9 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungannya

Manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungannya. Mentimun atau sering disebut dengan ketimun merupakan jenis sayuran yang banyak dikenal masyarakat dan digunakan sebagai bahan masakan dan lalapan. Namun tahukah Anda jika mentimun ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Loading...

Perlu diketahui bahwa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Mentimun mengandung 0,65% Protein, 0,1% lemak dan 2,2% adalah karbohidrat, selain itu, ketimun juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B1,B2 dan vitamin D. Nah, setelah kita tahu kandungan mentimun, lantas apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah

manfaat mentimun

Ternyata tidak hanya pada daging mentimun saja yang memiliki khasiat sebagai obat alami. Pada biji ketimun ternyata juga bermanfaat untuk pengobatan alami. Biji mentimun mengandung racun alkoloid jenis hipoxantin, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan. Bagaimana dengan buah dan kulitnya, berikut beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

Loading...

Pada kulit mentimun memiliki kandungan serat, vitamin A, mineral silika, kalium dan magnesium. Dengan kandungannya tersebut maka jika dikonsumsi dengan kulitnya akan mendapatkan khasiat untuk tubuh. Manfaat mentimun jika dimakan dengan kulitnya mampu memelihara kesehatan jaringan tubuh seperti otot, sendi dan tulang. Namun hati-hati kulit ketimun yang dilapisi oleh lilin untuk menghindari efek sampingnya, Sebaiknya dicuci dengan air yang mengalir untuk membersihkan lilinnya. Jika ingin memakan ketimun tanpa mengupas kulitnya sebaiknya pilih ketimun yang organik.

Baca juga: Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kandungannya

2. Mencegah Kerusakan Otak Bayi

Mentimun juga penting dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungannya yang kaya asam folat. Manfaat mentimun untuk ibu hamil untuk mencegah kerusakan otak pada janin atau bayi dalam kandungan. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit ibu hamil agar tidak kering dan kusam.

3. Mengobati Iritasi Kulit

Manfaat mentimun untuk kecantikan diantaranya menjaga kesehatan kulit dari iritasi. Hal ini dikarenakan pada mentimun tersebut mengandung banyak vitamin c dan asam kafeat. Dua kandungan tersebut mampu membantu meredakan iritasi pada kulit dan mengurangi penumpukan  cairan di bawah kulit. Inilah alasan menggunakan mentimun untuk mengompres mata yang lelah, bengkak dan kering.

Selain itu manfaat mentimun untuk wajah bisa digunakan sebagai masker yang berkhasiat mengatasi kulit wajah yang kering,  kulit wajah hitam karena sinar matahari, mengobati jerawat, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga dan bekasnya.

4. Mencegah Penuaan Dini

Makan mentimun dengan bijinya bisa membantu mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan pada biji mentimun memiliki kandungan vitamin yang dipercaya ampuh menghilangkan keriput dan garis-garis penuaan pada wajah. Selain memakannya, untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk wajah yaitu dengan mengoleskannya pada wajah secara merata dan membiarkannya dalam beberapa menit kemudian bilas hingga bersih. Dengan rutin dan teratur mengoles mentimun atau menempelkan irisan mentimun pada wajah maka akan berguna sebagai obat alami awet muda.

5. Mengobati Asam Urat

Asam urat yang berlebihan di dalam darah akan berbentuk kristal yang menumpuk pada persendian yang menyebabkan penyakit artritis atau nyeri sendi. Ternyata manfaat mentimun bisa untuk mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme tubuh melalui ginjal. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh kandungan air dan mineral kalium yang banyak pada mentimun tersebut. Bagi Anda yang sering menderita asam urat maka perbanyak makan mentimun untuk penyembuhannya.

6. Menghilangkan Minyak Berlebih Pada Wajah

Memang tak asing bagi wanita memanfaatkan mentimun untuk masker wajah. Ternyata kandungan pada timun tersebut dapat membantu menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam serta mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk wajah tersebut Anda harus membuat masker mentimun kemudian mengoleskannya pada wajah. Disamping itu bisa juga menggunakan irisan tipis mentimun yang diletakkan pada kulit wajah kemudian bersihkan.

7. Mengenyangkan

Selain untuk wajah dan sebagai obat penyembuh, manfaat mentimun bisa membantu program diet sehat Anda. Mentimun memiliki khasiat yang mengeyangkan, dengan membuatnya menu makanan sehat dalam diet akan membantu menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh.

8. Melancarkan BAB (Buang Air Besar)

Masalah sembelit atau sulit buang air besar bisa diatasi dengan mengkonsumsi mentimun. Manfaat mentimun dipercaya mampu menjaga kesehatan pencernaan. Dengan kandungan seratnya yang tinggi banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

9. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya kandungan serat yang tinggi saja, mentimun juga mengandung kukurbitasin. Dengan kandungannya tersebut maka mentimun dapat membantu menurunkan kolesterol dan menetralkan racun. Bahkan ketimun bisa mencegah penyakit hepatitis.

Demikianlah ulasan ragam manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Tubuh dan Bahaya Memakannya

Loading...

Leave a Comment