9 Cara Meningkatkan Konsentrasi pikiran Agar Selalu Tetap Fokus

Cara meningkatkan konsentrasi pikiran agar selalu tetap fokus. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan konsentrasi. Salah satunya membantu kita tetap fokus pada yang kita lakukan. seperti saat mengerjakan tugas atau saat bekerja dengan konsentrasi maka membuat pekerjaan-pekerjaan kita dengan mudah dan cepat terselesaikan. Tidak hanya itu saja, dengan tetap fokus dengan konsentrasi pikiran yang baik akan membuat hasil dari pekerjaan kita jauh lebih baik.

Loading...

Cara meningkatkan konsentrasi membutuhkan usaha, waktu dan berlatih yang dilakukan secara terus menerus. Salah satu tips untuk meningkatkan konsentrasi agar tetap fokus seperti meditasi. Meditasi diyakini mampu meningkatkan konsentrasi pikiran dengan mengasah kemampuan otak untuk tetap fokus. Selain meditasi, banyak upaya lain yang dipercaya ampuh sebagai cara meningkatkan konsentrasi pikiran. di bawah ini beberapa upaya untuk menjaga konsentrasi dan fokus tetap baik.

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus dengan Mudah dan Alami

cara meningkatkan konsentrasi pikiran

Banyak pengaruh buruk dengan berkurangnya konsentrasi seperti gagal fokus, menurunnya daya berpikir dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini beberapa upaya dan cara meningkatkan konsentrasi pikiran agar selalu tetap fokus, antara lain:

1. Mengkonsumsi Pisang

Loading...

Salah satu cara meningkatkan konsentrasi paling mudah yaitu dengan teratur mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Ternyata pisang yang sering dimanfaatkan untuk buah pencuci mulut ini memiliki kegunaan yang luar biasa pada otak kita, salah satunya membantu menambah daya konsentrasi pikiran. Hal itu tidak terlepas dari kandungan buah obat sembelit alami ini,  setiap 100 gram buah pisang mengandung 358 mg (miligram) kalium. Kalium yang dimiliki buah pisang lebih tinggi dari buah-buahan lainnya. nutrisi inilah yang membantu otak kita lebih fokus dengan apa yang kita pikirkan dan kita kerjakan. Untuk menambah konsentrasi bisa dengan mengkonsumsi buah pisang secara langsung atau dengan membuatnya menjadi jus yang menyegarkan.

2. Hindari Stres

Menjauhkan kita dari stres yang berkepanjangan adalah cara meningkatkan konsentrasi agar tetap baik. Stres memang merupakan faktor penyebab paling umum mengalami gagal fokus, hilang konsentrasi dan banyak lainnya. Nah, dengan membiasakan diri dengan membuat hati lebih senang akan menambah daya konsentrasi tetap terjaga. Hal itu bisa dilakukan dengan jalan-jalan ke tempat yang disukai, atau tandang ke rumah teman yang lama tidak bertemu dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

2. Hindari sering melamun

Cara meningkatkan konsentrasi yang paling ampuh yaitu dengan menjauhkan diri kita dari kebiasaan sering melamun. Melamun merupakan kegiatan yang menjadi salah satu faktor menurunnya daya konsentrasi otak. Dengan sering melamun tingkat konsentrasi menjadi rendah dan malas. Selain itu, tidak baik untuk tubuh karena akan berakibat menjadi lemas kurang gairah hidup. Untuk mencegah melamun sangat mudah, diantaranya dengan sibukkan diri Anda untuk melakukan aktivitas.

3. Istirahatkan Otak

Tidak hanya tubuh saja yang membutuhkan istirahat setelah beraktifitas. Otak juga perlu dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Luangkan waktu sebentar yaitu 15 menit untuk berhenti melakukan aktivitas seperti tidur meski hanya memejamkan mata tanpa lelap. Mengistirahatkan otak untuk berpikir sejenak merupakan cara meningkatkan konsentrasi yang mujarab dan mudah agar otak bisa beristirahat. Dengan itu, otak akan beristirahat dan kembali segar untuk mendukung aktivitas kita kembali.

4. Relaksasi Pikiran

Cara meningkatkan konsentrasi yang efektif lainnya yaitu dengan melakukan relaksasi pikiran. Luangkan waktu 5 sampai 10 menit untuk rileksasi pikiran sebelum tidur. Caranya sangat mudah yaitu dengan memejamkan mata dengan mengatur nafas dalam. Ambil nafas dalam dan buang perlahan lewat mulut, cara ini akan membantu pikiran kita lebih segar esok harinya.

5. Fokus Menyelesaikan Satu Hal

Cara meningkatkan konsentrasi pikiran saat bekerja yang paling baik adalah dengan fokus mengerjakan 1 pekerjaan. Dan kemudian bisa melanjutkan pekerjaan lain untuk diselesaikan. Kebiasaan melakukan lebih dari satu hal untuk dikerjakan menjadikan kita gagal fokus atau berkurangnya konsentrasi. Mungkin niatnya ingin lebih cepat selesai namun yang terjadi malah sebaliknya, lama terselesaikan. Membiasakan otak dengan fokus banyak hal akan menurunkan tingkat konsentrasi otak.

6. Atur Situasi

Cara meningkatkan konsentrasi pikiran lainnya yaitu dengan mengkondisikan keadaan. Keadaan yang tidak tenang dan nyaman akan mengurangi fokus dan menurunkan tingkat konsentrasi. Membiasakan diri mengerjakan sesuatu yang butuh konsentrasi namun pada lingkungan yang tidak nyaman seperti bising akan menurunkan tingkat konsentrasi.

7. Berolahraga Teratur

Olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain kegiatan tersebut menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan terhindar dari sakit, ternyata kegiatan olahraga merupakan cara meningkatkan konsentrasi pikiran agar tetap fokus. Biasakan dengan pola hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga setiap hari agar tubuh sehat dan konsentrasi akan jauh lebih baik.

8. Meditasi

Meditasi merupakan cara meningkatkan konsentrasi pikiran yang paling ampuh. Melakukan meditasi berguna untuk membantu menambah kemampuan konsentrasi otak agar selalu tetap fokus dalam melakukan hal apa pun. Dengan melakukan meditasi cara apa saja seperti duduk bersilah dengan memejamkan mata dan mengatur ritme nafas dengan baik diyakini mampu mengasah konsentrasi.

9. Istirahat yang Cukup

Tidur yang baik merupakan cara meningkatkan konsentrasi, dengan membiasakan mengatur jam tidur dan menjaga waktu tidur malam yang baik yaitu 8 jam akan berguna menambah fokus pikiran menjadi lebih baik. Banyak orang kehilangan konsentrasi mereka, saat kurang tidur atau terlalu banyak begadang. Banyak menghabiskan waktu tidur juga tidak baik untuk konsentrasi, maka sebaiknya atur jam istirahat Anda dengan melakukan istirahat dengan waktu 8 jam per hari.

Demikianlah beberapa upaya dan cara meningkatkan konsentrasi pikiran agar selalu tetap fokus dalam keseharian dan pekerjaan kita. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Stres Mendatangkan Penyakit Berbahaya, Waspadalah!

Loading...

Leave a Comment