Cara Merawat Gigi Anak Agar Tidak Rusak dan Berlubang

Cara merawat gigi anak agar tidak rusak, keropos dan berlubang. Pada umumnya anak-anak akan mulai tumbuh gigi pertama pada usia 6 bulan sampai 30 bulan. Untuk itu sebagai orangtua mempunyai kewajiban untuk mengenalkan menggosok gigi. Meskipun mereka belum bisa memegang sikat gigi  menggosok giginya sendiri.  Dengan itu anak sudah sejak dini mengenal gosok gigi. Dengan menggosok gigi maka akan menjadikan pertumbuhan giginya menjadi normal dan sempurna. Bagaimana cara merawat gigi anak yang benar?

Loading...

Merawat gigi anak usia 2 sampai 5 tahun  sangat disarankan orangtua  dan mengenalkan anaknya  untuk periksa rutin ke dokter gigi. Karena memperhatikan kesehatan gigi sejak dini dapat membuat gigi anak tumbuh sempurna, tidak keropos, tidak berlubang bahkan tidak berwarna kuning dan rusak. Selain itu dengan merawat gigi secara benar akan terhindar dari karies gigi (gigi berlubang).

Cara Merawat Gigi Anak Usia 6-9 bulan

Perawat gigi anak usia 6 bulan bisa Anda lakukan dengan cara membersihkan gigi bayi 6 bulan yaitu dengan membersihkannya menggunakan kapas yang dicelupkan pada air hangat, kemudian menggosoknya pada gigi dan lidah serta pada rongga mulut. Pada usia ini anak belum bisa menggosok gigi sendiri, jadi perlu bantuan orangtua untuk membersihkan giginya.

Lakukan gosok gigi tersebut setiap pagi dan sebelum tidur malam. Selain menggunakan kapas, cara merawat gigi anak usia 6-9 bulan bisa dilakukan dengan membersihkan gigi menggunakan sikat gigi anak dan pasta gigi khusus. Untuk membersihkan gusinya, bisa menggunakan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat kemudian menggosoknya pada gusi. Menggosok gusi dengan kain lembut tersebut bermanfaat agar merangsang pertumbuhan gigi anak.

Baca juga: Anak Susah Makan, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Loading...
merawat gigi anak
Cara Merawat Gigi Anak Agar Tidak Rusak dan Berlubang

Cara merawat gigi anak untuk merangsang pertumbuhan gigi anak usia 6-9 bulan. Anda bisa memberikan anak Anda mainan dari karet steril basah untuk belajar menggigit ketika giginya tumbuh untuk pertama kali. Pada usia ini anak suka memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, Mulailah mengajak anak untuk memeriksakan kesehatan dan rongga mulut setiap 6 bulan sekali.

Cara merawat gigi anak usia 9-10 bulan. Pada usia tersebut  gigi sudah banyak yang tumbuh. Maka ganti cara membersihkan giginya, yakni dengan cara menggosoknya dengan menggunakan sikat gigi anak. Pilihlah  sikat gigi yang memiliki bulu lebih halus dengan ukurannya yang kecil. Cara membersihkannya dengan menambahkan sedikit pasta gigi yang tidak berbusa.  Gunakan pasta gigi sedikit di atas sikat gigi, kemudian secara berlahan menggosoknya pada gigi. Lakukan secara rutin setiap pagi dan malam sebelum tidur. Alasannya menggunakan pasta gigi tidak berbusa pada anak usia 9 sampai 10 bulan adalah supaya tidak tertelan karena usia anak masih terlalu kecil, yang belum bisa berkumur sendiri.

Cara Merawat Gigi Anak Usia 18 bulan Hingga 2 Tahun

Setelah anak mulai menginjak umur 1 tahun setengah hingga 2 tahun, anak sudah bisa berkumur. Anda bisa menggunakan pasta gigi berbusa karena anak sudah bisa berkumur atau memuntahkan busanya. Selain melakukan perawatan gigi dengan rutin membersihkannya, hindarkan anak mengkonsumsi makanan manis-manis. Hal ini untuk menghindarkan gigi anak menjadi keropos dan berlubang.

Merawat gigi anak agar tidak berlubang sebaiknya orangtua  menjaga mereka dari makan makanan yang manis seperti cokelat misalnya. Boleh makan yang manis namun dibatasi, cukup sekali  sehari  dan itu pun dilakukan setelah makan. Pada malam hari pun sebaiknya jangan diberi makanan cokelat apalagi setelah menggosok gigi. Demikianlah cara merawat gigi anak agar sehat dan tumbuh sempurna. Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami dan Cepat

Loading...

2 thoughts on “Cara Merawat Gigi Anak Agar Tidak Rusak dan Berlubang”

Leave a Comment