16 Cara Mudah Merawat Rambut Wanita Berhijab Agar Tetap Sehat

Cara mudah merawat rambut wanita berhijab agar tetap sehat. Wanita berhijab atau berjilbab sangat rentan terkena masalah rambut, seperti rambut berketombe, rontok, rambut lepek dan gatal-gatal pada kulit kepala bahkan bau rambut yang kurang sedap. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui perawatan rambut wanita berjilbab agar tidak mengalami hal tersebut sehingga rambut senantiasa sehat dan tidak rontok. Disamping itu, perlu memperhatikan shampo yang digunakan. shampo untuk rambut berhijab beda dengan pada wanita lainnya. Namun untuk sekarang ini banyak produk shampo yang bagus untuk wanita berjilbab dengan kandungan alami di dalamnya.

Loading...

Merawat rambut wanita berhijab memang membutuhkan perawatan rambut sehari hari yang dilakukan dengan benar dan baik. Perawatan rambut wanita berjilbab dilihat dari keluhan-keluhan yang umum dialaminya, seperti masalah rambut yang berketombe. Penyebab ketombe pada rambut berjilbab ini disebabkan oleh kulit kepala yang selalu lembab karena keringat. Selain itu pemakaian jilbab yang bertumpuk-tumpuk sehingga menghambat sirkulasi udara. Nah, untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut diatas maka perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat.

Tips Mudah Cara merawat Rambut Wanita Berhijab Agar Sehat dan Tidak Rontok

merawat rambut wanita berhijab

Permasalahan wanita berhijab yang sering terjadi adalah rambut berketombe dan rontok. Namun dengan perawatan yang baik dan benar akan menghindari masalah-masalah tersebut. Pada kesempatan ini, waras sehat akan membagikan cara merawat rambut wanita berhijab yang tepat agar tetap sehat yaitu:

1. Pastikan Rambut Kering Alami

Hal yang paling penting cara merawat rambut wanita berhijab agar sehat yaitu memperhatikan langkah awal sebelum menggunakan jilbab tersebut. Sebelum menutup rambut, pastikan terlebih dahulu bahwa rambut dalam keadaab kering alami. Kering alami ini artinya tidak mengeringkannya dengan menggunakan hair dyer tapi menunggu keadaan rambut itu kering sendiri. Dengan rambut yang kering tersebut dapat mencegah rambut menjadi berbau yang tak sedap.

Loading...

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat Pada Rambut

2. Hindari Ikat Rambut Terlalu Kuat

Cara merawat rambut wanita berhijab agar sehat dan tidak rontok perlu mengetahui cara mengikat rambut yang benar saat berhijab. Diantaranya dengan tidak mengikat rambut dengan terlalu kuat agar rambut dapat bernafas, hal ini akan menghindari rambut rontok dan mudah patah. Selain itu perlu dilakukan juga penggunaan inner yang longgar untuk membantu rambut lebih mudah bernafas juga.

3. Pilih Bahan Hijab Yang Mendukung

Merawat rambut wanita berhijab untuk menjaga kesehatannya, yaitu dengan memilih hijab yang berbahan katun atau kain yang memiliki pori-pori baik sebagai sirkulasi udara bagi rambut Anda. Dan perlu anda perhatikan juga dengan mengganti kerudung setiap harinya. Selain memilih jilbab yang berbahan katun, sebaiknya juga menggunakan warna yang lembut. Hal tersebut bertujuan agar memberi efek menyejukkan bagi kulit kepala sehingga folikel rambut tidak terhambat dalam pertumbuhan rambut. Hindari memakai warna hijab yang gelap karena kan mudah menyerap panas matahari yang menyebabkan lembab, rontok dan ketombe.

4. Teratur Mencuci Rambut

Cuci Rambut Anda secara teratur setiap 2 sampai 3 hari. Gunakanlah sampo yang sesuai dengan jenis, atau setidaknya pakailah sampo yang lembut yang dapat digunakan setiap hari. Pastikan kondisi rambut Anda kering sebelum memakai hijab atau kerudung. Penggunaan hijab saat rambut basah, bisa menyebabkan kepala pusing. Selain itu merawat rambut wanita berhijab memperhatikan shampo yang digunakan untuk keramas. Jenis shampo untuk rambut berhijab yang bagus yang mengandung serum kondisioner.

5. Menyisir Rambut

Merawat rambut wanita berhijab juga sangat penting melakukan sisir rambut yang benar. Gunakanlah sisir yang berbahan plastik yang memiliki gigi sisir yang jarang agar terhindar dari rambut rontok. Jagalah kerapian dengan menyisir rambut sebelum dan sesudah memakai jilbab atau kerudung. Hindari menyisir rambut dengan memulainya dari belahan rambut pada tengah kepala untuk menghindari kerontokan, karena awal kerontokan biasanya dimulai dari belahan rambut tersebut.

6. Mengikat Rambut Panjang yang Benar

Jika memiliki rambut yang panjang maka harus tahu cara mengikat rambut panjang saat berhijab yang tepat, yaitu dengan menggulung atau gelung dan ikat dengan longgar (renggang). Selain itu pilihlah menggunakan ikat rambut yang berbahan lembut dan hindari mengikat rambut dengan menggunakan penjepit berbahan logam atau karet gelang. Hal ini menghindari kerusakan rambut yang disebabkan pergesekan rambut dengan bahan-bahan pengikat rambut tersebut.

7. Istirahatkan Rambut

Merawat rambut wanita berhijab untuk mengurangi kerontokan rambut yaitu dengan mengistirahatkannya. Jika tidak sedang berhijab, maka biarkan rambut Anda terurai atau tidak mengikatnya. Biarkan rambut bernafas. Selain itu mencegah kerontokan, membiarkan rambut terurai akan memberikan kondisi rambut lebih segar, mengurangi kelembapan yang memicu terjadinya rambut rontok dan timbulnya ketombe.

8. Menutrisi Rambut

Dalam merawat rambut wanita berhijab yang benar yaitu dengan teratur memberi nutrisi pada rambut. Hal ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin C, B6, B12, zat besi  dan protein. Vitamin C juga bisa ditemukan pada jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, stroberi, jeruk bali, lemon dan lainnya. Hindari makan makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak.

Baca juga: Tips Hijab Cara Menjaga Rambut Tidak Rontok Dan Tetap Sehat

9. Creambath

Merawat rambut wanita berhijab yaitu creambath. Lakukan creambath seminggu sekali, hal ini bertujuan agar rambut mendapatkan nutrisi, dan menjaga kulit kepala Anda agar tetap sehat. Pilihlah krim yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

10. Masker Rambut

Selain creambath dengan menggunakan shampo untuk rambut berhijab yang bagus, Anda juga perlu memberikan masker pada rambut. Lakukan seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Hal ini akan mencegah rambut anda dari kerontokan. Gunakan masker siap pakai yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Biasanya tersedia di toko-toko kosmetik.

11. Menjaga Keharuman rambut

Rambut yang berkerudung cenderung mudah bau yang tidak sedap karena lembab, untuk merawat rambut wanita berhijab ini perlu menjaga keharumannya. Untuk itu, rambut dapat diasapi atau diratus setiap sebulan sekali agar lebih harum dan mengembang. Meratus rambut adalah teknik mengasapi rambut dengan campuran rempah dan bunga-bungaan. Bahan-bahannya bisa dibeli di salon-salon tertentu atau toko kosmetik.

12. Memberi Hair Tonic

Untuk menghindari kerontokan dan membantu menguatkan akar rambut, maka gunakanlah hair tonic. Hair tonic Anda gunakan setiap habis keramas. Anda juga bisa menambahkan perawatan ini dengan menggunakan serum anti rontok untuk hasil yang maksimal. Cukup memberikan serum anti rontok setiap dua minggu sekali.

Baca juga: Cara Mencuci Rambut Yang Benar Agar Rambut Sehat Menawan

13. Penataan Rambut

Untuk memudahkan penataan rambut berhijab atau berkerudunng, pilihlah potongan rambut yang praktis. Hindari rambut yang panjang atau potongan berponi. Poni hanya akan membuat repot karena harus terus membereskan rambut-rambut poni yang keluar dari kerudung.

Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab agar Sehat Secara Alami

cara merawat rambut wanita berhijab

Selain perawatan rambut wanita berjilbab diatas tersebut, Anda juga bisa menyehatkan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan alami bisa dijadikan pengganti penggunaan shampo untuk rambut berhijab. Berikut ini adalah cara merawat rambut wanita berhijab secara alami, yaitu:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan, salah satunya untuk rambut. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan rambut dan kulit dengan menggunakan bahan lidah buaya. Bahkan ada jenis shampo yang bagus untuk wanita berjilbab berbahan tanaman ini. Lidah buaya digunakan untuk merawat rambut wanita berhijab untuk masker rambut maka akan menjadikan rambut tetap sehat.

2. Cabe rawit

Selain menggunakan lidah buaya, merawat rambut wanita berhijab lainnya dengan menggunakan cabe rawit. Perwatan alami rambut dengan cabe rawit dapat menjaga akar dan batang rambut hijaber lebih kuat dan tidak mudah rontok. Hal ini dikarenakan vitamin C yang terkandung pada cabai tersebut. Bahkan menurut penelitian kadar vitamin C pada cabai rawit lebih tinggi dari buah jeruk.

Cara merawat rambut berjilbab dengan cabai sangat mudah, yaitu dengan dengan menumbuknya hingga hancur kemudian campurkan dengan minyak zaitun. Kemudian gunakan ramuan tersebut untuk masker yang dioleskan pada rambut. Oleskan menyeluruh pada bagian rambut dengan dipijat pelan selama 10 menit lalu bilas. Anda akan merasakan nuansa dingin yang menyegarkan pada rambut. Selain itu akan membantu menyuburkan rambut dan melancarkan aliran darah pada kulit kepala.

3. Daun Urang Aring

Manfaat daun urang aring untuk rambut sudah banyak diketahui banyak orang. Urang aring sangat bagus untuk kesehatan rambut, menghitamkan rambut secara alami dan menjadikannya berkilau. Dengan menggunakan daun urang aring pada rambut akan membantu hijaber memiliki rambut sehat dan mencegah kerontokan rambut. Atau bisa dengan membeli condisioner yang berbahan urang aring untuk merawat rambut berjilbab.

Demikian cara merawat rambut wanita berhijab yang benar agar sehat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. selamat mencoba dan Salam sehat!!

Baca juga: 15 Cara Menghitamkan Rambut agar Berkilau Secara Alami dan Permanen

Loading...

Leave a Comment