Tips Menu Buka Puasa yang Sehat dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Tips menu buka puasa yang sehat dan baik untuk kesehatan tubuh. Banyak jenis makanan dan minuman saat berbuka puasa, seperti takjil, kue, jajanan buka puasa. Namun perlu diperhatikan juga pola makan yang sehat dan benar dalam buka puasa agar tubuh tetap sehat. Kebiasaan orang umumnya berbuka puasa dengan menu minuman dan makanan yang manis karena dianggap berguna untuk mengenyangkan perut dan menyegarkan badan. Namun tidak demikian, sangat disarankan saat buka puasa dengan minum minuman yang tidak mengandung gula.

Loading...

Menu buka puasa yang sehat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidak sedikit orang yang menjalankan ibadah puasa mengalami sakit, karena pola makan dan menu makanan yang dikonsumsi kurang baik. Selain memperhatikan menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa, sangat penting untuk tidak makan banyak dalam satu waktu. Makan dan minumlah dan jangan berlebihan. Agar lebih jelasnya tentang tips menu buka puasa yang sehat dan baik, simak di bawah ini.

Tips Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Tubuh

menu buka puasa yang sehat

Sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dalam berpuasa. Tidak sedikit mereka yang tidak menjaga pola makan yang sehat saat berbuka puasa dan sayur menjadi sakit. Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, maka berikut ini ada beberapa tips untuk menu buka puasa yang sehat dan baik untuk tubuh, adalah sebagai berikut:

1. Gula Merah dan Madu

Loading...

Minuman dan makanan yang menjadi menu buka puasa yang sehat yaitu yang manis. Rasa manis bukan yang di dapat dari penggunaan gula. Gantilah penggunaan gula dengan gula merah dan madu sebagai pemanis. Menurut penelitian penggunaan gula yang terlalu sering saat berbuka puasa akan menjadikan kulit wajah wanita lebih cepat tua.

Baca juga: Minuman buka puasa Dan Resep Membuatnya

2. Minum Jus Buah

Jus buah termasuk menu buka puasa yang sehat dan baik. Dari sekian banyak jenis buah-buahan, pisang dan melon adalah yang paling baik untuk dijadikan minuman jus untuk berbuka puasa. Bahkan sangat dianjurkan untuk diminum oleh seseorang yang menjalani diet saat berpuasa. Anda bisa membuat kombinasi dari dua jenis buah ini, atau membuatnya sendiri-sendiri.

3. Air Kelapa

Minuman menu buka puasa yang sehat selanjutnya yaitu air kelapa. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang berguna untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang saat berpuasa. Minum air kelapa saat buka atau pada malam hari saat ramadhan akan mencegah mengalami dehidrasi dan dapat membantu menyegarkan tubuh. Perlu diperhatikan jangan menambahkan gula untuk pemanis air kelapa, sebaiknya diminum tanpa gula karena lebih menyehatkan.

4. Air Putih

Minuman menu buka puasa yang sehat lainnya adalah air putih. Minum air putih diperlukan oleh tubuh sebagai pengganti cairan yang hilang. Saat berpuasa cairan tubuh banyak yang terkuras pada siang hari. Oleh karena itu, Banyak minum air putih pada malam hari selama berpuasa bisa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang tersebut.

5. Kurma

Kurma terkenal dengan sebutan buah yang paling ideal untuk buka puasa. Kurma merupakan menu buka puasa yang sehat, dianjurkan untuk memakan kurma pada saat berbuka puasa. Makan kurma sebaiknya dengan cara perlahan, cukup 2 sampai 3 buah kurma saja. Terlalu banyak memakannya dalam 1 waktu bisa menimbulkan sakit perut dan kembung, sehingga akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

6. Nutrisi Lengkap

Saat menyiapkan menu buka puasa yang sehat maka perlu mempertimbangkan kandungan nutrisi lengkap untuk menu buka. Pastikan bahwa menu yang disajikan nanti saat berbuka memenuhi kandungan nutrisi mulai dari protein, sayur mayur, karbohidrat, buah-buahan, dan juga lemak sehat yang berasal dari kacang-kacangan dan ikan.

7. Hindari Makanan Tinggi Gula

Selain memperhatikan kecukupan nutrisi dalam menu buka puasa yang sehat penting juga menghindari makanan tinggi gula. Makan dan minum yang manis bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan mengakibatkan terhambatnya proses pencernaan. Untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula seperti es campur, kolak atau minuman manis lainnya, sebaiknya dilakukan setelah shalat tarawih.

8. Hindari Konsumsi Garam Berlebihan

Menu buka puasa yang sehat dan baik yaitu dengan mengurangi penggunaan garam yang berlebihan pada masakan. Garam akan menjadikan seseorang mudah haus saat berpuasa. Pada umumnya makanan yang banyak mengandung garam tinggi adalah makanan olahan pabrik seperti jenis makanan beku dan makanan kalengan. Maka saat buka puasa sebaiknya hindari menggunakan makanan olahan pabrik sebagai bahan makanannya.

9. Kurangi Makanan Pedas

Makanan pedas juga akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Oleh karenanya, sebaiknya jangan sajikan menu buka puasa yang sehat Anda dengan mengkonsumsi jenis makanan pedas. Bila ingin memakan pedas maka cukup yang tidak terlalu pedas agar lambung dan organ pencernaan lainnya tidak terhambat dalam proses mencerna makanan. Selain itu, mengurangi makanan pedas sebaiknya hindari juga untuk makanan gorengan.

10. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah menu buka puasa yang sehat dan baik untuk tubuh. Jenis buah yang baik untuk buka puasa yaitu buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti apel, pir, melon, semangka, jeruk, mentimun dan selada. Penting diperhatikan dalam mengkonsumsi buah-buahan tersebut jangan berlebihan dalam satu waktu hingga kekenyangan. Hal itu juga kurang baik untuk tubuh Anda.

11. Cukup Protein

Dalam menu buka puasa yang sehat penting memenuhi kebutuhan protein. Protein untuk makanan buka puasa bisa dengan menyediakan masakan daging, telur, polong dan jenis olahan kacang-kacangan seperti tahu dan tempe. Protein merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh untuk membantu metabolisme sel tubuh. Manfaat mengkonsumsi makanan protein saat sahur bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Demikianlah pembahasan tentang menu buka puasa yang sehat dan baik untuk tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat menjalankan ibadah puasa dan salam sehat!!

Baca juga: Berpuasa Meningkatkan Kesehatan Jasmani Dan Rokhani

Loading...

Leave a Comment