Tips Merawat Rambut Secara Alami Aman Dan Tebukti Ampuh

Tips merawat rambut secara alami. Ada banyak cara merawat rambut secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jadi, Anda tidak perlu repot dan mengeluarkan banyak uang untuk perawatan rambut ke salon. merawat rambut yang baik dan benar bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda. Diantaranya rambut cepat panjang, tidak mudah rontok dan bercabang, tidak kering dan rusak.

Dengan menggunakan cara alami untuk perawatan rambut, akan menghindarkan Anda dari efek buruk pada kesehatan rambut Anda. Apa saja perawatan rambut alami tersebut?. Yuk simak lebih lanjut.

Cara Merawat Rambut Agar Lurus Dan Lembut Secara Alami

merawat rambut

Rambut memiliki ciri khas yang berbeda-beda modelnya. Hal ini sesuai dengan genetik setiap orang, ada yang keriting, bergerombang dan lurus. Nah, model yang paling populer saat ini adalah yang rambut lurus. Rambut lurus mempengaruhi penampilan wanita. Wanita dianggap cantik jika memiliki rambut lurus oleh sebagian orang. Maka tidak megherankan para wanita berlomba-lomba meluruskan rambut mereka.

Loading...

Ada beberapa cara perawatan rambut agar lurus dan lembut. Diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang membantu meluruskan rambut. Bahan alami yang berkhasiat meluruskan rambut adalah sebagai berikut:

1. Minyak Zaitun

Tips yang pertama untuk meluruskan rambut Anda, ialah dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu dengan memanaskan minyak zaitun secukupnya beberapa menit, tidak perlu sampai panas. Tambahkan secangkir daun rosemary kering yang sudah dihaluskan atau diremas. Diamkan hingga dingin. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala dan rambut sambil pijat berlahan-lahan. Diamkan selama 30 menit, lalu keramas rambut Anda menggunakan air bersih.

2. Telur Dan Susu

Bisa juga Anda meluruskan rambut dengan telur dan susu. Ambil 1 telur ayam kampung, pisahkan bagian putih telurnya. Kemudian campur denga 2 cangkir susu putih tawar. Oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda. Tutup dengan shower cap selama 15 menit, lalu keramas dengan menggunakan air bersih.

3. Minyak Kedelai

Selain minyak zaitun, minyak kedelai juga berkhasiat untuk meluruskan rambut. Caranya, campur minyak kedelai dengan minyak jarak secukupnya, yaitu dengan takaran 1 sendok makan minyak kedelai dan 2 sendok minyak jarak. Oleskan pada bagian rambut secara merata sambil lakukan pijatan berlahan-lahan. Diamkan selama 30 menit lalu keramas.

4. Pisang Dan Pepaya

Dua jenis buah buahan ini akan membantu Anda meluruskan rambut. Caranya pun tergolong mudah, yaitu dengan mencampur buah pisang dan pepaya yang sudah dihancurkan sampai halus. Tambahkan air hangat dan tambahkan sedikit madu. Oleskan pada bagian rambut seluruhnya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas atau keramas.

Nah, 4 itulah cara merawat rambut agar lurus. Mudah,bukan?. Silahkan Anda mencobanya.

Baca juga: Perawatan Rambut Rontok Tradisional

Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Secara Benar Dan Alami

Mempunyai rambut lurus tentu terasa kurang jika pendek. sebagaian wanita ada yang mengalami susah memanjangkan rambutnya karena pertumbuhan rambut kurang sehat. Nah, jangan khawatir berikut ini ada tips bagaimana perawatan rambut agar cepat panjang dan sehat.

Merawat rambut agar cepat panjang membutuhkan perawatan dan nutrisi yang baik serta cukup. Hal ini akan menjadikan rambut tumbuh secara optimal. Berikut cara perawatan rambut agar cepat panjang secara alami dan benar:

1. Potong Rambut Secara Rutin Dan Berkala

Potonglah rambut Anda hanya pada ujung rambut saja. Cara ini terbukti ampuh memaksimalkan pertumbuhan rambut. Hal ini Anda lakukan supaya Rambut senantiasa sehat. Dengan memotong ujung rambut, maka akan terhindar dari rambut bercabang dan mati yang mengganggu pertumbuhan rambut menjadi lambat.

2. Memberi Protein Rambut

Pemberi nutrisi adalah wajib untuk  rambut agar cepat panjang. Pemberian protein contohnya. Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang bisa Anda konsumsi, seperti telur, daging dan produk susu. Hal tersebut karena pada rambut mengandung keratin. Keratin ini harus  didorong dengan asam amino. Dengan Konsumsi makanan tersebut maka asam amino pada makanan itu akan mendorong keratin rambut agar mempercepat proses panjangnya rambut.

3. Memijat Kepala

Melakukan pijatan kepala mempunyai dampak untuk mempercepat tumbuhnya rambut Anda. Pijatan di kulit kepala akan menstimulasi asupan darah pada folikel rambut. Dengan melakukan pijatan kulit kepala selama 4o menit setiap seminggu sekali akan membantu rambut cepat panjang. Ada hal yang penting Untuk Anda hindari agar rambut cepat memanjang atau tumbuh, yaitu hindari sering mewarnai rambut.

Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang Secara Alami

Rambut kering, kusam dan mengembang merupakan salah satu masalah pada rambut. Hal ini akan mengurangi penampilan dan kesehatan rambut Anda. Cara perawatan rambut kering ini tidaklah sulit. Ada beberapa cara mudah untuk merawat rambut kering, yakni:

  1. Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer maupun pengering lainnya. Biasakanlah mengeringkan rambut dengan cara manual dan aman yaitu menggunakan handuk.
  2. Jangan tidur dalam keadaan rambut terikat. Sebelum Anda tidur buka ikatan rambut. Hal ini agar rambut terbebas dari penekanan dan mendapatkan udara.
  3. Jangan menggunakan sampo keramas setiap hari. Lakukan keramas 2 kali sehari saja, dengan sering menggunakan sampo keramas akan mengurangi produksi kelenjar minyak di kulit kepala. Perlu diperhatikan juga jangan sering keramas menggunakan air yang hangat.
  4. Menggunakan minyak zaitun. Gunakanlah minyak zaitun dengan mengolesnya keseluruh kulit kepala dan rambut Anda. Minyak zaitun bersifat melembabkan dengan rutin menggunakannya pada rambut akan mengatasi masalah rambut kering.

Demikianlah info tips merawat rambut Secara alami Agar sehat dan menawan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Dengan Cara Alami

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *