7 Cara Menjaga Kesehatan lidah Agar Terhindar dari Bau Mulut dan Kanker Lidah

Cara menjaga kesehatan lidah agar tidak menimbulkan bau mulut. Tahukah Anda, jika di dalam mulut kita terdapat ribuan bakteri yang tinggal dan sangat mudah berkembang. Maka jika tidak menjaga kebersihan mulut bakteri dan kuman tersebut akan berkembang menjadi lebih banyak yang akhirnya menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Memelihara kesehatan mulut meliputi menggosok gigi dengan rutin dan benar, membersihkan lidah dan lainnya.

Loading...

Cara menjaga kesehatan lidah yang benar ditambah dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok akan menjadikan mulut dan gigi sehat serta terhindar dari masalah bau mulut. Tidak sekedar itu saja, masih banyak yang meski dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut dan lidah. Nah, agar lebih tahu dan jelas tentang cara menjaga kesehatan lidah dan mulut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Lidah yang Benar dan Manfaatnya

cara menjaga kesehatan lidah

Banyak Manfaat menjaga kebersihan mulut pada gigi, gusi dan lidah. Dan salah satu manfaatnya yaitu untuk mencegah timbulnya bau mulut yang tak sedap. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan mulut akan menghindari gigi sakit, gusi bengkak yang disebabkan kuman dan bakteri, plak, dan karang gigi pun bisa dihindari. Masalah bau mulut sering membuat kita minder, memalukan, dan merusak suasana saat berkomunikasi dengan orang lain. Nah, untuk menghindari hal itu dialami oleh Anda, berikut ini cara menjaga kesehatan lidah yang benar, yaitu:

1. Membersihkan Lidah

Loading...

Cara menjaga kesehatan lidah yang pertama dan harus dilakukan yaitu dengan membersihkan lidah setiap hari. Cara membersihkan lidah bisa dilakukan dengan mudah, yaitu cukup menggunakan alat pembersih lidah dengan gerakan menarik dari arah dalam ke luar. Jika tidak mempunyai alat pembersih lidah khusus bisa menggunakan sikat gigi. Memang hal ini menyebabkan kurang nyaman, bahkan terasa mau muntah. Lakukan secara pelan-pelan saja. Anda juga bisa menambahkan pasta gigi dalam membersihkan lidah.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa di Bulan Ramadhan

2. Banyak Minum Air Putih

Cara menjaga kesehatan lidah agar tidak membuat bau mulut dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Minum secara teratur air putih akan menekan pertumbuhan bakteri di dalam mulut Anda. Dan juga dapat melarutkan sisa-sisa makanan atau plak-plak yang ada dan menempel di lidah.

3. Berkumur

Cara menjaga kesehatan lidah selanjutnya yaitu berkumur. Penyebab bau mulut dan kurang bersihnya lidah yaitu sisa makanan. Sisa makanan yang menempel pada lidah akan menimbulkan bau tak sedap, dan jika menempel atau di sela-sela gigi bisa menimbulkan karang gigi dan juga bau mulut. Nah, cara menghindarinya yaitu dengan membiasakan dengan berkumur setelah makan.

Cara Menjaga Kesehatan Lidah Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker Lidah

Kebersihan mulut harus dijaga dan teratur dilakukan setiap hari. Menurut penelitian menyebutkan salah satu penyebab kanker lidah selain pola hidup yang tidak sehat, termasuk kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan lidah. Nah, berikut ini cara menjaga kesehatan lidah untuk mencegah kanker lidah, yaitu:

1. Berhenti Merokok

Cara menjaga kesehatan lidah untuk mencegah kanker lidah yaitu berhenti merokok. Khusus para perokok yang merokok cigarette, cerutu, dan yang menggunakan pipa adalah sama saja menjadi penyebab kanker. Merokok merupakan faktor pemicu resiko kanker lidah paling utama. Menghindari tembakau atau memutuskan untuk berhenti merokok, merupakan hal paling tepat untuk mengurangi risiko kanker tersebut.

2. Hindari Alkohol

Menjauhkan minum alkohol merupakan langkah tepat untuk cara menjaga kesehatan lidah dan mulut untuk terhindar dari kanker lidah. Minuman Alkohol juga merupakan penyebab lain risiko terserang kanker lidah. Dengan Anda memutuskan untuk berhenti atau menghindari alkohol merupakan langkah yang benar untuk mencegah risiko terserang penyakit kanker lidah ini.

3. Periksakan Mulut

Memeriksakan gigi, mulut dan lidah ke dokter merupakan langkah tepat sebagai cara menjaga kesehatan lidah agar terjauhkan dari kanker lidah. pemeriksa secara rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi. Manfaatnya, Selain bisa dapat mengurangi risiko kanker lidah, mencegah karang gigi, gusi sakit, gigi berlubang, kanker mulut, kanker lidah, dan penyakit gigi lainnya.

4. Menggunakan Obat Kumur.

Langkah terakhir cara menjaga kesehatan lidah dan mulut adalah dengan menggunakan obat kumur. Disarankan untuk Anda menggunakannya setelah selesai menggosok gigi. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari masalah-masalah mulut, seperti bau mulut atau masalah kesehatan mulut lainnya.

Demikianlah ulasan tentang cara menjaga kesehatan lidah dan mulut yang benar serta manfaatnya.  Semoga info ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya dan salam sehat!!

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Parah Secara Alami

Loading...

Leave a comment