5 Penyebab Susah Menurunkan Berat Badan dan Cara Mengatasinya

Penyebab susah menurunkan berat badan dan cara mengatasinya. Masalah berat badan memang paling banyak menjadi perbincangan dikalangan wanita maupun pria. Salah satu topik pembahasannya tentang kenapa sulit turun berat badan padahal sudah diet, sudah mengurangi makan tapi berat badan tidak turun. Bahkan sudah melakukan olahraga namun berat badan sulit turun lagi. Nah pada kesempatan ini kita akan bahas tentang apa penyebabnya yang sebenarnya dan bagaimana cara mengatasi hal itu.

Loading...

Ada beberapa penyebab susah menurunkan berat badan yang perlu Anda ketahui. Hal ini penting karena untuk mengurangi berat tubuh tidak hanya butuh usaha seperti diet, olahraga, dan minum obat turun badan saja. Oleh karena itu, Jika Anda telah merasa telah melakukan usaha menurunkan berat badan namun hasilnya nihil, banyak kemungkinan Anda kurang memperhatikan hal-hal yang menjadi penyebab susah menurunkan berat badan Anda. Untuk lebih jelasnya mari kita simak lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab Susah Menurunkan Berat Badan

penyebab susah menurunkan berat badan

Melihat usaha sudah mengurangi makan (diet), olahraga yang tak mengurangi berat badan membuat sebagian orang memutuskan untuk berhenti melakukannya. Hal itu  bukan cara mengatasi susah turun berat badan yang tepat, Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?. Pertama cobalah Anda  teliti apa penyebab yang menjadikan sulit turun berat badan. Oke, langsung saja berikut ini beberapa penyebab susah menurunkan berat badan, yang mungkin Anda lakukan, yaitu:

1. Mengkonsumsi Obat-obatan

Loading...

Penyebab susah menurunkan berat badan yang pertama yaitu mengkonsumsi obat-obatan. Ternyata efek samping sebagian obat-obatan yang Anda minum bisa menjadikan sulit turun berat badan. Dan jenis obat yang mengakibatkan susah turun berat badan antara lain, steroid, anti depresi, anti psykotik dan anti epileptik. Dengan Anda minum jenis obat tersebut maka dapat mengakibatkan meningkatnya nafsu makan yang susah dikontrol maka akibatnya sulit untuk menurunkan berat badan Anda.

Selain itu penyebab susah menurunkan  karena obat yaitu Anda sering minum jenis obat tekanan darah tinggi, obat penyakit jantung dan pil kontrasepsi. Nah, untuk mengatasinya maka hindarilah  dari obat-obat tersebut selama melakukan upaya untuk turun berat badan. Disamping itu, Usahakan setiap periksa atau berobat ke dokter, mintak obat yang tidak mempunyai efek samping gemuk.  bersikap kritis saat berobat ke dokter akan membantu keberhasilan  turunkan berat badan.

2. Faktor Umur

Fakta bahwa bertambahnya umur menjadikan penyebab susah menurunkan berat badan pada wanita atau pria. Karena seiring bertambahnya umur seseorang maka tentu akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan hormon. Hal inilah yang menyebabkan kenapa untuk menurunkan berat badan lebih mudah dilakukan saat usia muda dibandingkan mereka yang sudah dewasa atau tua.

3. Kurang Olahraga

Kurangnya aktifitas olahraga  bisa menjadikan penyebab susah menurunkan berat badan. Gaya hidup mager (malas gerak) kurang aktivitas gerak yang dilakukan membuat berat badan sulit diturunkan. Cara mengatasinya yang tepat adalah dengan merutinkan berolahraga. pilihlah jenis  olahraga yang santai yang bisa Anda lakukan di pagi hari seperti jogging di lingkungan sekitar rumah.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Paling Ampuh

3. Penyebab virus

Ternyata virus juga bisa menjadi penyebab susah menurunkan berat badan. Memang mendeteksi keberadaan virus di dalam tubuh Anda  tidak bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Maka cara mengatasi sulit turun berat badan karena virus yaitu dengan merasakan beda saat Anda gemuk dibandingkan saat berat badan sebelumnya seperti mudah terkena penyakit dan lain sebagainya.

4. Kurang gerak

penyebab susah menurunkan berat badan

Kurang gerak termasuk salah satu penyebab susah menurunkan berat badan maka sangat dianjurkan dalam diet untuk melakukan olahraga. Alasan tersebut tepat karena tubuh manusia membutuhkan gerak yang aktif tapi karena ada yang membatasi hal itu, yaitu lingkungan atau keinginan kita sendiri seperti karena pekerjaan yang sibu, malas, dan lainnya.

Maka untuk cara mengatasinya yaitu dengan melakukan aktivitas jalan. Rata-rata melakukan jalan kaki antara 5000-6000 langkah per hari. Padahal, seharusnya lebih dari 10.000 langkah. Sempatkan jalan pagi atau jogging di pagi hari adalah  yang baik untuk dilakukan supaya bisa mendapatkan hasil optimal untuk program diet Anda.

Baca juga: 7 Cara Jogging yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

5. Suhu Ruangan

Ternyata suhu dalam ruangan bisa menjadi penyebab susah menurunkan berat badan. Anda yang sering di ruangan dingin akan mudah turun berat badannya dibandingkan dengan yang biasa di suhu yang panas. Hal itu disebabkan karena pada suhu yang dingin akan memacu  lemak untuk menghangatkan tubuh. Aktivitas lemak ini maka akan mengurangi timbunan lemak. Dengan Anda tidur dalam kamar ber AC akan membantu Anda melunturkan lemak-lemak di dalam tubuh.

Itulah penyebab susah menurunkan berat badan dan cara mengatasinya dengan tepat. Semoga  tadi bisa bermanfaat untuk Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Loading...

Leave a Comment