menu minuman buka puasa yang sehat

3 Resep Menu Minuman Buka Puasa yang Sehat Baik dan Menyegarkan

Resep menu minuman buka puasa yang sehat baik dan menyegarkan. Banyak pilihan untuk resep minuman berbuka puasa yang praktis, seperti es campur, jus buah dan kolak. Sangat penting untuk kita tetap memperhatikan kandungan manfaat pada bahan minuman ramadhan agar mendukung kesehatan tubuh selama berpuasa. Selain menyehatkan, menu minuman  berbuka puasa sebaiknya juga yang menyegarkan dan berguna mengembalikan cairan tubuh yang banyak berkurang dalam sehari. Dengan minum minuman yang sehat dan menyegarkan dapat membantu dalam mencegah dehidrasi dan menjaga kulit tidak kering. Nah, Apa saja resep  menu minuman yang sehat dan enak untuk buka puasa?.

Loading...

Resep menu minuman buka puasa sederhana bisa menjadi pilihan Anda. Disamping menggunakan bahan-bahan yang relatif murah, namun juga tidak sulit mendapatkannya, seperti buah-buahan. Buah yang bagus untuk berbuka puasa yaitu jenis buah yang banyak mengandung air, seperti melon, pepaya, semangka, mentimun dan lainnya. Manfaat buah berair tersebut berguna menyegarkan tenggorokan yang haus dan memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh. Disamping itu, buah dengan banyak kandungan air tersebut membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan masih banyak lagi lainnya. Nah, pada kesempatan ini akan kita bahas tentang resep menu minuman buka puasa simple, sederhana dan praktis tapi juga menyehatkan.

Menu Minuman Buka Puasa yang Sehat dan Resep Cara Membuatnya

Kurang minum air pada malam hari pada bulan puasa bisa menyebabkan dehidrasi. Hal itu disebabkan karena selain menahan lapar, orang berpuasa juga menahan minum (haus) selama beberapa jam. Oleh karena itu mengkonsumsi jenis minuman yang bisa menggantikan cairan yang berkurang sangat penting pada saat berbuka puasa dan sahur. Ada beberapa menu minuman buka puasa yang bisa menjadi pilihan yang sehat yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini macam macam minuman berbuka puasa yang sehat dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Es Campur Pepaya dan Melon

Menu minuman buka puasa yang sehat yaitu es campur yang berbahan utama pepaya dan melon. Pepaya dan melon merupakan buah yang mengandung banyak air. Manfaat pepaya dan melon untuk orang yang berpuasa dapat membantu mencegah dehidrasi dan memenuhi kebutuhan serat. Serat juga sangat penting untuk dipenuhi karena bisa menghindari sembelit. Berikut ini resep minuman es campur pepaya dan melon dan cara membuatnya,yaitu:

Loading...
  • Siapkan Bahan-bahannya yaitu 300 gram  buah pepaya kecil, 300 gram melon, 20 buah kurma diiris kecil, 1 sendok makan biji selasih yang direndam, 150 gram cincau, 3 buah jeruk kupas, 250 gram gula merah, 500 ml air, 3 lembar daun pandan, sirup, dan susu krim atau bubuk.
  • Potong bahan sesuai ukuran
  • Rebus air dan masukkan gula merah sampai mendidih dan matikan api
  • Campur dan aduk semua bahan hingga merata, dengan air rebusan dengan gula tadi
  • Tambahkan sirup atau susu sesuai keinginan
  • Bagi yang suka dingin bisa ditambahi es dalam resep minuman es campur tersebut.

Resep menu minuman buka puasa tersebut memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Kurma memberi manfaat mengembalikan stamina yang lemah dan lesu selama puasa dan biji selasih berkhasiat menyegarkan tenggorokan, menyembuhkan dahaga dan menghindari dari bibir pecah-pecah dan panas dalam.

Baca juga: Tips Menu Buka Puasa yang Sehat dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

2. Air Mentimun

Resep menu minuman berbuka puasa yang sehat dan praktis serta menyegarkan selanjutnya yaitu dengan menggunakan buah mentimun. Mentimun merupakan buah yang banyak mengandung air yang bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang dan menghilangkan rasa haus selama berpuasa. Selain itu, bisa melindungi dari kulit kering karena sinar matahari. Air mentimun tergolong resep minuman buka puasa sederhana karena cukup mudah membuatnya. Berikut ini minuman buka puasa murah dengan timun dan cara membuatnya, yaitu:

  • Siapkan mentimun yang telah dicuci bersih, kemudian iris tipis secukupnya.
  • Masukkan irisan timun tersebut ke dalam 1 gelas air
  • Tambahkan daun mint dan irisan jeruk, selesai

3. Jus Semangka

Minum jus semangka pada saat berbuka puasa dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa. Jus semangka merupakan menu minuman buka puasa yang sehat, dengan menambahkan sedikit garam dan perasan lemon secukupnya akan membantu menyegarkan tenggorokan. Berikut ini resep minuman ramadhan jus semangka dan cara membuatnya, adalah sebagai berikut:

  • Siapkan Buah pepaya dan potong kecil sesuai selera
  • Masukkan irisan semangka ke dalam 1 mangkuk air dan tambahkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan air lemon
  • Aduk dan jus semangka siap untuk dihidangkan.

Demikianlah resep menu minuman buka puasa yang sehat dan cara membuatnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa. Selamat berpuasa dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *