 1 minggu).

3. Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi alternatif yang murah. Salah satu cara memanfaatkan bawang putih untuk mengobati amandel adalah dengan cara merebusnya. Caranya mudah, cukup rebus 2 siung bawang putih dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Kecilkan api. Setelah 10 menit, padamkan api dan saring bawang putih. Air rebusan bawang putih ini dapat Anda nikmati selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis. Namun sebelum meminumnya, konsultasikan dulu dengan dokter Anda karena minuman ini dapat mengencerkan darah.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat praktis digunakan. Harga ekonomis dan mudah didapatkan di pasar swalayan. Untuk menyembuhkan amandel, anda dapat mengkonsumsi air perasan jeruk nipis.
Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 3 buah jeruk nipis tua. Kemudian peras dan ambil sarinya. Seduh dengan 1 gelas air hangat di campur 2 sendok makan madu murni. Minum secara rutin diwaktu pagi, siang dan malam hari.

5. Bawang Merah

Cara mengobati radang amandel dengan bawang merah sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan dua cara yaitu dikunyah dan diminum. Berikut caranya:

1. Dikunyah

Ambil 1-2 siung bawang merah kemudian kupas dan bersihkan sehingga tidak ada sisa kulit dan kotoran yang menempel, kemudian langsung di kunyah dan di telan atau di potongh terlebih dahulu kemudian kunyah dan telan. Lakukan 2x sehari

2. Diminum

Bersihkan 2-3 siung bawang merah kemudian potong menjadi 2/3 bagian lalu rebus dalam air secukupnya, rebus hingga mendidih, angkat dan tiriskan kemudian minum air rebusan bawang merah tersebut, lakukan 2x sehari.

6. Air perasan lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis sama-sama memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi. Sifat tersebut dapat merawat infeksi dan peradangan. Kandungan vitamin C di keduanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Untuk digunakan sebagi obat radang amandel, air perasan lemon dan jeruk nipis dicampur dengan sedikit garam atau kapur sirih. Minum secara teratur dua kali sehari hingga amandel mengecil.

7. Kayu Manis

Kayu manis ternyata juga bisa membantu meredakan radang amandel karena banyak mengandung senyawa sifat antimikroba. Hal itu berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang melekat di amandel. Untuk pengobatan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas dan campurkan dua sendok teh madu.

8. Mengkudu

Mengkudu mengandung banyak gizi dan vitamin yang bisa dijadikan sebagai obat herbal penyembuh amandel.Cara mengonsumsinya adalah memarut mengkudu lalu ampasnya dicampur dengan air hangat dan madu.

9. Lemon Plus Madu

Lemon memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin c di dalamnya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Tambahkan perasan air lemon (1 buah), sedikit garam dan satu sendok teh madu dalam segelas air hangat. Minum secara perlahan dan lakukan dua kali dalam sehari.

10. Daun Kemangi

Daun kemangi adalah sayuran yang memiliki manfaat sebagai obat karena memiliki sifat anti-virus dan anti-peradangan. Selain itu sifat penyembuhan dan sifat menenangkan daun kemangi akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Tambahkan 10-12 daun kemangi dalam satu setengah gelas air. Rebus selama 10 menit. Saring dan tambahkan dengan perasan air lemon (dari satu buah lemon). Tambahkan satu sendok teh madu untuk mempermanis rasa.

Tips Mengobati Radang Amandel Agar Cepat Sembuh

Inilah beberapa tips yang baiknya Anda lakukan untuk menyembuhkan radang amandel pada anak anak dan orang dewasa, yaitu:

  • Coba kurangi mengkonsumsi makanan pantangan amandel seperti, produk susu dan makanan manis, jika sering mengalami masalah pada amandel
  • Tidak mengkonsumsi Pantangan amandel lainnya yaitu makanan atau minuman dingin dan berbagai macam jenis es, makanan pedas, serta makanan olahan.
  • Hindari minuman beralkohol dan merokok.
  • Banyak beristirahat akan membantu sistem pengobatan, lepas dari penyakit yang tengah dialami. Beristirahatlah di siang hari serta istirahat pada malam hari selama 8 jam.
  • Minuman yang hangat membantu menghangatkan tenggorokan hingga perlahan-lahan mengempiskan pembengkakan amandel.
  • Radang amandel umumnya membuat Anda malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan.
  • Larutan garam tak hanya menyembuhkan gusi bengkak dan sakit gigi, tapi juga amandel yang digunakan sebagai obat kumur.
  • Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi.
  • Bila rasa sakit di tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, Anda bisa minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Buat anak-anak di bawah lima tahun, konsultasikan dulu dengan dokter anak obat pereda nyeri seperti apa yang aman dikonsumsi.

Itulah tips untuk memaksimalkan masalah radang amandel, Demikianlah cara mengobati radang amandel dengan ramuan alami. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Penyebab Amandel Dan Pencegahannya Secara Alami

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *