12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami

Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami. Mata sering disebut dengan jendelanya dunia. Hal itu diartikan keberadaan mata bagi manusia sangat penting dan termasuk organ vital. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk selalu merawat mata agar tetap berfungsi dengan baik dan mencegah masalah kesehatan mata, seperti mata minus (Miopi). Rabun jauh tersebut merupakan  gangguan esehatan mata yang paling umum dialami orang yang memiliki kekurangan dalam melihat obyek jauh. Masalah mata minus bisa dialami oleh siapa pun, baik itu pria atau wanita. Bahkan menyerang pada semua usia dari mulai anak-anak dan dewasa.

Loading...

Nah, oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata agar terhindar dari mata rabun jauh. Cara menghindari mata minus bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat dan menghindari penyebab-penyebab mata minus, seperti membaca dengan posisi tidur, terlalu lama terkena radiasi monitor komputer, menonton televisi dengan jarak dekat dan sebagainya. Selain melakukan dua hal tersebut, ada beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami, dan berikut ulasannya di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Agar Tidak Minus

cara menjaga kesehatan mata

Penderita mata minus biasanya dianjurkan untuk memakai kacamata minus atau menggunakan lensa kontak untuk membantu penglihatannya agar lebih jelas. Namun 2 cara tersebut bukan merupakan cara untuk mengurangi mata minus. Secara medis untuk menurunkan mata minus bisa dilakukan dengan cara operasi lasik. Tentu dengan melakukan operasi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Nah, sebelum mengalami mata minus tersebut maka sangat perlu bagi kita semua untuk berusaha mencegah mata minus. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus secara alami, yaitu:

1. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Loading...

Cara menjaga kesehatan mata yang paling dianjurkan yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Sayur dan buah merupakan bahan-bahan alami yang sangat baik untuk dikonsumsi. Manfaat buah dan sayur bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga mata Anda. Banyak jenis makanan untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya yaitu buah wortel, alpukat, bawang merah, bawang putih, telur, ikan salmon, bayam, dan sayuran yang berwarna hijau lainnya. Jenis buah yang sangat terkenal manfaatnya untuk mata yaitu wortel. Dengan mengkonsumsi wortel sebagai bahan sajian makanan harian atau dengan membuatnya menjadi jus maka akan menyehatkan mata dan mencegah mata menjadi minus.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami dan Cepat

2. Kompres Air Dingin

Cara menjaga kesehatan mata dengan alami selanjutnya yaitu dengan mengompres atau menempelkan air dingin pada kelopak mata. Perawatan alami mata ini selain menyehatkan mata juga bisa menghindari mata lelah dan mata minus. Berikut ini tips menjaga mata agar tetap sehat dengan air dingin, yaitu:

  • Celupkan selembar kapas ke dalam susu dingin dan tempelkan pada mata yang tertutup selama 10 menit.
  • Lalu rileks kan mata Anda sepenuhnya. Hal ini akan membantu otot-otot mata menjadi lebih rileks dan mengatasi mata lelah setelah beraktifitas.

3. Menempelkan Kentang

menjaga kesehatan mata

Cara alami merawat kesehatan mata agar tidak minus dan sehat yaitu dengan menggunakan kentang. Kentang memiliki kandungan yang baik untuk mata. Dengan menggunakannya sebagai perawatan mata yang teratur juga akan mencegah mata rabun. Berikut ini cara menjaga kesehatan mata dengan kentang, yaitu:

  • Parut kentang beserta kulitnya, lalu tempelkan parutan tersebut pada mata yang tertutup selama kurang lebih 20 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan kemudian rileks sepenuhnya.
  • Perawatan mata dengan kentang berguna menjaga otot mata Anda tetap kencang dan menjadi cara mencegah mata minus bertambah.

4. Mentimun

Selain wortel, buah yang baik untuk merawat kesehatan mata adalah timun. Penggunaan mentimun untuk mata terkenal oleh kalangan wanita. Memang buah hijau lonjong ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk mata. Diantara, timun bisa mengatasi mata lelah, mata panda dan iritasi pada kulit sekitar mata. Bahkan penggunaan timun diyakini sebagai cara mencegah mata minus secara alami. Berikut ini cara menjaga kesehatan mata dengan mentimun, yaitu:

  • Siapkan mentimun dan cuci bersih
  • Potong tipis lalu ambil irisan mentimun tersebut dan letakkan di atas mata tertutup.
  • Diamkan antara 15 hingga 20 menit setelah itu basuh muka dan mata dengan air

5. Dadih (Fermentasi Susu)

Cara menjaga kesehatan mata secara alami bisa juga dilakukan dengan menggunakan dadih. Apa itu dadih?. Dadi merupakan susu sapi atau kerbau yang diproses fermentasi. Manfaat dadih untuk mata diantaranya bisa mengatasi iritasi mata, menyembuhkan mata merah dan terasa gatal. Bahkan bisa sebagai cara mencegah mata minus bertambah. Berikut ini cara menjaga kessehatan mata secara alami dengan dadih sangat mudah. caranya dengan memijat ringan kulit mata dengan menggunakan dadih.

