4 Mitos Tentang Kolesterol Dan Fakta Yang Sebenarnya

Mitos tentang kolesterol dan fakta yang sebenarnya. Mitos yang berkaitan dengan kolesterol, seringkali menjadi bahan perdebatan. Kolesterol dianggap sebagai kandungan yang tidak baik bagi kesehatan. Akibatnya orang berusaha menghindari makanan tertentu hanya dengan alasan kolesterol tinggi.

Loading...

Salah satu mitos tentang kolesterol yang sering kita dengar bahwa kolesterol itu buruk dan berbahaya. Ternyata hal Ini hanya Mitos saja, Kolesterol tidak selamanya buruk pada kesehatan, sebab ada  kolesterol yang baik untuk tubuh yang membantu kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai mitos tentang kolesterol dan faktanya, simak penjelasannya di bawah ini.

Mitos Tentang Kolesterol dan Faktanya

mitos tentang kolesterol

Banyak ungkapan tentang jenis makanan yang disimpulkan sebagai makanan penyebab penyakit  kolesterol karena memiliki kadarnya yang tinggi dan masih banyak lagi keterangan mengenai kolesterol yang ternyata bertolak belakang dengan kenyataannya. Berikut ini beberapa mitos tentang kolesterol dan faktanya yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Telur Itu Tinggi Kolesterol

Mitos tentang kolesterol dan Faktanya  mengenai telur itu tinggi kolesterol. Telur memang banyak mengandung kolesterol sekitar 200 mg. Jumlah ini lebih dari 2/3 batasan kolesterol yang dianjurkan. yaitu, 300 mg per hari. Tetapi, kolesterol ini tidak seburuk yang Anda pikirkan. Hanya beberapa kolesterol pada makanan yang akan masuk ke dalam aliran darah.

Loading...

Baca juga: 8 Cara Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh yang Ampuh Secara Alami

Jika asupan kolesterol dalam diet Anda meningkat, tubuh akan memberi keringanan dengan memproduksi lebih sedikit kolesterol dalam tubuh. Walaupun tidak ingin mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. Makan 1 atau 2 telur selama beberapa kali dalam seminggu tidak akan berbahaya bagi kesehatan Anda. Inilah fakta dari Mitos Tentang Kolesterol. Telur merupakan sumber protein dan lemak tak jenuh yang dikenal juga dengan lemak yang baik.

2. Anak-Anak Tidak Mempunyai Kolesterol Tinggi

Selanjutnya mengenai mitos tentang kolesterol dan faktanya bahwa anak-anak tidak mempunyai kolesterol tinggi. Sebagian orang meyakini kalau kolesterol itu merupakan masalah orang  di usia pertengahan dan orang dewasa saja. Tapi tahukah Anda, Penelitian telah menunjukkan kalau penyumbatan darah yang memicu serangan jantung, bisa terjadi mulai sejak usia 8 tahun. American Academy of Pediatrics, membuat panduan pada anak-anak dan kolesterol. Dalam panduan tersebut, anak-anak yang mempunyai kelebihan berat badan, hipertensi atau mempunyai sejarah keluarga mengalami penyakit jantung.

Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol sejak dini mulai usia 2 tahun. Dalam panduan tersebut, seperti yang di kutip situs health, anak-anak dengan kolestrol tinggi dianjurkan mengikuti diet dengan jumlah minyak jenuh yang dibatasi hanya sampai 7 persen dari jumlah kalori dan kolesterol dalam makanan tidak lebih dari 200 mg. Anak-anak juga disarankan untuk mengkonsumsi suplemen serat dan lebih banyak berolahraga. Ini membuktikan mitos jika Anak tidak memiliki kolesterol tinggi adalah tidak benar dan faktanya kolesterol tinggi bisa dimiliki anak-anak.

3. Makanan Yang Baik Untuk jantung Itu 0 mg Kolesterol

Mitos tentang kolesterol dan faktanya bahwa Makanan Yang Baik Untuk jantung Itu 0 mg Kolesterol. Kandungan kolesterol yang tertulis pada makanan, hanya salah satu sumber peningkatan jumlah kolesterol. Namun, penyumbang terbesar adalah diet yang tinggi lemak. Kandungan kolesterol dalam makanan dianggap tidak terlalu berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Lemak jenuh yang ditemukan pada  makanan dari hewan dan produk-produk susu dan lemak trans (yang biasa ditemukan pada makanan kemasan) merupakan faktor penyumbang utama meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL).

4. Kolesterol Hal Yang Selalu Buruk Untuk Kesehatan

Mitos tentang kolesterol dan faktanya bahwa kolesterol hal yang selalu buruk untuk kesehatan. Saat kita mendengar kata “kolesterol”, orang selalu mengaitkannya dengan gambaran buruk. Sebenarnya jauh lebih rumit dari itu. Kolesterol tinggi bisa berbahaya, tapi kolesterol masih tetap dibutuhkan dalam berbagai proses penting yang berlangsung di dalam tubuh. Misalnya, untuk melindungi sel-sel saraf di otak, hingga menyediakan struktur bagi sel-sel membran. Karena itulah tubuh juga memproduksi kolesterol.

Mitos tentang kolesterol dan faktanya bahwa kolesterol buruk bagi kesehatan adalah tidak benar. Sekitar 75 persen kolesterol dalam darah diproduksi oleh hati dan sel-sel dalam tubuh. Peran kolesterol dalam penyakit jantung sering disalah-artikan dan menjadi mitos tentang kolesterol. Kolesterol diangkut melalui pembuluh darah oleh Low Density dan High Density lipoprotein (LDL dan HDL). LDL dikenal dengan kolesterol jahat, jadi bukan kolesterol itu sendiri yang menyebabkan penyakit jantung, namun pembawanya atau LDL.

Demikianlah uraian pembahasan mitos tentang kolesterol dan fakta yang sebenarnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi dan Bahayanya

Loading...

Leave a Comment