Cara Mengobati Susah Buang Air Besar Secara Alami

Cara mengobati susah buang air besar. Susah buang air besar atau sembelit disebut juga dengan konstipasi. Sembelit adalah masalah paling umum terjadi di masyarakat. Bagaimana mengatasi susah buang air besar secara alami ?. Kali ini waras sehat  akan memberikan tips obat sembelit alami, yaitu dengan menggunakan obat tradisional herbal. Sebelum kita bahas cara mengatasi sulit buang air besar secara alami, dan bahan apa saja yang dibutuhkan serta bagaimana cara meramunya. Ada baiknya Anda tahu beberapa hal yang menjadi faktor penyebab susah buang air besar tersebut.

Loading...

Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor penyebab susah buang air besar, antara lain gaya hidup yang sedentary atau kurang bergerak, pola makan yang kurang serat seperti sayur dan buah-buahan, konsumsi stimulan yang berlebihan, seperti rokok, kopi, bumbu pedas serta stres.

Cara mengobati susah buang air besar  diantaranya dengan berolahraga. Olahraga sangat disarankan bagi mereka yang kesehariannya kurang gerak. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang pekerjaannya banyak duduk, seperti karyawan kantor.

Selain itu cara mengatasi sulit buang air besar dengan banyak mengkonsumsi buah. Buah-buahan . Seperti, pisang dan perbanyak juga konsumsi sayuran hijau, karena pada sayuran hijau mengandung tinggi serat. Serat sangat dibutuhkan organ pencernaan kita untuk membantu melancarkan buang air besar (BAB).

Loading...

Obat Tradisional Untuk Mengobati Susah Buang Air Besar Atau Sembelit

mengobati susah buang air besar

Tips melancarkan buang air besar, yaitu perbanyak konsumsi asupan serat setiap hari dengan banyak makan buah dan sayuran dan berhenti merokok dan minum kopi. Mengurangi makan makanan pedas dan mengatasi stres, akan membuat Anda terhindar dari masalah sembelit dan merupakan cara mengatasi susah buang air besar.

Baca juga: Cara Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Susah buang air besar sering dikaitkan dengan keadaan liver yang terlalu panas dan usus besar yang tegang. Selain masalah fisik, gaya hidup dan pola makan, susah buah air besar juga disebabkan oleh ketidakseimbangan emosi dan mental seperti stres.

Penderitanya biasanya sering tegang dan mudah emosi, marah, atau memendam amarah. Solusi lain mengobati susah buang air besar adalah dengan ramuan yang bersifat sejuk, menyeimbangkan fungsi hati atau liver, menenangkan usus yang tegang dan menstimulasi sekresi usus.

Obat Untuk Mengobati Susah Buang Air Besar

Obat susah buang air besar pada orang dewasa ini, bisa dilakukan dengan meminum ramuan tradisional sembelit. Ada beberapa bahan ramuan herbal yang bisa digunakan yaitu daun cermai dan daun lidah buaya. Dan berikut adalah dua macam ramuan untuk mengatasi sulit buang air besar:

 1. Ramuan Daun Cermai.

Ramuan ini hanya berbahan daun cermai dan air. Cara membuat ramuannya adalah, cuci 3 gram daun cermai, lalu tumbuk hingga halus. Seduh dengan setengah gelas air panas, kemudian dinginkan. Minum sekaligus dengan ampasnya, 2 kali sehari. Selain minum ramuan tersebut, Anda juga makan 1 atau 2 buah cermai langsung juga bisa mengatasi susah buang air besar.

2. Ramuan  Lidah Buaya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 1 daun lidah buaya, dikupas dan diiris, 1 ruas kunyit dan temulawak kupas dan iris juga, dan 1 sendok makan madu. Cara membuatnya: Masukkan semua bahan, kecuali madu ke dalam 2 gelas air dan rebus hingga mendidih selama 5 menit. matikan api, lalu aduk, dan saring ke dalam gelas. Tunggu sampai agak dingin, lalu tambahkan madu. Bagi ramuan ini menjadi dua untuk Anda minum pagi dan sore sebelum makan.

Tips Mengobati Susah Buang Air Besar Pada Orang Dewasa

Beberapa tips untuk menyembuhkan susah buang air besar yang membantu memaksimalkan efek dari minum ramuan tadi. Inilah tips menyembuhkan susah buang air besar, yaitu:

  • Pola makan sangat mempengaruhi kondisi sembelit. Usahakan banyak makan makanan berserat, seperti sayur dan buah segar. Daun singkong, daun ubi jalar, kol, kecambah, minyak wijen, dan kangkung. ini merupakan sayuran pencahar sebagai cara mengobati susah buang air besar Anda
  • Tingkatkan konsumsi makanan utuh dan hijau. Hindari makanan olahan, daging berlebihan, gorengan dan roti terigu.
  • Olahraga rutin juga akan membantu pencernaan Anda dan mampu mengurangi hormon-hormon penyebab stres.

Demikianlah cara mengobati susah buang air besar dengan cara alami. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

 

Loading...

Leave a comment