6. Membersihkan Mata

Cara menjaga kesehatan mata secara alami yang mudah adalah dengan rajin membersihkan mata. Membasuh mata dengan air dingin merupakan cara mudah membersihkan mata. Sering melakukannya setelah beraktivitas akan berguna menjadikan rasa sejuk pada kulit mata dan membuat mata kembali segar. Selain itu, membasuh mata dengan air bisa berguna mencegah iritasi mata dan mencegah mata minus secara alami.

Baca juga: 12 Cara Merawat Mata dengan Baik dan Menjaganya Agar Tetap Sehat

7. Penggunaan lensa kontak (soft lens)

Memang menggunakan lensa kontak bisa membantu penderita mata minus memperjelas penglihatannya. namun tahukah dengan penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama bisa menimbulkan masalah. Salah satu efek samping menggunakan lensa kontak bagi mata yaitu akan membuat mata cepat lelah dan membuat otot saraf mata menegang atau kontraksi. Bagi Anda penderita mata minus yang menggunakan lensa kontak perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mata mereka agar tidak bertambah minusnya. Cara yang paling jitu untuk mencegah mata minus bertambah yaitu dengan pintar menggunakan lensa kontak yang dipakai. Hindari pemakaiannya terlalu lama.

8. Hindari Membasuh Wajah

Cara menjaga kesehatan mata secara alami selanjutnya dengan penting melakukan cara membasuh muka yang benar. Membasuh dengan cara yang salah seperti secara kasar dan buru-buru akan mengganggu kesehatan mata. Membasuh muka dengan cara tersebut tidak dibenarkan karena bisa membuat partikel kecil di mata dan bisa melukai bahkan terjadi alergi. Selain itu cara membasuh wajah yang tidak benar akan berakibat buruk, yaitu melukai kornea atau akan membuat Anda terasa pedih dan bisa penyebab mata rabun.

9. Hindari Sapu Tangan

Cara menjaga kesehatan mata secara alami yaitu dengan menjauhkan sapu tangan sebagai pembersih mata dengan mengelapnya. Mengelap mata sangat tidak dianjurkan karena akan mengganggu kesehatan mata. Efek dari mengelap mata dengan sapu tangan bisa menjadi penyebab iritasi mata dan kulit dan penyebab mata merah. Maka untuk cara mengelap mata yang benar, gunakanlah tisu lembut. Hal itu juga akan merawat mata yang sensitif.

10. Atur Jarak Menonton TV

Menonton televisi memang mengasyikkan bisa melupakan waktu. Berlama-lama di depan televisi akan berpengaruh pada mata kita. Menonton tv dengan jarak yang terlalu dekat merupakan  salah satu faktor penyebab mata minus paling umum, selain radiasi layar laptop atau komputer. Oleh karena itu perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus dan tetap sehat, yaitu dengan mengatur jarak menonton dengan benar. Melihat tv yang benar yaitu dengan jarak minimum idealnya adalah 4,5 meter dari tv. Sedangkan saat Anda membaca, jaga juga jarak mata Anda dari buku tersebut minimal setengah meter.

11. Hindari Kosmetik Kadaluarsa

Masih untuk para wanita, penting untuk Anda mengetahui cara menjaga kesehatan mata. Selain menghindari krim make up, Sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan kosmetik kadaluarsa. Contohnya, maskara perlu Anda perhatikan usia kosmetik tersebut. Masa kadaluarsa maskara adalah lebih dari setahun. Jika Anda tetap memakainya, maka akan membuat kulit mata menjadi lemah. Untuk lebih jelasnya tentang masa kadaluarsa kosmetik bisa dibaca pada artikel sebelumnya di sini: Masa Kadaluarsa Produk Kosmetik dan Cara Mengetahuinya

12. Hindari Krim Make Up

Untuk para wanita perlu mengetahui cara menjaga kesehatan mata dengan lebih cermat. Berhati-hati dalam menggunakan make up, seperti penggunaan krim make up untuk mata atau eyeshadow berbentuk tabur. Hindari pemakaian make up yang berbentuk tabur untuk merias area sekitar mata karena taburan ini dapat masuk ke mata yang bisa mengakibatkan iritasi di bagian otot  mata dan kulit di dekat mata. Selain itu dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan gangguan mata seperti katarak, mata minus dan lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang cara menjaga kesehatan mata secara alami. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Menyembuhkan Mata Minus dengan Lilin, Ampuhkah?

 

Loading...

3 thoughts on “12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami”

  1. terimakasih min bagus artikelnya bisa menambah wawasan..

  2. ARTIKEL YANG SANGAT BAGUS DAN BERMANFAAAT…..GOOD JOB MIN

Leave a Comment