Cara Merawat Organ Intim Wanita dan Menjaga Kebersihannya yang Benar

Cara merawat organ intim wanita dan menjaga kebersihannya yang benar. Organ intim wanita atau miss v rentan mengalami masalah seperti keputihan yang tidak normal, gatal-gatal dan lainnya. Diantara penyebab yang sering terjadi karena kurangnya menjaga kesehatan khususnya dalam merawat kebersihannya.  Menjadi cantik dan sehat, tidak hanya soal  yang terlihat di luar, tetapi juga yang tersembunyi. Organ kewanitaan  sangat penting untuk dijaga dengan  benar agar tetap terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Loading...

Cara merawat organ intim wanita yang benar meliputi banyak hal salah satunya dengan menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan area kewanitaan diantaranya meliputi cara membersihkan organ intim, penggunaan bahan pakaian dalam yang baik dan  menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa timbulnya masalah bau dan gatal pada saat keputihan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara merawat organ intim wanita yang benar, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Merawat Organ Intim Wanita dengan Benar

merawat organ intim wanita

Bicara tentang perawatan organ intim wanita, maka tentu berhubungan dengan cara membersihkan miss V. Ada beberapa langkah cara merawat organ intim wanita dengan benar agar tetap kencang, keset dan rapat, yaitu:

1. Membersihkan dengan Benar

Cara merawat organ intim wanita yang benar berhubungan dengan cara membersihkannya. Ada beberapa langkah yang baik dan benar saat mersihkan miss v tersebut, yaitu:

Loading...
  • Basuh bagian antara vulva (bibir miss v) secara hati-hati menggunakan air yang bersih dan sabun yang lembut khusus, setiap selesai buang air kecil, buang air besar dan ketika  mandi.
  • Mulai dari arah depan ke belakang (anus). Jangan sampai terbalik, sebab hal itu bisa jadi menyebabkan bakteri-bakteri di anus masuk ke dalam miss v. Setelah itu, lap dengan menggunakan handuk yang lembut atau dengan tisu.
  • Selalu mencuci tangan setiap akan menyentuh miss v
  • Jangan menggunakan handuk atau washlap milik orang lain karena bisa menjadi sarana bakteri berpindah ke miss v

Baca juga: Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal Berlebihan dan Berbau Secara Alami

2. Menguji Tes Kesehatan

Perawatan miss v tidak hanya dengan cara membasuhnya dengan baik dan benar. Perawatan miss v juga bisa dilakukan dengan menguji kesehatannya. Anda bisa mengujinya sendiri. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi apakah terjadi infeksi pada miss v atau tidak. Cara merawat organ intim wanita dengan menguji kesehatannya yaitu dengan melakukan tes. Langkah mengetes atau menguji bisa dilakukan sendiri, yaitu:

  • Tes pertama yaitu periksalah miss v atau cairan miss v. Jika bau tidak sedap atau lain dari biasanya. Itu menjadi tanda adanya gejala bacterial vaginosis atau infeksi miss v yang disebabkan oleh miss v.
  • Tes kedua yaitu dengan mengambil setetes hydrogen dengan kadar larutan 3%. Larutan ini bisa didapatkan dengan membelinya di toko bahan kimia atau farmasi. Campur larutan hydrogen dengan cairan miss v yang baru, dan letakkan di atas kaca bersih. Jika campuran tersebut berbusa, itu menunjukkan bahwa enzim katalase dalam sel darah putih sedang melawan infeksi bakteri pada miss v. Hal ini membuktikan adanya infeksi yang terjadi pada miss v.
  • Tes Ketiga dalam cara merawat organ intim wanita dengan melakukan pengujian keasaman miss v untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi jamur. Caranya dengan menyentuh kertas pH pada cairan vagina. Kertas pH bisa dibeli di toko farmasi atau bahan kimia. Bila pH menunjukkan angka jauh kurang dari 7 skala pH, maka menandakan telah terjadi infeksi jamur karena keadaan vagina yang kadar keasamannya tinggi.

3. Kebiasaan yang Sehat

Termasuk cara merawat organ intim wanita yaitu menjaga kebiasaan sehari-hari. Hal ini penting karena bisa membantu mencegah timbulnya jamur pada miss v. Berikut kebiasaab sehat yang penting untuk dilakukan, antara lain:

  • Pakailah celana dalam yang terbuat dari bahan 100% katun
  • Hindari memakai celana panjang atau celana pendek yang terlalu ketat
  • Gantilah pakaian dan celana dalam setelah selesai berolahraga
  • Gantilah setelah pakaian sudah basah, entah itu dikarenakan air hujan, atau setelah berenang
  • Gantilah pembalut sesering mungkin saat sedang menstruasi
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Gula dapat menumbuhkan jamur sehingga wanita yang sedang pengobatan dan perawatan vagina harus mengubah pola makannya.
  • Cukur sebagian rambut organ kewanitaan supaya terhindar kelembaban berlebih pada miss v dan menjauhkan bau tidak sedap.

Demikianlah tips cara merawat organ intim wanita dengan benar. semoga informasi tadi b isa bermanfaat bagi pembaca sekalian khususnya wanita. Salam sehat!!

Baca juga: 3 Jus Buah Untuk Menghilangkan Keputihan dan Cara Membuatnya

Loading...

6 thoughts on “Cara Merawat Organ Intim Wanita dan Menjaga Kebersihannya yang Benar”

  1. Lengkap kalau soal wanita mas yaaa
    Bisa jadi web acuan buat para wanita segala usia

Leave a Comment